Loading...

Fungsi Furadan 3GR dan Fungisida (Jenis, Harga dan Dosis)

Sponsored Links
.
Loading...
Furadan 3GR adalah salah satu merk dagang insektisida yang juga nematisida berbentuk butiran (granul). Furadan 3GR dapat digunakan untuk mengendalikan berbagai jenis hama pada tanaman seperti nematoda (puru akar), penggerek batang, cacing, uret, bekicot (moluska), jontrot dan lain sebagainya. Furadan 3GR merupakan insektisida + nematisida sistemik berbentuk butiran berwarna biru keunguan yang dapat diaplikasikan dengan cara ditabur. Furadan 3GR dapat digunakan untuk mengendalikan hama pada berbagai jenis tanaman, baik tanaman pangan, tanaman hortikultura maupun tanaman perkebunan. Furadan 3GR berbahan aktif karbofuran yang memiliki spektrum cukup luas, sehingga dapat digunakan untuk mengendalikan berbagai jenis hama termasuk hama yang ada didalam tanah.
Related image
Insektisida + Nematisida Furadan 3GR

FURADAN 3GR adalah Pestisida dari Jenis Insektisida dan Nematisida yang dikeluarkan secara resmi oleh PT.Bina Guna Kimia yang bersifat sistemik dengan bahan aktif Karbofuran sebanyak 3 %, bahan aktif Karbofuran sendiri ampuh untuk mengendalikan hama serangga, Ulat dan nematoda yang terdapat pada akar maupun pada bagian tanaman lainnya.

FURADAN 3GR mempunyai bentuk Granule (G/GR) atau kita sering menyebutnya dengan sebutan butiran, warna dari butiran FURADAN 3GR adalah berwarna ungu, adapun penggunaan FURADAN 3GR sendiri bisa ditaburkan atau bisa dicampur saat dilakukan pemupukan.

Hampir semua jenis tanaman bisa menggunakan FURADAN 3GR sebagai pestisida pengendalian hama dan nematoda baik itu dari jenis tanaman pangan, tanaman palawija, hias ataupun perkebunan dan kehutanan.

Dengan mempunyai sifat yang sistemik, FURADAN 3GR mempunyai cara kerja dengan cara diserap oleh tanaman melalui jaringan-jaringan tanaman seterlah butiran FURADAN 3GR larut dalam air. ketika hama memakan bagian dari tanaman tersebut, zat yang sudah diserap tanaman tadi akan masuk kedalam sistem pencernaan dan akan membunuh hama atau nematoda itu sendiri.

Dosis penggunaan FURADAN 3GR yang direkomendasikan adalah 20 kg/hektar, bahkan jika FURADAN 3GR diaplikasikan pada wilayah serangan penggerek batang yang berat dosis pemberian ditingkatkan menjadi 30 kg/hektar. Contoh hama yang bisa dikendalikan oleh furadan adalah Penggerek batang padi, ulat dan kutudaun.

Spesifikasi :
– Merk Dagang : Furadan 3GR
– Bahan aktif : Karbofuran 3%
– Formulasi : GR (Granular / Butiran)
– Warna : Ungu kebiru-biruan
 Cara Kerja : Sistemik
– Jenis : Insektisida/Nematisida
– Produsen : PT. Bina Guna Kimia
Harga (harga distributor) :
1000 gram : Rp. 15.900,-
2000 gram : Rp. 25.950,-
Tanaman dan Hama Sasaran :
1. Cabai : nematoda/puru akar, orong-orong, bekicot/siput
2. Padi : Ulat grayak, uret, larva kaper, penggerek batang
3. Tomat : nematoda/puru akar, orong-orong, bekicot/siput, ulat, oeteng-oteng/kutu kuya
4. Semangka : Bekicot, orong-orong, penggerek daun, penggerek batang, oteng-oteng/kutu kuya,
5. Kubis : Ulat grayak, Perusak daun (Crocidolomia binotalis dan Plutella xylostella)
6. Kacang hijau : Perusak daun, ulat grayak, oteng-oteng, orong-orong
7. Timun : Bekicot, oteng-oteng, ulat
8. Tembakau : Penggerek pucuk (Heliothis sp.) dan Ulat grayak (Spodoptera litura)
9. Tebu : Penggerek batang (Chilo auricilius dan C.saccharipagus)
10. Jagung : Penggerek batang
11. Dan lain sebagainya.
Plus Minus Insektisida + Nematisida Furadan 3GR
Kelebihan Furadan 3GR
+ Berbentuk butiran yang mudah diaplikasikan dengan cara ditabur
+ Bekerja secara sistemik dan efektif untuk mengendalikan hama tanaman

+ Efektif untuk mengendalikan hama didalam tanah seperti nematoda dan orong-orong
+ Daya simpan lama dan tidak mudah rusak
+ Dapat diserap oleh akar dan didstribusikan keseluruh jaringan tanaman, sehingga efektif untuk mengendalikan hama yang ada didalam tanaman seperti nematoda, penggorok daun (Leaf minner) dan penggerek batang
+ Dapat digunakan untuk mengendalikan hama penggerek daun / oteng-oteng
+ Dapat digunakan untuk mengendalikan hama bekicot/siput pada tanaman tomat, semangka atau timun
+ Efektif digunakan untuk mengendalikan hama uret/penggerek batang pada tanaman padi dan jagung
Kekurangan Furadan 3GR
– Tidak efektif jika diaplikasikan dengan cara penyemprotan
– Diserap oleh akar dan didistribusikan kesluruh bagian tanaman, termasuk buah. Berbahaya jika diaplikasikan pada tanaman sayuran dan tanaman semusim yang berumur pendek karena residu yang ditimbulkan dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama.
– Dapat mengakibatkan kerusakan pada tanah jika sering diaplikasikan dalam jangka waktu yang lama. Karena karbofuran tidak hanya membunuh hama, tetapi juga membunuh seluruh makhluk hidup yang ada didalam tanah seperti cacing dan mikroorganisme pengurai lainnya.
Karbofuran adalah bahan aktif insektisida yang berspektrum luas dan sangat berbahaya. Hati-hati saat menggunakan insektisida ini, bacalah petunjuk penggunaan dan ikuti prosedur yang disarankan. Untuk mengendalikan hama pada tanaman sayuran daun seperti sawi/pakcoy, kangkung, kubis atau bayam sebaiknya jangan menggunakan insektisida berbahan aktif karbofuran. Dan aplikasi pada tanaman hortikultura dan tanaman pangan sebaiknya dilakukan hanya pada awal tanam saja. Semoga bermanfaat
Sponsored Links
Loading...