Cara Membuat Tanaman Kelengkeng Itoh Cepat Berbuah Lebat

Sponsored Links
Lengkeng atau nama ilmiahnya Dimocarpus longan merupakan tanaman buah-buahan yang berasal dari daratan Asia Tenggara. Lengkeng ini atau biasa kita kenal dengan sebutan kelengkeng adalah buah yang memiliki ciri khas yang hampir mirip dengan buah rambutan untuk bagian dagingnya. Pohon kelengkeng ini bisa mencapai tinggi sekitar 40 meter dengan diameter batangnya mencapai sekitar 1 meter. Jenis daunnya adalah berdaun majemuk, dengan 2-4(-6) pasang anak daun. Jenis buahnya bulat, warna kulitnya coklat kekuningan, dan permukaan kulit hampir gundul, licin, serta teksturnya berbutir-butir. Tapi bentuk dan tekstur kulitnya ini bergantung pada jenis lengkengnya sendiri.

Tips Budidaya Kelengkeng Itoh Super Agar Berhasil
Kelengkeng Itoh Super Sudah Berbuah
Untuk jenis lengkeng atau kelengkeng ini sebenarnya cukup banyak, namun pada kesempatan kali ini dasar-pertanian akan membagikan sedikit tips menanam buah kelengkeng jenis itoh. Kelengkeng itoh ini meruapkan kelengkeng hasil dari pengembangan seorang petani lengkeng dari Klaten yaitu Bapak Isto. Dikabupaten Klaten, tepatnya di desa Tlogo, kecamatan Prambanan inilah bapak Isto mengembangkan varietas buah lengkeng yang cukup gemilang. Klengkeng itoh tersebut ditanam di kebun telaga nursery prambanan klaten. Keunggulan buah klengkeng itoh ini yaitu biji buahnya kecil, daging buahnya sangat tebal, rasa buah manis dan kering/tidak berair. 

Tips Budidaya Kelengkeng Itoh Super Agar Berhasil
Budidaya lengkeng itoh pak Isto


Di usia 2,5 tahun pohon klengkeng itoh ini sudah bisa berbuah sekitar 25 kg setiap pokok. Uniknya lagi klengkeng itoh ini dapat diatur jadwal pembuahanya, jadi tidak tergantung pada musim. Cara pembuahan kelngkeng itoh cukup dikocor dengan pupuk nongfeng klengkeng, maka dalam waktu hanya 30 hari pohon klengkeng itoh sudah berbunga. Untuk pupuk nongfeng klengkeng ini anda bisa dapatkan langsung dari pak Isto dengan harga mulai Rp.50.000 perbibit, pupuk ini bisa dikirim keseluruh pelosok di indonesia.

Bagi anda yanga ingin membudidayakan klengkeng itoh ini, bisa anda ikuti instruksi yang bersumber langsung dari pak istoh dibawah ini. 

Panduan Budidaya Kelengkeng Itoh Super Agar Berhasil


1. Tahap Pemilihan Bibit


Untuk memilih bibit kelengkeng itoh ini anda bisa memblinya langsung pada pak isto yang beralamatkan di Prambanan RT 12 RW 04 Tlogo Prambanan Klaten, atau bisa hubungi 08121561983 ( Sumber dari website langsung pak Isto ).

2. Tahap Penanaman

Setelah anda memiliki bibit lengkeng itoh, maka langkah selanjutnya adalah menanam bibit kelengkeng itoh. Untuk menanam kelengkeng itoh ini sebenarnya cukup mudah dan sama seperti menanam tanaman lainnya. Anda juga bisa menanamnya di dalam pot. Untuk menanam lengkeng itoh silahkan buat lubang tanam yang disesuaikan dengan jarak tanam, yakni sekitar 6 x 6 meter. Buat lubang tanam dengan ukuran yang sesuai dengan bibit, jika tinggi bibit sekitar 1 meter maka ukurannya adalah 1 x 1 x 1 m. Setelah lubang tanam selesai dibuat, dilanjutkan dengan menaburkan pupuk kompos sebanyak kurang lebih 60 kg/lubang tanam lalu tutup kembali lubang tersebut dengan tanah. Biarkan sampai 5-6 hari. Setelah 5-6 hari lalu aduk-aduk kembali pupuk dengan tanah tersebut. Diamkan lagi selama 1 hari dan lubang tanam bisa ditanami bibit lengkeng itoh.

3. Tahap Perawatan

Setelah bibit kelengkeng itoh ditanam, kemudian anda harus melakukan perawatan agar tanaman kelengkeng dapat tumbuh maksimal. Lakukan penyiraman rutin jika kondisi tanah kering. Untuk tahap pemupukan bisa dipakai dua jenis pupuk, yakni pupuk kompos dalam bentuk padat dan pupuk kompos cair. Pupuk kompos padat bisa diberikan 3 bulan sekali dengan takaran sebanyak 25-35 kg/pohon di masa vegetatif atau masa sebelum berbunga. Sedangkan untuk pupuk kompos cair bisa diberikan setiap 2 minggu sekali dengan ukuran sebanyak 1-2 liter pada fase vegetatif. Selain pemberian pupuk, anda juga harus menanggulangi hama penyakit pada tanaman kelengkeng ini. Hama penyakit bisa diatasi dengan menyemprot hama dengan obat pembasmi hama dan penyakit, bisa anda cari ditoko pertanian.

Setelah pohon kelengkeng berusia 2-3 tahun, maka pohon kelengkeng itoh sudah bisa berbuah. Untuk melakukan pembuahan agar kelengkeng itoh dapat berbuah super, silahkan ikuti instruksi dibawah ini.

Cara Melakukan Pembuahan Kelengkang Itoh :


1. Pilih pohon yang pertumbuhannya cukup baik dan juga terkena sinar matahari.
2. Pilih juga pohon yang pucuk daunnya sudah tua ( bukan sedang keluar daun muda).
3. Siapkan peralatan yg diperlukan seperti : Bor listrik/bor tangan, cangkul, ember, dan suntikan.
4. Siapkan pula nutrisi hormon khusus untuk klengkeng ( nah disini kita gunakan produk nongfeng), adapun satu set isi 3 botol terdiri dari Nongfeng buah, nongfeng klengkeng dan Aaplus.
5. Pembuahan dilakukan dengan melalui infus/suntik pada batang atau akar tanaman kelengkeng itoh :
  • Untuk satu paket pupuk nongfeng (isi 3 botol dicampur hingga merata)
  • Buatlah lubang pada batang akar atau pada batang pohon kelengkeng, dengan cara di bor. Adapun diameter bor adalah 10 mm, dengan kedalaman lubang bor sekitar 6 cm, Apabila pohon sudah berumur 9 tahun bisa dibuat sekitar 10 lubang, dan apabila pohon kelengkeng sudah berumur 30 tahun dapat dilubang sekitar 15 lubang.
  • Setelah dilubang, maka ambil nutrisi hormon pupuk nongfeng yang sudah dicampur, kemudian suntikkan di setiap lubang yang dibor tadi sebanyak 10 cc perlubang.
  • Setelah lubang diisi nutrisi hormon tadi, maka langsung ditutup, dan dengan demikian maka proses pembungaan selesai.

Setelah dilakukan penyuntikan hormon, tunggu selama 35 hari, maka pohon kelengkeng akan mengeluarkan bunga. Setelah kelengkeng berbunga maka anda harus memberikan pupuk, gunakan pupuk kandang dan pupuk NPK. Setelah itu lakukan perawatan hingga bunga jadi buah. Setelah buah sebesar kelereng, lakukan pembrongsongan atau bungkus buah dengan jaring khusus agar tidak dimakan oleh kelelawar.

Dengan melakukan pembuahan diluar musim, maka anda akan mendapatkan keuntungan yang besar, jadi meskipun tidak musim kelengkeng, tapi jika anda lakukan hal diatas maka anda akan tetap panen kelengkeng itoh. Mudah-mudahan informasi tentang Tips Budidaya Lengkeng Itoh ini bermanfaat bagi anda semua.
Sponsored Links
Loading...
loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook