Cara Merawat Tanaman Hias Dalam Pot Agar Rajin Berbunga

Sponsored Links
MENANAM TANAMAN HIAS DALAM POT -- Menanam tanam hias di dalam pot merupakan cara yang biasa dilakukan. Menanam tanaman hias dalam pot selain memberikan keleluasaan dalam pengaturan tanaman juga dipilih karena pertimbangan lahan yang sempit, lokasi yang tidak beraturan dan lain sebagainya. Dengan menanam tanaman pada pot kita bisa mengatur penempatan tanaman secara vertikal, menggantung atau meletakkannya dimana tempat memungkinkan. Namun dalam menanam tanaman dalam pot harus diperhatikan berbagai hal, agar tanaman hias yang ditanam pada pot bisa tumbuh baik dan subur.

Berkebun atau menanam tanaman dalam pot dilakukan untuk menanam berbagai jenis tanaman hias. Namun sebenarnya tidak hanya tanaman hias saja yang bisa ditanam pada media pot ini, aneka sayur-mayur dan buah juga bisa ditanam pada pot ini.

Menanam Tanaman di dalam pot memerlukan perhatian lebih, jika ingin hasilnya bagus. Karena media tumbuh pada pot sangat terbatas, maka nutrisi makanan untuk tanaman sangat perlu diperhatikan. Nutrisi makanan ini perlu diperhatikan dari mulai persiapan pot, media tumbuh, hingga perawatan sehari-hari.

 Cara Menanam Tanaman Hias Dalam Pot

Berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan dalam menanam tanaman hias di dalam pot:
1. Mempersiapkan Media Tanam
Media tanam sangat penting di dalam menanam tanaman hias dalam pot, karena itu perlu dipersiapkan dengan  baik. Berikut persiapan media tanam dalam pot yang perlu dilakukan:
  • Letakan beberapa pecahan battu bata  (sebagai pengikat air) di dasar pot.
  • Isi pot dengan campuran tanah yang ideal untuk tiap-tiap jenis
a. Campuran umum;  pasir 1/3 bagian, tanah 1/3 bagian, 1/3 bagian pupuk kandang
b. Campuran untuk jenis suka kering; pasir ½ bagian, 1/2 bagian pupuk kandang
c. Campuran untuk jenis suka lembab: tanah ½ bagian, 1/2 bagian pupuk kandang

2. Cara Pengepotan
Pilihlah pot tanaman dan media tumbuh yang sesuai dengan tanaman yang akan kita potkan. Pot juga harus disesuaikan dengan tempat dimana dan bagaimana pot tersebut diletakkan. Bila pot dan media yg telah disiapkan tersedia, pastikan pot memiliki lubang drainase yang cukup. Isikan media kurang lebih 1/3 bagian pot. masukkan tanaman, usahakan media asal yang menempel pada tanaman masih ada, agar tanaman tidak mengalami stres saat beradaptasi dengan media yang baru.

Tambahkan lagi media tanam, sambil tanaman dipegang terus dengan sebelah tangan. Setelah hampir penuh, tekan media perlahan-lahan dengan ibu jari agar tanaman dapat berdiri kokoh. Pot jangan diisi sampai penuh, sisakan sekitar 2 cm dari bibir pot agar mudah waktu melakukan penyiraman.

Setelah pengepotan selesai, siramlah tanaman secukupnya. Dinding luar dan dasar pot dibersihkan dari kotoran dan media tanam yang masih menempel sebelum diletakkan pada tempat yang diinginkan.

3. Menyiram Tanaman Dalam Pot
Menyiram tanaman di dalam pot merupakan pekerjaan wajib yang harus dilakukan, kecuali tanaman anda terkena hujan hampir tiap hari. Akan tetapi meski musim penghujan anda perlu memperhatikan apakah tanaman di dalam pot cukup tersuplay air. Berikut ini langkah-langkah pengairan tanaman di dalam pot atau penyiraman tanaman dalam pot:

  • Air diberikan melalui alas pot. Dengan cara ini air akan meresap ke atas ke media tanam dengan melalui sistem kapiler. Keuntungan media tidak terlalu basah, tetapi ketersediaan air cukup terjamin. Untuk membantu peresapan air ke media tanam sebaiknya dipasang tali dari media ke alas pot melewati lubang drainase.
  • Air diberikan langsung pada media tanam. Pada cara ini air dapat disiramkan langsung pada permukaan media tanam atau juga dapat melalui pipa yang ditancapkan ke media tanam. Usahakan air siraman tidak mengenai tanaman secara langsung. Waktu terbaik untuk melakukan penyiraman tanaman adalah di pagi hari kira-kira jam 7 -10 atau pada waktu sore hari.

Nah itulah beberapa langkah yang bisa dilakukan dalam menanam tanaman hias di dalam pot. Dengan perawatan dan perlakuan yang baik dan benar, tanaman hias yang di tanam di dalam pot akan mtumbuh subur dan menyenangkan.
Sponsored Links
Loading...
loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Loading...

Blog Archive