Wow Luar Biasa Ternyata Kembang Sepatu Tanaman Hias Kaya Manfaat

.
.
KEMBANG SEPATU -- Nama tanaman hias yang satu ini mungkinsudah tidak asing lagi di telinga kita. Semenjak jaman anak-anak sekolah Tanaman Kembang sepatu ini sudah  sering dipergunakan dalam pelajaran Biologi. Maklum saja selain sering dipakai untuk tanaman Hias kembang sepatu sering dijadikan objek pengenalan bunga, karena kembang sepatu memiliki seluruh organ biologi sebuah bunga. Sebagai Tanaman Hias, kembang sepatu sudah banyak menghias taman rumah, karena bunganya yang besar dan menarik.

Ada beberapa nama yang disematkan kepada Kembang sepatu yang dalam bahasa latin atau bahasa ilmiah dikenal dengan Hibiscus rosa-sinensis ini. Di Jawa Tanaman Hias Kembang sepatu dikenal dengan nama Worawari, di Aceh dikenal dengan nama Bungong roja,Sementara di Nias dikenal dengan nama Soma Soma dan berbagai nama Lain kembang Sepatu di daerah lain. Karena keindahan bunga sepatu ini sudah semenjak lama tanaman ini menjadi tanaman hias.

Kembang Sepatu saat ini memiliki banyak jenis variannya, tidak hanya berwarna merah tetapi juga warna-warna lain seperti putih, putih kombinasi merah dan variasi warna lainnya. Dengan berbagai variasi warna kembang sepatu ini semakin menambah warna dari taman rumah kita.

manfaat-kembang-sepatuUntuk membudidayakan atau menanam kembang sepatu kita bisa melakukan perbanyakan cengan cara cangkok dan stek batang.
Kembang Sepatu Putih
Kembang Sepatu Putih


Beberapa Manfaat Kembang Sepatu

Selain bermanfaat untuk menghias taman rumah, kembang sepatu memiliki beberapa manfaat yang sangat penting. Untuk mengambil manfaat kembang sepatu sebagai obat, biasanya dibuat dalam bentuh teh kembang sepatu. Manfaat bunga sepatu tersebut adalah sebagai berikut:
1. Bermanfaat sebagai Obat alami untuk pilek, flu batuk, dan demam. Teh herbal dari kembang sepatu  dapat mengobati flu dan demam yang sedang Anda derita.

2. Teh kembang sepatu mengurangi sensasi terbakar dalam tubuh wanita sebagai tanda awal menopause. Wanita juga dapat menikmati manfaat kesehatan dari teh herbal ini setelah menopause. Teh ini dapat memberi efek yang menenangkan serta mendinginkan tubuh.

3. Kembang Sepatu Kaya akan antioksidan sehingga Teh kembang sepatu memiliki manfaat mengurangi tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.
Kembang Sepatu Merah-Putih


4. Kembang sepatu juga dikenal sebagai penambah energi . Bunga-bunga berwarna merah merupakan sumber yang kaya akan vitamin C, yang dapat menaikkan metabolisme dan energi tubuh.

5. Kembang Sepatu bermanfaat sebagai Penurun kolesterol jahat. Sebuah studi yang dilakukan oleh para ilmuwan di Chung Shan Medical University di Taiwan menemukan bahwa kandungan antioksidan dalam kembang sepatu dapat mengurangi kadar kolesterol dan trigliserida dalam tubuh.

6. Kembang sepatu memiliki manfaat sebagai obat alami untuk hipertensi. Teh herbal ini dapat mengurangi tekanan darah tinggi yang secara otomatis menurunkan tingkat stres dan hipertensi.

7. Kembang sepatu juga tergolong makanan yang bergizi karena menjadi sumber makanan yang kaya akan vitamin C, mineral, dan antioksidan. Nutrisi tersebut juga dapat melindungi tubuh dari infeksi saluran pernapasan.

8. Manfaat Kembang Sepatu untuk mengobatii sakit tenggorokan dan batuk bisa disembuhkan dengan minum teh herbal ini.

9. Manfaat Kembang Sepatu untuk Mengatasi rambut rontok. Konsumsi teh kembang sepatu secara teratur juga dapat mencegah rambut rontok. Namun, Anda juga bisa menggunakannya sebagai bahan masker rambut. Rebus kembang sepatu dan kemudian basuh air rebusan tersebut pada rambut. Cara ini membantu mengobati rambut rontok.

10. Kembang sepatu bermanfaat sebagai obat alami untuk jerawat. Jika Anda ingin melawan jerawat, rendam kembang sepatu di dalam air selama beberapa jam dan kemudian haluskan menjadi pasta. Campur dengan madu dan oleskan pada kulit yang berjerawat.


Nah itulah beberapa manfaat kembang sepatu sebagai obat dan berbagai manfaat lainnya. Tidak ada ruginya kita menanam kembang sepatu sebagai tanaman hias yang juga memiliki manfaat yang sangat banyak.

Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Blog Archive