Manfaat Kulit Buah Apel Sebagai Sumber Vitamin, Mineral, Serat dan Antioksidan

.
.

Buah Apel. Pernahkah anda mengupas buah apel? Apa yang terjadi jika buah apel yang telah dikupas kulitnya dibiarkan diudara terbuka? Perlahan tetapi pasti daging buah apel akan berubah warna menjadi kecoklatan seolah-olah buah apel ini tidak rela jika kulitnya dibuang dan tidak ikut dikonsumsi.


Kebiasaan dimasyarakat kita adalah saat memakan buah apel biasanya kulitnya dikupas dan dibuang. Memang ada nilai positifnya dengan kita mengupas apel yaitu kita bisa terhindar dari berbagai residu obat-obat tanaman yang mungkin disemprotkan oleh petani apel terhadap tanaman apelnya untuk mencegah hama dan penyakit apel. Padahal jika kita tahu manfaat yang tersembunyi pada kulit buah apel mungkin kita tidak akan pernah lagi mengupas apel saat akan memakannya. Bagaimana dengan resiko residu obat-obatan? Dengan mencuci bersih buah apel menggunakan cairan pembersih khusus untuk buah dan sabun maka resiko residu obat bisa sangat diminimalisir tanpa kita harus kehilangan manfaat kulit apel akibat kita membuangnya.

Kulit apel diketahui memiliki kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita seperti vitamin dan mineral, pada kulit apel juga terkandung serat yang tinggi. Pada kulit buah apel juga terkandung flavonoid dan asam fenolat.

Berikut beberapa manfaat yang terkandung pada kulit Apel.

Kulit Apel Sumber Antioksidan
Pada kulit buah apel terkandung dua macam zat yang mampu melawan kerusakan sel akibat dari radikal bebas yang berasal dari udara maupun sisa pencernaan dari dalam tubuh. Zat penting tersebut adalah flavonoid dan asam fenolat. Senyawa yang disebut triterpenoid ini akan membantu anda untuk menurunkan resiko terkena macam-macam kanker seperti kanker usus, sirosis atau kanker hati bahkan juga kanker payudara. Caranya mendapatkan manfaat ini mudah saja, konsumsilah secara rutin apel beserta kulitnya, jangan dikupas, cukup cuci bersih saja.

Kulit Apel Menyehatkan Tulang dan Gigi
Kandungan pada kulit apel antara lain adalah kalsium dan fosfor. Dua zat ini adalah zat yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Mencegah Gangguan Jantung
Kulit apel mengandung mineral yang bernama kalium. Fungsi kalium ini salah satunya adalah menjaga kesehatan kerja jantung.

Menyehatkan Fungsi Pencernaan
Kalium juga bermanfaat menjaga fungsi sel dan fungsi pencernaan. Proses pencernaan juga akan lebih lancar dengan adanya kandungan serat yang tinggi pada kulit Apel.

Mencegah Naiknya Kadar Kolesterol
Serat yang tinggi pada kulit apel disamping mampu menjaga kesehatan pencernaan juga mampu menurunkan kolesterol jahat.

Bagus untuk diet menurunkan Berat Badan
Kandungan serat yang tinggi pada kulit apel akan membuat anda merasa kenyang lebih lama saat anda mengonsumsi buah apel beserta kulitnya sehingga bermanfaat untuk program diet menurunkan berat badan. Ukuran rata-rata sebuah kulit dengan kulit yang mengandung 4,4 gram serat dan Anda akan kehilangan setengahnya jika Anda mengupas kulitnya.

Menjaga Kesehatan Mata
Kandungan vitamin A yang tinggi pada kulit apel akan sangat bermanfaat bagi kesehatan mata anda, jadi sangat sayang jika kita memakan buah apel dengan mengupas kulitnya.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Kulit buah Apel mengandung vitamin C yang sangat bermanfaat dalam menjaga kekebalan tubuh kita. Disamping itu, buah apel juga meningkatkan produksi kolagen yang bermanfaat untuk kulit terus sehat, mengandung vitamin K yang membantu pengentalan darah, dan kandungan folat yang sangat berguna untuk tubuh dalam pembentukan sel-sel baru.

Demikian beberapa manfaat kesehatan yang terkandung dalam kulit buah apel, jadi masihkah anda akan makan buah apel dengan dikupas?

Silakan sebarkan dan bagikan informasi ini jika bermanfaat, terima kasih.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.