Loading...

Cara Unik Menanam Bunga Mawar dengan Stek Batang

Sponsored Links
.
Loading...
Jenis dan macam bunga mawar sangat beragam sehingga bunga ini adalah tanaman hias yang banyak dipilih sebagai hiasan rumah karena keindahannya. manfaat bunga mawar yang paling menonjol tentu saja keindahan fisiknya, ciri khusus tumbuhan mawar ini dapat  dilihat dari bentuk dan wangi khasmya yang menyegarkan. Mawar bisa saja anda tanam di halaman rumah atau anda tanam di pot. Cara menanam bunga mawar ini juga tidak boleh sembarangan, anda harus tahu teknik dan cara yang tepat menanam bunga mawar. Jika sembarangan maka kemungkinan mawar yang anda tanam akan layu kemudian mati. 

Arti bunga mawar sangat beragam sehingga ada orang orang yang khusus membuat puisi tentang bunga mawar ini. Sejarah bunga mawar sendiri diketahui sebagai bunga yang bukan berasal dari daerah tropis. Sebagai pecinta bunga, pasaran harga bunga mawar per tangkainya berkisar 10 – 20 rb rupiah yang dapat ditanyakan di toko bunga mawar terdekat yang jual bibitnya. Bagi yang suka kumpulan gambar bunga mawar kami punya koleksi gambar bunga mawar yang lengkap terdiri dari gambar bunga mawar merah, putih, hitam, ungu, pink, biru dan kartun bunga mawar yang tinggal di download saja.
Cara Menanam Bunga Mawar dengan Batang
Cara Menanam Bunga Mawar dengan Batang
Beberapa orang memilih untuk menanam bunga mawar di dalam pot karena kekurangan lahan atau tempat. Untuk menanam bunga mawar di dalam pot, ada teknik yang perlu anda perhatikan dan lakukan. Cara menanam bunga mawar dengan stek contohnya, yang harus anda persiapkan adalah bibit stek yang anda butuhkan. Dalam masalah ini, sebaiknya anda memilih batang pada bagian tengah dan jangan terlalu jauh dari pangkalnya. Jangan menggunakan bagian ujung yang masih muda, kemungkinan berhasil sangat tipis. Cara menanam bunga mawar memang tidak sembarangan.

Setelah menyediakan bibit bunga mawar, siapkan juga pot untuk menanam. Pot yang anda gunakan dapat terbuat dari tanah liat, plastik, semen ataupun keramik. Tergantung dari selera anda, sesuaikan ukuran pot yang anda butuhkan. Setelah itu, cara menanam bunga mawar lainnya yaitu menyiapkan tanah. Tanah yang bagus untuk menanam yaitu tanah yang berwarna hitam dan gembur, lebih bagus lagi jika bekas pembakaran. Setelah itu siapkan juga pupuk kompos, jangan terlalu banyak. Penggunaan pupuk dan tanah juga harus disesuaikan dengan jenis bunga mawar yang anda tanam.
Stek mawar dilakukan pada tangkai mawar yang sudah tua dengan memotongnya sepanjang 4-6 cm menggunakan alat potong yang tajam dan bersih. Media tanam yang digunakan untuk penanaman bunga mawar adalah tanah murni tanpa pupuk apapun sebab tanah yang mengandung pupuk dapat menghambat pertumbuhan batang mawar yang distek.

Gunakan polybag berukuran seperempat kilo berisi tanah untuk proses penanamannya. tancapkan potongan tangkai mawar dibagian tengahnya sampai kedalaman setengah media tanam. beri air dan jangan lupa melubangi plastik polybagnya dengan lidi. Letakkan media tanam tersebut ditempat teduh dan tidak usah diberi pupuk dulu sampai akarnya keluar dan siap dipindahkan kedalam pot.

Kalau daunnya sudah muncul tiga lembar berarti tanaman mawar ini sudah siap dipindahkan ke media tanam yang baru. gunakan campuran kompos dan tanah dengan perbandingan 1:2. pindahkan dengan cara merobek polybag tanpa merusak tanahnya kemudian masukkan ke media tanam yang baru. karena mawar rentan terkena penyakit maka perlu diperhatikan tanda-tanda berupa karat daun dan bercak hitam yang uncul sebab dapat menyebabkan kerontokan daun mawar.

Jenis mawar memang akan mempengaruhi mudah tidaknya tanaman mawar itu dapat beradaptasi. Untuk mawar merah, jenis mawar ini banyak dipilih karena warnanya yang indah dan bahkan beberapa pendapat mengatakan mawar ini sebagai simbol kasih sayang. Bunga mawar merah ini juga mudah beradaptasi atau mudah dibudidayakan. Tentu saja bunga mawar ini akan membuat rumah anda terlihat lebih natural dan indah saat mawar yang anda tanam dapat tumbuh subur dan berbunga. Cara menanam bunga mawar yang selanjutnya yaitu dengan mencampurkan bahan-bahan yang sudah disiapkan.

Campurkan tanah, pupuk kompos dan jika ada sedikit pasir akan lebih bagus. Masukkan campuran tersebut kedalam pot yang sudah disediakan, aduk sampai rata. Penggunaan pasir disini hanya untuk campuran saja, jadi mungkin seperempat bagian dari ukuran tanah ataupun pupuk. Setelah bahan tercampur rata, masukkan batang bibit stek mawar yang anda siapkan. Tancapkan batang tersebut pada tanah yang sudah ada dalam pot. Setelah ditancapkan, siram dengan air. Siram sedikit saja, jangan terlalu banyak. Setelah itu cara menanam bunga mawar selanjutnya yaitu simpan tanaman anda tersebut pada tempat yang sejuk. Lebih bagus jika tidak terkena langsung sinar matahari.

Menyimpan tanaman anda di tempat yang gelap juga sangat disarankan. Ini agar tunas dari mata tunas tanaman mawar anda dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dan mulai terangsang. Dengan begitu akar-akarnya akan mulai tumbuh mengikuti rangsangan yang diberikan. Periksalah beberapa hari sampai tanaman mawar anda tumbuh tunas, jika sudah tumbuh maka pindahkanlah tanaman mawar anda ke tempat yang lebih terang. Pada saat itu, tanaman mawar anda sangat membutuhkan sinar matahari sebagai proses awal fotosintesis. Siram tanaman mawar anda secara teratur. Sekian informasi mengenai cara menanam bunga mawar yang tepat, semoga bermanfaat.

 Sumber : http://caraberkebun.com/cara-menanam-merawat-bunga-mawar-teknik-stek-di-pot/
Sponsored Links
Loading...
loading...
Flag Counter