Cara Pembuatan Keripik Singkong Yang Renyah dan Empuk

.
.


Cara buat keripik singkong yang renyah dan empuk memiliki teknik tersendiri. Hal ini berkaitan dengan proses pembuatan keripik secara keseluruhan. Satu langkah terlewatkan atau tak memberi hasil optimal akan berakibat pada hasil akhir keripik singkong.

Keripik singkong memang termasuk makanan merakyat. Renyah saat dimakan, terasa asin, gurih, enak dan tidak membuat cepat kenyang di perut. Untuk mendapatkan rasa seperti itu, pengrajin keripik singkong memiliki kiat-kiat tersendiri. Apa saja kiat-kiatnya, yuk mari kita intip.
Pertama-tama, siapkan semua bahan dan bumbu untuk membuat keripik singkong. Bahan utama yang akan dipakai adalah singkong sebanyak satu kilogram. Pilih singkong yang masih segar. Singkong segar memiliki ciri; tanah masih menempel pada kulitnya, pada bagian pangkal umbi masih terlihat putih dan tidak ada garis-garis biru kehitaman. Hindari membeli umbi singkong yang berkulit kusam, layu, pada pangkal sudah terlihat biru kehitam-hitaman.

Bumbu yang dibutuhkan oleh kita untuk membuat keripik singkong antara lain; kapur sirih (1 sdm), air (300 ml), garam (5 sdm), bawang putih (5 siung), gula pasir (2 sdm) dan minyak sayur. Bumbu yang perlu dihaluskan, antara lain; bawang merah (8 siung), cabai merah keriting (150 gram) dan garam (1,5 sdt).

Cara membuat keripik singkong : kita kupas singkong lalu cuci bersih. Singkong dirajang dengan alat perajang untuk mendapatkan ukuran seragam dan tipis. Siapkan air yang dicampur dengan kapur sirih. Masukkan bumbu halus (bawang putih dan garam) ke dalam campuran air dan kapur sirih. Aduk rata. Singkong rajangan direndam ke dalam larutan tersebut selama  kurang lebih 30 menit. Angkat dan tiriskan.

Minyak sayur dipanaskan, kemudian masukkan bumbu halus dan diaduk-aduk. Masukkan gula pasir sampai merata. Aduk-aduk terus hingga kering. Setelah itu, kecilkan atau matikan api kompor. Langkah selanjutnya, kita memasukkan keripik singkong, aduk-aduk lagi sampai merata. Kemudian, kita angkat dan tiriskan. Biarkan keripik singkong sampai dingin. 

Untuk membuat keripik singkong yang renyah dan empuk ada triknya. Singkong segar yang sudah direndam, kita keringkan, tapi tidak boleh terkena sinar matahari langsung. Setelah singkong benar-benar kering, kita mempersiapkan dua penggorengan. Penggorengan yang pertama berisi minyak dengan suhu sedang. Penggorengan ini dipakai untuk menggoreng irisan singkong hanya sampai setengah matang. Sedangkan penggorengan kedua berisi minyak dengan suhu yang panas maksimal. Penggorengan kedua ini digunakan untuk menggoreng irisan singkong hingga matang.

Untuk membuat keripik singkong yang empuk, rendam irisan singkong dengan air panas. Kita campur dengan soda kue (1 sdt per liter air). Kemudian, kita biarkan hingga dingin. Irisan singkong digoreng dengan api besar. Perbandingan terbaik untuk menggoreng antara minyak dan singkong adalah 3:1. Hasil pembuatan keripik bisa dibilang sempurna, jika pencampuran bumbu  dan singkong tidak tampak basah. Seandainya, keripik singkong terlihat basah, kita dapat menggunakan oven agar hasil keripik singkong jadi kering dan renyah. Sayangnya, pengovenan ini bisa mengubah rasa.

Sumber : http://birdbody.blogspot.co.id/2013/02/proses-pembuatan-keripik-singkong.html
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Blog Archive