Definisi dan Pengertian Hama dan Penyakit Pada Tanaman (HPT)

Sponsored Links
Pengertian hama dan penyakit pada tanaman tidak sama, jadi hama dan penyakit ini memiliki defenisi yang berbeda. Namun banyak orang yang menganggap bahwa hama penyakit itu satu hal yang sama. Perlu diketahui bahwa hama dan penyakit pada tanaman merupakan suatu masalah dalam pertanian dan perkebunan. Adanya hama dan penyakit tanaman atau biasa disebut dengan istilah HPT ini jelas membawa dampak buruk terhadap tanaman yang kita budidayakan. Untuk mengenal apa perbedaan defenisi antara hama dan penyakit pada tanaman, maka kami akan mencoba memberikan penjelasan tentang Pengertian Hama dan Penyakit Pada Tanaman.

Image result for hama penyakit tanaman

Pengertian Hama dan Penyakit Pada Tanaman


Pengertian Hama

Apa itu hama ? Tahukah anda dengan hama? Hama adalah sejenis hewan ataupun binatang yang umumnya mengganggu tanaman dan dapat merugikan manusia terkhusus para petani. Hama tanaman adalah binatang yang selalu merusak dan merugikan tanaman para petani. Untuk jenis hama pada tanaman ini berbeda-beda tergantung pada tingkat dan spesiesnya masing-masing. Ada yang namanya hama serangga, hama jenis ulat, hama yang hidup didarat dan di air, dan lain sebagainya. Jadi pengeertian hama secara umum adalah binatang/serangga yang menjadi perusak tanaman.

Pengertian Penyakit Tanaman

Selain hama yang sering menyebabkan tanaman rusak dan mati, maka ada satu lagi masalah pada pertanian yaitu penyakit tanaman. Penyakit pada tanaman ini berbeda dengan penyakit pada manusia. Jadi penyakit pada tanaman adalah keadaan dimana tanaman terganggu atau bisa juga terhambat pertumbuhannya yang biasanya disebabkan juga oleh hama tanaman. Jadi penyakit tanaman ini merupakan suatu kondisi tanaman tidak dapat tumbuh normal karena adanya gangguan dalam pertumbuhannya. Jadi ada hubungan antara hama dan penyakit ini, yang mana akibat serangan hama menyebabkan tanaman menjadi sakit. Tapi tidak serta merta penyakit tanaman disebabkan oleh hama, mungkin ada faktor lain yang menyebabkan tanaman terserang penyakit, contohnya cuaca dan musim yang tidak menentu, faktor bibit tanaman, dan lain sebagainya.

Jadi sekarang sudah jelaskan apa Pengertian Hama dan Penyakit Pada Tanaman. Mudah-mudahan artikel singkat ini dapat memberikan ilmu dan wawasan kepada anda semua. Semoga bermanfaat.
Sponsored Links
loading...
Loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook