Loading...

Ini Cara Menanam Labu Siam Yang Harus Anda Tahu

Sponsored Links
.
Loading...
Cara Menanam Labu Siam Dalam Pot Yang Baik dan Benar - Labu Siam merupakan tanaman sayuran yang masuk dalam labu-labuan, tanaman ini menjalar dan buahnya menggantung dari tangkainya. Buah labu siam memiliki banyak getah yang lengket jika tidak dibersihkan secara benar-benar. Cara bercocok tanam labu siam dilakukan dengan cara yang sama dengan cara menanam pare, yaitu dengan memberikan anjir atau para-para sebagai rambatan. Buah labu siam bisanya dikonsumsi dengan cara merebus terlebih dahulu dan dipadukan dengan sambal, namun ada juga yang menjadikan labu siam sebagai sayur tumis. Buah labu siam dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, diantaranya: Membantu menurunkan berat badan, Menurunkan kadar kolesterol, mencegah penyakit kanker, menjadi sumber stamina, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.



Budidaya labu siam tidaklah begitu sulit, tanaman sayuran ini sangat mudah tumbuh dengan berbagai jenis tanah dan iklim. Cara tanam labu siam yang benar agar menghasilkan panen yang banyak dapat dilakukan dengan beberapa langkah sederhana berikut:

Memilih Bibit Labu Siam

Pembibitan labu siam diambil dari biji labu siam yang telah tua di pohonnya, pilih buah labu siam yang bagus dan sehat dan biarkan menua. Setelah tua petiklah, belah labu siam dan ambil bijinya. Jemur biji diterik matahari selama 1hari  dan angkat, kemudian letakkan pada wadah dan tempatkan di area yang teduh.

Jika anda tidak mau repot, bibit labu siam juga dapat dibeli di kios-kios pertanian. Lihat tanggal kadaluarsanya, pilih bibit yang memiliki tanggal kadaluarsa masih lama. Dan pastikan kemasan bibit masih utuh dan tidak ada bolong-bolong sekecil apapun. Karena dikhawatirkan ada semut atau kutu yang memakan biji labu siam yang ada dalam kemasan

Cara bercocok tanam labu siam yang paling efektif sebaiknya biji labu siam disemai terlebih dahulu. Kemudian dipindahkan setelah bibit tumbuh dan mencapai tinggi 15cm.

Menyiapkan Lahan Labu Siam

Sepertihalnya cara menanam lobak putih, lahan untuk budidaya labu siam juga harus diolah terlebih dahulu dengan cara menggemburkan menggunakan traktor ataupun cangkul.  Setelah itu, tambahkan pupuk kandang dan lakukan oengadukan menggunakan cangkul agar pupuk lebih tercampur merata.

Biarkan lahan tanam selama 1 minggu sebelum ditanami agar pupuk kandang telah tercampur sempurna dan unsur hara sudah stabil setelah digali.

Menanam Bibit Labu Siam

Untuk menanam bibit labu siam hasil semaian dapat dilakukan dengan  membuat lubang terlebih dahulu menggunakan cangkul dengan jarak tanam adalah 4m x 4m. kemudian taburkan 1 genggam pupuk kandang pada masing-masing lubang.

Cabut bibit labu siam di media semai, dengan sebelumnya lakukan penyiraman agar bibit tidak rusak saat dicabut. Penanamn sebaiknya dilakukan pada pagi hari pada awal musim penghujan. Tanamlah sampai semua lahan tanam yang tersedia selesai ditanami.

Merawat Tanaman Labu Siam

Cara merawat labu siam dapat dilakukan dengan membersihkan rumput-rumput yang tumbuh di area penanaman, dan buatlah para-para sebagai rambatan pohon pare jika sudah mulai menjulur. Ukuran antar tiang pancang 4m x 4m dengan tinggi sekitar 200cm. Untuk anyaman para bagian atas dapat menggunakan kawat atau juga bisa menggunakan bambu.


Jika tanaman labu siam diserang kutu daun atau hama lainnya maka lakukan penyemprotan dengan menggunakan insektisida secukupnya sesuai takaran yang dianjurkan (baca aturan pakai pada kemasan).Jika anda tidak ingin menggunakan bahan kimia, belilah obat semprot organik yang dijual di kios-kios pertanian.

Pemanenan Buah Labu Siam

Masa panen labu siam adalah pada umur 3-4 bulan dari penanaman. Panen sebaiknya dilakukan pada pagi hari untuk mendapatkan buah pare yang segar.

Itulah beberapa langkah cara menanam labu siam yang benar dan cara perawatannya agar menghasilkan tanaman labu siam yang banyak dan segar secara organik. Selain buahnya yang banyak bermanfaat bagi kesehatan, pucuk daun labu siam juga dimanfaatkan sebagai sayuran. Jika anda tidak memiliki lahan yang luas untuk budidaya labu siam di kebun, maka lakukan penanaman labu siam di di pot atau polybag. Cara menanam labu siam di dalam pot atau polybag juga tidak begitu sulit, cukup sediakan polybag atau pot yang besar dan isi dengan campuran tanah dan pupuk kandang. Untuk para-para dapat memanfaatkan pagar atau yang lainnya. Cara ini dapat menjadi solusi dalam memenuhi kebutuhan sayuran di rumah anda.
Sponsored Links
Loading...
loading...
Flag Counter