Metode Tanam Jajar Legowo Upaya Meningkatkan Produksi Padi Yang Paling Mungkin

Sponsored Links
Budidaya padi sawah merupakan kegiatan menanam padi pada lahan persawahan untuk tujuan agar memenuhi kebutuhan pangan berupa beras. Budidaya padi merupakan kegiatan rutinitas masyarakat petani dalam meningkatkan dan mengembangkan sumber daya alam yang tersedia. Dengan menanam padi tersebut, dapat dipastikan kebutuhan pangan dan pasokan beras untuk seluruh lapisan masyarakat akan tetap terjaga dan terkedali. Mengingat program pemerintah bahwa di tahun 2014 surplus atau pasokan beras harus mencapai sekitar 10 juta ton. Dengan demikian tentu hal ini harus menjadi perhatian bagi para petani kita untuk meningkatkan produktivitas padi dengan lahan produktif yang kian hari semakin berkurang. Berangkat dari masalah tersebut, maka timbulah suatu pemikiran yakni bagaimana dengan lahan pertanian yang sempit namun tetap bisa meningkatkan hasil pertanian padi.
Image result for padi legowo
Didalam menanam padi disawah ini banyak metode yang dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil panen padi, salah satu metode yang sangat baik digunakan untuk menanam padi disawah adalah metode tanam jajar legowo. Karena didalam metode tanam jajar legowo ini, pertumbuhan padi dapat maksimal dan baik. Meningkatkan Hasil Panen Padi Dengan Metode Tanam Jajar Legowo ini sebenarnya cukup mudah, namun bagi petani yang awam tentu hal ini sangat menyulitkan. 



Tahukah anda bahwa ternyata Metode tanam Jajar Legowo ini sudah sangat lama dikenal oleh masyarakat petani pada zaman dulu. Metode jajar legowo ini adalah salah satu metode dalam menanam padi yang sangat baik untuk diterapkan dalam menanam padi, terutama dilahan yang memiliki ruang yang sempit. Lantas apa sih arti dari jajar legowo ini, dan berasal dari mana bahasanya? mungkin dari anda masih ada yang bingung dan bertanya akan hal ini. Nah berikut ini dasar-pertanian akan menjelaskannya.

Kata Jajar Legowo ini adalah berasal dari bahasa jawa, Legowo yang merupakan singkatan dari kata lego dan dowo yang berarti; lego  ( luas ) dan dowo ( panjang ). Jadi maksudnya jajar legowo adalah metode tanam padi yang memiliki sistem memanjang dan luas untuk pertumbuhan padi. Menanam padi ini memang harus mempunyai jarak tanam yang luas agar pertumbuhannya menjadi baik. Perlu anda ketahui bahwa tanaman padi sangat membutuhkan ruang yang cukup luas untuk dapat tumbuh dan berkembang. Padi juga membutuhkan sinar matahari yang cukup baik, jadi dengan metode jajar legowo ini semua bagian dari tanaman padi akan mendapatkan paparan sinar matahari.

Apa saja kelebihan dari menanam padi menggunakan metode tanam jajar legowo? Adapun kelebihan menanam padi menggunakan metode tanam jajar legowo adalah sebagai berikut:
  1. Dapat menambah jumlah anakan padi dan juga meningkatkan hasil panen.
  2. Dapat menghemat pupuk, karena bagian yang dipupuk hanyalah barisan atau jajaran padi saja.
  3. Memudahkan dalam perawatan dan pembersihan.
  4. Dapat meminimalisir serangan hama pada tananam padi.
  5. Menjadikan tanaman padi lebih sempurna dan rapi jika dipandang.
Jadi pada intinya untuk meningkatkan hasil panen padi banyak metode yang bisa digunakan, seperti pada metode jajar legowo ini. Itulah beberapa kelebihan menanam padi menggunakan metode jajar legowo dalam menanam padi. Semoga bermanfaat.
Sponsored Links
Loading...
loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive