Tanaman Jarak, Bermanfaat Untuk Kesehatan pada Akar, Daun dan Bijinya

.
.


Tanaman jarak sempat menjadi trending topic saat ramai-ramainya pencarian energi alternatif untuk mensubstitusi minyak bumi saay harga minyak bumi melambung tinggi. Minyak pada biji Jarak bisa dimanfaatkan untuk bahan bakar pada mesin diesel sebagai bahann bakar hayati.

Tanaman Jarak Pohon yang memiliki nama latin Ricinus communis adalah tanaman jarak yang kandungan bijinya bisa digunakan sebagai minyak campuran untuk produk pelumas.

Tanaman Jarak adalah tumbuhan anual dengan batang berongga dan licin. Batang memiliki buku-buku bekas tangkai daun yang sudah luruh. Warna batang hijau kemerahan dan memilik daun tunggal dengan diameter antara 10 - 30 cm dan tumbuh berseling.

Tanaman Jarak memiliki bunga majemuk berwarna kunging agak oranye dan berkelamin satu. Buah bulat dalam tandan dan memiliki 3 ruangan dengan tiap ruangan buah berisi satu buah biji. Warna buah jarak adalah hijau muda.

Kandungan Kimia Yang Terdapat Pada Biji, Daun dan Akar Tanaman Jarak

Kandungan Kimiawi pada Biji Jarak
  • Biji jarak mengandung minyak ricinic 40- 50 % dengan kandungan glyceride dari ricinoleic acid, isoricinoleic acid, oleic acid, linolenic acid, dan stearic acid. Juga mengandung ricinine, sejumlah kecil cytochrome C, Lipase dan beberapa enzym. Disamping ricin D, dengan cara pemurnian bertingkat didapat acidic ricin dan basic ricin.
Kandungan Kimiawi pada Daun Jarak
  • Daun Jarak memiliki kandungan kimiawi  berupa Kaemferol-3-rutinoside, nicotiflorin, isoquercitrin, rutin, kaempferol, quercetin, astragalin, reynoutrin, ricinine, vit.C 275 mg %.
Kandungan Kimiawi pada Akar Jarak
  • Methyltrans-2-decene-4,6,8-triynoate, 1-tridecene-3,5,7,9,11-pentyne, Beta-sitosterol. 
Sedangkan pada hasil penyulingan minyak jarak didapatkan kandungan kimiawi yang berupa Ricinoleic acid 80%, palmitic acid, stearic acid, linoleic acid, linolenic acid, dihydroxystearic acid, triricinolein 68,2%, diricinolein 28%, monoricinolein 2,9%, nonricinolein 0,9%.


Cara Memanfaatkan Bagian Tanaman Jarak Sebagai Obat Alami Berbagai Jenis Penyakit

Resep Obat Alami Daun Jarak Untuk Bengkak
  • Ambil daun jarak secukupnya, cuci bersih kemudian daun dikukus matang dibungkus ditempat yang sakit
Daun Jarak untuk Obat Alami Hernia
  • Ambil daun jarak secukupnya kemudian lumatkan dengan ditambah sedikit garam. Gunakan ramuan ini dengan cara ditempelkan dititik tengah telapak kaki
Obat Alami untuk Koreng
  • Ambil Daun segar direndam air panas sampai lemas tempelkan ke tempat yang sakit
Minyak Jarak Untuk Constipasi
  • Anak-anak 4 ml dan Dewasa 5 – 20 ml, minum pagi hari sewaktu perut kosong Wanita hamil dan sedang haid & dilarang minum (Sebabkan kongesti ringan pada organ panggul
Akar Jarak Obat Alami untuk Rheumatik persendian, epilepsi (Ayan)
  • Ambil Akar Jarak sekitar  15 – 30 gr kemudian direbus dengan air secukupnya (2 gelas), setelah tersisa satu gelas, dinginkan dan diminum
Manfaat Akar Jarak untuk Pegal-pegal, luka terpukul
  • Ambil Akar Jarak 9 – 12 gr akar kering kemudian direbus dengan air secukupnya dan kemudian diminum
Obat Alami  masuk angin pada bayi dan menurunkan panas badan bayi.

  • Siapkan 2-3 helai jarak. Olesi minyak makan yang masih baru pada daun tersebut. Panaskan daun tersebut di atas kompor selama kira-kira 1-2 menit. Kemudian daun bisa diletakkan pada punggung dan perut bayi. Agar tidak terlepas, Anda bisa memasangkannya di bawah gurita bayi.
Manfaat Umum Tanaman Jarak
Keseluruhan tanaman jarak bisa untuk proyek reboisasi penhijauan lahan tandus dan kritis Penahan Erosi, Kayu Bakar, Tanaman Pagar, Pelindung Tanaman Lain (karena beracun). Sedangkan daun jarak untuk dimanfaatkan dalam pengembangan Ulat Sutera (eri silkworm).

Getah Jarak yang mengandung Protase Penyembuh Luka (curcain), Pengobatan (infeksi jamur, sengatan serangga, masalah pencernaan). Sedangkan biji jarak bisa digunakan untuk insektisida, makanan/pakan ternak (jika berasal dari varietas yang tidak beracun), Produktivitas: 5 – 25 ton/ha/tahun (setelah umur 5 tahun). Daging buah jarak bisa dimanfaatkan untuk bahan bakar, pupuk hijau, produksi biogas
Minyak Biji jarak bermanfaat untuk produksi sabun, bahan bakar, insektisida.
Bungkil Biji jarak bisa dimanfaatkan untuk pupuk, produksi biogas, pakan ternak (dari varietas tak beracun) sedangkan cangkang biji jarak berguna untuk bahan bakar.

Silakan bagikan dan sebarkan artikel manfaat tanaman jarak ini jika bermanfaat. Terima kasih

Sponsored Links
loading...
Loading...
.