Cara Mudah Mengendalikan Gulma Padi Sawah Secara Tradisional

.
.
Gulma merupakan rumput liar yang sering tumbuh disekitar tanaman yang dibudidayakan. Tumbuhnya gulma pada area pertanian ini tentunya sangat mengganggu produktivitas pertanian , sehingga apabila tidak segera ditanggulangi akan berdapak pada rendahnya kualitas hasil pertanian yang telah kita budidayakan. Misalnya saja pada tanaman padi sawah, gulma padi sawah ini biasanya akan tumbuh dengan subur dan bersama tumbuhnya padi. Gulma padi sawah ini juga memiliki jenis dan karakteristik tersendiri, ada gulma padi yang mudah ditangani, namun ada juga gulma yang sulit untuk ditanggulangi. Mengingat pentingnya mengendalikan gulma pada tanaman padi di sawah, maka disini kami akan berbagi pengalaman tentang bagaimana cara mengendalikan gulma pada tanaman padi sawah. Yang akan kita bahas kali ini yaitu tentang cara mengendalikan gulma padi sawah secara tradisional.
Image result for gulma padi sawah

Kalu kita berbicara masalah cara pengendalian gulma pada lahan pertanian sawah, dalam hal ini adalah pertanian padi, maka caranya juga bermacam-macam, mulai dari cara tradisional, penggunaan herbisida sampai dengan cara mekanis yang tentunya menggunakan mesin pertanian. Apapun cara yang kita gunakan dalam mengendalikan gulma pada tanaman padi sawah ini, yang paling terpenting adalah ketelatenan dan kesabaran kita melakukannya, terutama jika kita menggunakan cara tradisional dalam mengendalikan gulma padi sawah ini. Baiklah berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa kita lakukan dalam mengendalikan gulma pada tanaman padi sawah dengan cara tradisional. Silahkan nanti anda coba terapkan dalam pertanian yang anda lakukan.


Mengendalikan Gulma Padi Sawah Secara Tradisional


Ketika kita akan melakukan pengendalian gulma padi sawah secara tradisional, maka yang terpikir oleh kita adalah cara sederhana. Meskipun sederhana, namun cara tradisional ini justru sangat baik dan ramah lingkungan. Ada banyak cara tradisional dalam pengendalian gulma padi sawah ini. Berikut ini merupakan beberapa cara tradisional dalam mengendalikan gulma padi sawah.

1. Mengendalikan gulma dengan menggunakan varietas padi yang tahan terhadap gulma

Cara mencegah dan menanggulangi gulma padi sawah yang pertama adalah anda bisa menggunakan jenis padi sawah yang tahan terhadap gulma. Jadi kita menanam padi yang memiliki tingkat dan daya tahan tinggi terhadap gulma  sehingga apapun gulma yang mengganggu tanaman padi, tidak akan mempengaruhi tanaman padi yang kita tanam. Untuk jenis dan varietas padi yang tahan terhadap gulma tersebut nanti akan admin bagikan pada lain kesempatan.

2. Mengendalikan gulma padi sawah dengan cara manual

Maksudnya adalah kita mengendalikan gulma atau rumput liar disekitar tanaman padi dengan cara manual atau dengan menggunakan tangan, mencabut rumput liar tersebut. Memang cara ini terbilang cukup melelahkan dan lama bila dibanding cara lain. Namun meskipun demikian faktanya masih banyak para petani yang mengendalikan gulma dengan cara manual ini karena lebih murah, dan ramah lingkungan. Bisa dikerjakan sendiri kapan saja tanpa harus menyuruh orang lain.

3. Mengendalikan gulma padi sawah dengan cara biologis

Cara mengendalikan gulma padi sawah selanjutnya adalah dengan cara biologis. Apa sih maksudnya biologis disini? Yaitu kita mengendalikan gulma padi sawah dengan memanfaatkan hewan ternak seperti itik atau bebek. Jadi ketika tanaman padi sudah tumbuh dan gulma atau rumput liar juga mulai tumbuh, maka kita bisa menaruh itik, namun kalau bisa yang masih anakannya. Karena jika induknya yang anda taruh, bisa jadi malah merusak tanaman padi anda. Jadi dengan menaruh anak itik dilahan sawah yang kita tanami padi, akan membantu mengendalikan gulma padi sawah tersebut. Para itik akan memakan rumput-rumput liar yang baru tumbuh disekitar tanaman padi, sehingga tanaman padi yang kita tanam akan bersih dari gulma.

4. Mengendalikan gulma padi sawah dengan menggenangi air

Cara tradisional terakhir dalam mengendalikan gulma padi sawah adalah dengan menggenangi lahan sawah dengan air yang dalam. Tapi cara ini harus dilakukan dengan cara yang benar dan waktu yang tepat. Jangan menggenangi padi secara terus menerus, tapi dilakukan secara bertahap.

Itulah beberapa cara Mengendalikan Gulma Padi Sawah Secara Tradisional, mudah-mudahan informasi ini dapat menambah ilmu dan wawasan anda semua. Semoga bisa bermanfaat.
Sponsored Links
loading...
Loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive