Loading...

Cara Mudah Menanam Tanaman Gaharu Agar Cepat Besar dan Tinggi

Sponsored Links
.
Loading...
Kali ini saya akan berbagi teknik bagaimana  cara agar bibit gaharu yang kita tanam cepat pertumbuhannya tinggi dan besar. Ada banyak faktor yang mempengaruhi pertumbuhan gaharu, selain dari faktor kesesuaian jenis gaharu dengan jenis tanah dan lingkunagan ada beberapa hal yang harus kita lakukan diantaranya adalah sebagai berikut. 


 1. Pemangkasan Cabang
    Agar tanaman Gaharu cepat besar dan tinggi perlu dilakukan pemangkasan cabang dan ranting. Pemangkasan ini bertujuan agar nutrisi yang diserap akar terpfokus pada pertumbuhan pohon. Pohon yang bercabang sejak dini memiliki pertumbuhan yang agak lamban. Pemangkasan ranting dan cabang sebaiknya dilakukan setiap terjadinya cabang, yakni ketika cabang masih muda sepanjang 2/3 cm saja. Namun dapat juga dilakukan secara berkala seperti dua minggu sekali seperti tampak pada gambar 1. namun ini kurang efektif sebab cabang yang kita potong sudah banyak menyerap unsur hara yang dibutuhkan pohon untuk tumbuh. Pilihlah cabang yang kuat dan subur untuk di pelihara. lakukan hal tersebut sampai bibit berukuran 2 m seperti tampak pada gambar 2. Namun bisa terus dilakukan bila dianggap masih perlu. Gunakan Pisau yang tajam atau gunting tanaman.   Daun hasil pemangkasan dapat anda jadikan teh gaharu. 
Gmabar 1
Gmabar2

2. Pemupukan
    Agar gaharu cepat besar dan tinggi lakukan pemupukan secara rutin dan disesuaikan dengan kebutuhan pohon. Anda dapat mengunakan pupuk organik seperti kompos dan pupuk kandang dapat dilakukan 6 bulan sekali jika mampu pupuk organik lebih kami sarankan. Atau dapat juga mengunakan pupuk anorganbik dapat anda beli di toko pertanian seperti NPK, lakukan pemupukan setiap 3 bulan sekali. Ikutilah tatacara pemupukan yang benar sesuai dengan kebutuhan pohon untuk lebih jelasnya silahkan lihat disini

3. Pembasmian Hama
    Agar gaharu cepat besar dan tinggi adalah dengan mengendalikan hama pada tanaman gaharu. Ada banyak jenis hama yang menyerang tanaman gaharu. Seperti busuk akar ganguan ulat pemakan daun dan serangan hama kutu putih. untuk membasmi kutu putih silahkan buka Cara Membasmi kutu putih Untuk menghindari hal-hal tersebut lakukan pembersihan secara rutin, hindari naungan yang menyebabkan tanaman terlalu lembab dan berilah kapur dolomit agar kondisi tanah tidak telalu asam yang akan menyebabkan busuk akar. Lakukan penyemprotan secara rutin baik ketika terjadi serangan hama ataupun sebagai perawatan.Untuk menghidari ganguan hama seperti babi gunakan karung bekas seperti tampak pada gambar diatas.
4. Naungan
    Agar gaharu cepat besar dan tinggi bibit gaharu memerlukan naungan. Gaharu termasuk jenis pohon yang dalam pertumbuhannya memerlukan naungan agar ia dapat tumbuh secara optimal. Naungan dapat berupa naungan berbentuk tanaman seperti, singkong pepaya dll. atau naungan dari atap daun ilalang pelepah kelapa paranet dll.
5. Jarak Tanam yang sesuai
    Agar tanaman gahau cepat pertumbuhannya besar dan tinggi jarak tanam memiliki peranan yang segnipikan. Sebab berkaitan erat dengan ketersedian unsur hara yang dibutuhkan tanamn gaharu dan juga kebutuhan gaharu akan cahaya. Secara umum ada dua pola penanaman gaharu yakni monokultul (khusus tanaman gaharu saja) dan tumpang sari (tanaman gaharu di tanam bersamaan dengan tanaman lainnya).
a. Untuk tanaman gaharu pola monokultur ada beberapa jarak tanam yang dianjurkan
  1. Jarak tanam gaharu 2 m x 2 m ini cocok untuk anda yang memiliki modal yang banyak dan atau keterbatasan lahan.
  2. Jarak tanam gaharu 3 m x 3 m ini cocok untuk anda yang memiliki modal menengah
  3. Jarak tanam gaharu 4 m x 4 m ini cocok bagi anda yang memiliki modal yang sederhana. atau liahat jarak tanam gaharu
 Untuk tahap awal tanaman gaharu membutuhkan naungan sebagaimana saya jelaskan diatas.
b. Adapun bila anda memilih tanaman dengan pola tumpang sari maka jarak tanamnya sangat fleksibel. Di sesuaikan dengan jenis tanaman yang menjadi mitra tanaman gaharu tersebut. Seperti karet, sawit kelapa dll. Tanam bibit Gaharu ditengah baris  tanamn mitranya dan Usahakan Tanaman gaharu  jangan terlalu rapat. Dari hasil pengamatan kami pola penanam tumpang sari dengan tanaman yang lain seperti sawit, kelapa, karet dan pisang memiliki pertumbuhan yang lebih baik .
6. Waktu Menanam Gaharu Yang Baik
   Waktu menanam gaharu yang paling baik adalah di musim hujan dengan demikian kita tidak perlu melakukan penyiraman. Setelah tanah di lubangi dan di beri pupuk biarkan selama satu atau dua minggu kemudian tanamlah bibit gaharu dengan melepas semua polybagnya secara perlahan agar tanahnya tidak pecah meninggalkan akar bibit. Waktu penanaman yang paling baik adalah di sore hari.

Sponsored Links
Loading...
loading...
Flag Counter