Cara Menanam Buah Bit Merah Yang Baik dan Benar

.
.
Cara Menanam Buah Bit Merah Yang Benar - Buah Bit merupakan jenis umbi-umbian yang memiliki warna-warna terang, pigmen warna pada buah bit ini dipengaruhi oleh betalain yang terkandung daam buahnya. Tanaman ini berasal dari Swedia dan Britania, dan akan tumbuh baik pada daerah dataran tinggi dengan udara yang dingin. Di Indonesia tanaman buah bit ini banyak dibudidaya di jawa barat yang memiliki dataran tinggi. Tingkat adaptasinya masih cukup rendah untuk dibudidayakan di Indonesia, untuk melakukan penanaman buah Bit biasanya biji buah bit didatangkan langsung dari luar negeri.

Bentuk tumbuhan buah bit ini memiliki batang yang cukup rendah, daun lebar menyerupai daun tembakau namun bersirip dan berwarna kemerah-merahan, tanaman ini memiliki akr yang akan menjadi ubi yang akan dipanen dan dikonsumsi. Buah Bit memiliki banyak manfaat bagin kesehatan tubuh, diantaranya : Menjaga kesehatan jantung, membersihkan ginjal dan kantung empedu, menjaga kesehatan pencernaan, menghancurkan sel kanker, dan menjaga kesehatan darah.

Untuk membudidayakan buah bit dapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut:

Menyiapkan Bibit Buah Bit

Penanaman buah bit tidak perlu dilakukan penyemaian terlebih dahulu, biji bit dapat langsung di tanam pada lahan tanam yang telah disiapkan. Untuk membeli biji bit sebagai bibit dapat diperoleh dari toko online atau langsung didatangkan dari luar negeri. Karena kebanyakan biji-biji buah bit yang dibudidayakan di Indonesia tidak bisa berbunga dan berbiji.

Menyiapkan Lahan Tanam

Tanaman buah bit sangat menyukai tanah yang gembur dan tidak tergenang air, serta pH tanah harus netral (6-7). Untuk menyiapkan lahan tanam dalam budidaya buah bit dapat dilakukan seperti cara menanam melon atau cara menanam semangka, tanah digemburkan dengan membajak dan diratakan menggunakan cangkul sambil membuah guludan atau bedengan.

Pada saat membentuk bedengan tanah, campurkan pupuk kandang secara merata sembari diaduk-aduk. Buatlah bedengan dengan ukuran lebar 80cm, tebal 30cm-40cm, dan panjang disesuaikan dengan panjang kebun.

Buatlah bedengan dengan ukuran yang sama pada jarak 30cm dari bedengan yang pertama, begitu setelrusnya sampai semua lahan yang akan ditanam selesai diolah.

Diamkan lahan tersebut selama 3 hari, kemudian lapisi dengan menggunakan pelastik mulsa agar menekan pertumbuhan gulma atau rumput-rumput pengganggu.

Menanam Bibit Buah Bit

Cara menanam biji buah bit dapat dilakukan dengan membolongi terlebih dahulu pelastik mulsa menggunakan besi yang dipanaskan atau digunting. Jarak penanaman buah bit adalah 20cm antar lubang.

Buat lubang tanam menggunakan tugal seperti cara menanam jagung, yaitu menggunakan kayu yang diruncingkan salah satu ujungnya. Masukkan 1 biji buah bit kedalam setiap lubang tanam, kemudian tutup kembali lubang dengan menekan tanah mengunakan kaki (jangan terlalu padat, cukup menutup lubang saja).

Melakukan Perawatan Buah Bit

Biji buah bit akan tumbuh setelah 6 hari penanaman, perawatan yang dilakukan adalah mengurangi tangkai daun yang lunglai dan menyisakan daun yang subur. Bersihkan juga dari kemungkinan masih ada rumput yang tumbuh disekitar pohon buah bit.

Pemupukan ulang juga dianjurkan, jika anda menginginkan buah bit organik maka lakukan pemupukan dengan pupuk kandang kembali. Namun, jika anda menginginkan untuk keperluan penjualan, maka perlu dilakukan pemupukan dengan pupuk kimia. Pupuk kimia yang digunakan adalah TSP, Urea, dan KCL.

Memanen Buah Bit

Buah bit dapat dipanen setelah berumur 3 bulan dari penanaman, sebelum melakukan pemanenan sebaiknya lakukan sampel terlebih dahulu dengan membongkar tanah disekitar bonggol pohonnya. Jika ubi buah bit sudah besar, maka pemanenan dapat dilakukan.

Buah tin akan semakin terasa manis jika semakin tua, namun ubinya akan lebih keras. Untuk mengkonsumsi biuah bit dapat dibuat sebagai jus buah bit, campur dengan madu agar rasanya lebih nikmat.

Itilah beberapa tips cara menanam buah bit yang benar agar menghasilkan tanaman buah bit yang berbuah. Tanaman ini masih belum banyak dibudidayakan di Indonesia, karena syarat tumbunya yang memerlukan daerah dengan cuaca yang dingin. Sebenarnya cara penanaman buah bit tidaklah begitu sulit. Selain dibudidayakan di kebun, buah bit juga bisa ditanam di pot atau polybag yang besar sebagai tanaman buah dalam pot (tabulampot).
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Blog Archive