Apakah Perbedaan Hama, Penyakit, dan Gulma Pada Tanaman?

Sponsored Links
Dasar Pertanian - Dalam budidaya tanaman, adakalanya timbul permasalahan yang sering mengganggu tanaman tersebut. Adapun masalah yang sering mengganggu tanaman tersebut adalah adanya hama, penyakit dan gulma. Jadi hama, penyakit, dan gulma ini adalah salah satu faktor yang mengganggu pertumbuhan tanaman. Kalau tidak segera diatasi dapat mengakibatkan kerugian dan tanaman yang sudah kita budidayakan tidak dapat tumbuh maksimal, sehingga produktivitas tanaman menjadi berkurang. Diantara ketiga komponen tersebut, memiliki perbedaan satu sama lainnya. Jadi tidak sama antara hama, penyakit, dan gulma ini. Lalu apa perbedaan hama, penyakit , dan gulma pada tanaman? Pada kesempatan kali ini akan sedikit berbagi informasi tersebut kepada anda semua.Image result for hama penyakit tanaman

Tahukah anda bahwa kebanyakan orang menganggap bahwa hama dan penyakit ini adalah sama? Padahal kedua hal itu adalah beda, walaupun ada kaitan diantara keduanya. Hama dan penyakit juga memiliki sifat yang dapat mematikan produktivitas tanaman, berbeda dengan gulma yang hanya mengganggu pertumbuhan tapi tidak sampai mematikan produktivitas tanaman. Untuk lebih jelasnya apa saja beda antara hama, penyakit, dan gulma, silahkan anda simak penjelasannya berikut ini.


Perbedaan Hama, Penyakit, dan Gulma Pada Tanaman


Hama


Hama adalah sebuah organisme atau binatang yang hanya merusak tananaman dan menjadi penyebab tanaman tidak dapat tumbuh dengan baik, tidak produktif dan tidak berkembang dengan baik. Hama tanaman ini lebih dominan mengganggu secara fisik, dan menjadi faktor pemicu penyakit pada tanaman. Jadi bisa jadi penyakit pada tanaman ini muncul karena adanya hama atau binatang yang menghinggapi tanaman tersebut. Contoh hama pada tanaman ini seperti ulat, lalat, burung, tikus, kepik, wereng, dan lain-lain.

Penyakit Tanaman


Penyakit adalah suatu aktivitas fisiologis yang sangat merugikan yang bisanya disebebkan oleh faktor primer dan bisa juga dikarena serangan hama. Penyakit pada tanaman ini lebih dominan merusak sel-sel pada tanaman sehingga mengakibatkan tanaman menjadi tidak produktif, dan bahkan dapat mati. Faktor penyebab penyakit pada tanaman ini bisa karena hama dan mikro organisme yang merugikan tanaman, iklim dan perubahan cuaca, dan juga karena faktor kesehatan bibit tanaman.

Gulma


Sedangkan pengertian gulma adalah tumbuhan yang tumbuh pada area tanaman yang umumnya mengganggu pertumbuhan tanaman. Atau bisa juga pengertian gulma ini adalah rumput liar yang tumbuh disekitar tanaman. Kehadirannya kerap kali mengganggu pertumbuhan tanaman, sehingga para petani merasa terganggu dalam merawat tanaman mereka, jika tidak segera di bersihkan dapat mempengaruhi hasil budidaya tanaman menjadi tidak baik.

Itulah beberapa Perbedaan Hama, Penyakit, dan Gulma Pada Tanaman yang dapat admin bagikan kepada anda semua, jika penjelasannya ini kurang berkenan dihati para pembaca harap berkomentar dan menambah jawaban dari masalah ini. Semoga bermanfaat.
Sponsored Links
Loading...
loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Loading...