5 Tips Unik Menyiram Tanaman Yang Efektif dan Efisien

.
Menyiram tanaman merupakan aktivitas yang harus dilakukan untuk membuat tanaman tetap segar dan sehat. Karena semua mahkluk hidup pastinya akan membutuhkan air untuk bertahan hidup, begitu juga tanaman. Dengan menyiram secara rutin dengan cara yang benar dan waktu yang tepat, maka tanaman yang kita budidayakan akan berkembang dengan baik. Berbicara masalah menyiram tanaman ini, tentu ada beberapa hal yang perlu kiota perhatikan, seperti kapan waktu yang tepa untuk kita dianjurkan menyiram tanaman, dan kapan waktu yang kurang tepat untuk menyiram tanaman. Untuk menambah wawasan anda tentang hal tersebut maka sudah membahasnya pada postingan berikut ini.
Image result for menyiram tanaman
Dalam menyiram tanaman ini yang perlu diperhatikan adalah kadar dan kebutuhan air harus disesuaikan dengan kebutuhan tanaman. Tidak kurang dan tidak pula berlebihan. Jika intensitas air dalam menyiram kurang, maka otomatis tanaman masih belum mendapatkan pasokan air yang cukup, begitu pula sebaliknya jika intensitas menyiram ini berlebihan juga kurnag baik untuk tanaman. Ada beberapa cara bagaimana cara menyiram tanaman yang baik dan benar. Berikut ini akan disajikan beberapa tips dan cara menyiram tanaman yang baik dan benar, agar tanaman yang sudah kita tanam dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.



Cara Menyiram Tanaman Yang Baik dan Benar


1. Menentukan jumlah air dan tanaman

Ketika anda akan menyiram tanaman, maka yang perlu diperhatikan adalah berapa jumlah tanaman yang akan anda siram dan banyaknya jumlah air. Karena jika anda sudah tahu banyaknya jumlah tanaman yang akan disiram, maka akan memudahkan anda untuk menentukan volume air.

2. Menggunakan air yang bersih dan tidak tercemar limbah

Menyiram tanaman tidak bisa menggunakan sembarang air, meskipun tidak ada panduan khusus untuk jenis air yang dapat digunakan menyiram tanaman ini, tetapi kita pasti juga tahu bagaimana kriteria air yang baik untuk mahluk hidup. Contohnya saja kita kalau meminum air yang sudah bercampur dengan racun atau kotoran dan limbah, tentu tubuh kita akan mengalami sakit dan bahkan bisa mati, begitu juga dengan tumbuhan. Maka dari itu gunakanlah air yang bersih, setidaknya tidak tercemar racun dan limbah.

3. Menyiram menggunakan cara yang benar sesuai usia tanaman

Jika anda menyiram tanaman yang masih kecil, maka cara menyiramnya harus diperhatikan dengan baik, tidak bisa anda guyur dengan gayung begitu saja, tapi cara yang tepat adalah menggunakan alat khusus penyiram tanaman yang memiliki banyak lubang sehingga air akan memancar. Hal ini bertujuan agar tanaman yang masih rentan patah tidak mengalami kerusakan. Coba anda misalnya menanam cabai dan masih beberapa hari, kemudian anda guyur dengan gayung atau ember secara langsung, maka bisa jadi cabai tersebut akan banyak yang patah. Tapi jika usia tanaman sudah tua dan memiliki akar dan batnag yang kuat, maka hl itu tidak menjadi masalah.

4. Memperhatikan kondisi cuaca

Selain itu and ajuga harus memperhatikan kondisi cuaca, apalagi jika cuaca sedang panas dan kemarau panjang, maka intensitas menyiram juga haru anda tingkatkan. Namun tetap harus dengan cara yang benar. Saya yakin anda sudah membaca postingan sebelumnya tentang kapan Waktu Yang Paling Tepat Untuk Menyiram Tanaman.

5. Memperhatikan letak tanaman atau lokasi tanaman

Apabila anda memiliki tanaman yang berada diruangan tertutup atau jarang terkena sinar matahari, maka anda tidak harus sering menyiram, berbeda jika letak tanaman berada diluar ruangan yang sering terpapar sinar matahari, maka anda juga harus mengatur jadwal menyiram, bisa dua kali sehari yaitu pagi dan sore hari.

Itulah beberapa Cara Menyiram Tanaman Yang Baik dan Benar, mudah-mudahan informasi singkat ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.
Sponsored Links
loading...
Loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive