Luar Biasa Petani Cabai di Kampar Sukses Jadi Jutawan

.
.
Program pembangunan sektor pertanian di Kampar, Riau, mulai membuahkan hasil positif. Hal itu diketahui dari adanya kelompok tani yang berhasil menjadi miliuner dari bercocok tanam cabai merah.
"Hanya dalam waktu kurang dari satu tahun, cabai yang mereka tanam tersebut menghasilkan uang lebih dari Rp1 miliar. Makanya saya bilang, jangan main-main dengan petani. Mereka yang serius dan tekun menjalaninya akan menjadi miliuner, dan ini terbukti," kata Bupati Kampar Jefry Noer di Kampar, Provinsi Riau, Kamis (19/3/2015).
Ia menjelaskan, petani yang berhasil itu merupakan alumni dari Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S) Karya Nyata di Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kampar. Kelompok tani tersebut terdiri dari enam orang warga yang mengikuti pelatihan selama dua minggu pada Desember 2012 di P4S.
Hanya dalam waktu dua pekan, lanjutnya, petani itu mendapat pinjamkan modal Rp30 juta per orang untuk pengembangan lahan pertanian khusus cabai merah. Dari total dana sekira Rp150 juta yang dipinjamkan tersebut, lanjutnya, keenam petani itu menanam cabai merah di atas lahan sekira 3 hektare.

"Hasilnya pada Juli 2013, para petani alumni P4S tersebut mendatangi rumah saya dan sudah memiliki mobil," katanya.
Bahkan, Jefry menilai pendapatan petani itu mampu melebihi gaji seorang bupati dan gubernur. "Makanya, kemudian sektor pertanian menjadi perhatian pemerintah di Kabupaten Kampar sampai saat ini," katanya.
Ketua Umum Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani), Isran Noor, sebelumnya sempat mengatakan pihaknya banyak belajar dari Kampar tentang pertanian sebagai upaya mendukung pemerintah pusat mewujudkan swasembada pangan.
"Di berbagai dearah banyak program pertanian tidak berjalan baik. Sementara di Kampar, program-programnya dijalankan dengan hasil optimal. Makanya, ini layak menjadi percontohan atau model pertanian nasional," kata Isran Noor, beberapa waktu lalu.

Sumber : http://economy.okezone.com/read/2015/03/19/320/1121005/petani-cabai-di-kampar-sukses-jadi-miliuner
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive