Ternyata Tidak Hanya Buahnya, Daun Salak Juga Bermanfaat Bagi Kesehatan

.
.
Buah Salak. Salah satu jenis buah yang banyak digemari karena rasanya yang khas. Buah salak memiliki banyak jenis yang masing-masing memiliki keunggulan rasa yang berbeda-beda, ada yang rasanya masam, ada yang manis, ada yang rasanya renyah dan ada pula yang asam manis. Daging buah salak ada yang banyak mengandung air dan ada pula yang lebih kering.



Beberapa jenis buah salak antara lain salak pondoh, salak bali, salak lumajang dan lain-lain. Jenis salak yang paling dikenal di Indonesia salah satunya adalah salak pondoh yang awalnya banyak ditanam didaerah sleman, Yogyakarta dan saat ini sudah menyebar ke beberapa daerah lain. Nama Ilmiah dari tanaman salak adalah Salacca Edulis yang hanya tumbuh di daerah tropis, yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, dan banyak diminati oleh masyarakat Eropa dan Amerika. Salak memiliki kandungan gizi dan manfaat yang baik bagi kesehatan karena daging buah salak mengandung saponin, tannin, kalsium dan flavonoid. Kandungan gizi lainnya pada salak antara lain kalori, protein, karbohidrat, fosfor, zat besi, vitamin C dan B juga air. Kandungan Kalsium dan Fosfor pada Buah salak juga sangat baik untuk kesehatan kuku, tulang dan kulit anda.

Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan

Bagus untuk diet menurunkan berat badan
Buah salak mengandung serat yang memberikan efek kenyang lebih lama sebab memerlukan waktu dalam proses penyerapan dalam usus. Efek kenyang ini akan mempengaruhi orang untuk tidak ngemil dan makan makanan lainnya.

Obat Alami Sakit Diare
Cara penggunaan salak sebagai obat diare sangat mudah yaitu dengan mengkonsumsi sebanyak 20 gram daging buah salak yang masih muda.

Obat Alami untuk Menjaga Kesehatan Mata
Mengonsumsi salak dipercaya bisa menyehatkan mata anda karena buah salak memiliki kandungan Betakaroten yang tentu sangat bagus buat kesehatan mata. Betakaroten adalah salah satu zat anti oksidan yang banyak terdapat dalam sayuran seperti wortel. Kandungan betakaroten yang terdapat pada 100 gram buah salak adalah sekitar 5,5 kali lebih banyak jika dibandingkan dengan kandungan betakatroten buah mangga, 3 kali lebih banyak ketimbang buah jambu biji serta 5 kali lebih banyak dari buah semangka merah (watermelon).

Manfaat Kesehatan dari Daun Salak dan Kulit Salak Sebagai Obat Alami

Daun Salak : Obat Alami untuk Wasir
Cara penggunaannya: rebus 5 lembar daun salak dengan 2 gelas air berukuran sedang sampai mendidih serta tambahkan gula merah. Setelah dingin saring air rebusan. Minum air rebusan tersebut 2 kali sehari sampai wasirnya sembuh.

Kulit Salak : Obat Alami Untuk Tekanan Darah Tinggi dan Diabetes
Rebus kulit salak secukupnya dengan menggunakan api kecil, tunggu hingga air rebusan mendidih.
Setelah dingin, saring air rebusan kulit salak Minum air rebusan daun salak 3 kali sehari.

Silakan Bagikan dan Sebarkan Artikel ini Jika bermanfaat. Terima kasih.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive