Mau Tahu Cara Memilih Bibit Tanaman Buah Yang Baik dan Cepat Berbuah

.
.
MEMILIH BIBIT TANAMAN BUAH -- Memanen buah-buahan dari kebun sendiri menjadi kesenangan yang tidak terkira. Apalagi jika lahan yang kita miliki cukup terbatas atau bahkan kita menanam bibit buah dalam pot atau Tambulampot. Namun hal yang kerap kali menjadi kendala dalam menanam tanaman buah adalah pada pemilihan bibit tanaman buah itu sendiri. Tidak jarang orang bingung dalam memilih bibit buah yang baik itu seperti apa. Bibit buah yang baik memang menentukan seperti apa nanti hasilnya, kesuburan, pertumbuhan dan hasil panennya.Karena itu penting diketahui bagaimana memilih bibit tanaman buah yang baik.

Bibit buah yang dijual di pasaran biasanya berasal dari berbagai cara menghasilkan bibit buah itu sendiri. Karena itu pengetahuan dan informasi tentang jenis-jenis bibit beserta metode atau cara pembuatannya akan sangat membantu seseorang untuk menentukan pilihannya tersebut. Ada beberapa cara  bibit buah itu dihasilkan misalnya saja  cangkok atau bibit sambung susu, bibit buah dari biji dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah Tips sederhana dalam memilih bibit tanaman buah, dengan mengamati ciri-ciri fisik bibit tanaman buah tersebut:
 1. Mengamati Bagian Daun Bibit Buah
Parameter pertama yang perlu Anda lihat pada bibit buah  yang baik adalah pada bagian daunnya. Warnan daun bibit buah yang baik berwarna hijau cerah, atau pucuknya yang hijau/merah muda. Jika sedang stagnan, daunnya tetap memperlihatkan hijau tua yang indah mengkilat. Maka bandingkan juga ukuran daunnya bisa tampak besar atau justru mengecil? Lihat adakah bekas serangan hama atau penyakit? Curigai bila ada yang menggulung (keriting).

2. Mengamati Bibit Buah Pada Batangnya

Setelah melihat bagian daun bibit buah dan masuk kriteria bibit buah yang baik , selanjutnya kita perlu mengamati bagian batang bibit buah. Amati bekas sambungannya, bila ada benjolan berarti ada ketidakcocokan antara batang bawah dan atas. Batang atas harus tegak mengarah ke atas, tidak boleh bengkok atau merunduk ke bawah.  Untuk bibit yang sudah lebih dari 1 meter pilihlah bibit yang sudah ada percabangannya. Lihat juga apakah ada jamur yang menempel, berbentuk bultan-bulatan putih. Lihat juga bibit buah apakah ada bekas sanyatan atau bekas penggerek batang? Kalau ada jangan dipilih! Batang yang bagus,  lurus, kulit batang cerah beralur, potongan cabang/dahan tidak dipaksakan, bentuk proposional atas bawahnya.

3. Melihat Akar Bibit Buah
Setelah bagian atas selesai, Anda lihat media tanamannya. Campuran dari apa? Poros tidak? Cobalah dibongkar/keduk sedikit, dan lihat adakah akar-akar serabutnya? Bibit yang subur penuh dengan akar serabut ini dan biasanya sudah sampai ke tepian polybag atau sudah menembus polybag, dan ujung akar tampak putih.

4. Amati Buah Jika sudah berbuah

Bila bibit tanaman sudah berbuah, dan ini sering terjadi pada tanaman buah tertentu yang mudah berbuah, yang harus diperhatikan adalah apakah daunnya rontok? Bentuk buahnyapun harus sempurna, tidak berulat, proporsional, tidak mengecil, warna kulit buah cerah atau biasanya berminyak atau ada bubuk putihnya.

Nah itulah beberapa tips sederhana memilih bibit buah yang akan ditanam dari beberapa ciri fisiknya. Untuk lebih jeli memilih bibit buah memang diperlukan pengalaman dan beberapa kali membandingkan beberapa bibit buah yang dijual.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Blog Archive