Loading...

5 Tips Merawat Kaktus Hias yang Benar

Sponsored Links
.
Loading...
Bagaimana tips merawat kaktus hias yang benar? Ada yang berpendapat kalau memelihara tanaman kaktus itu mudah-mudah sulit. Dibilang mudah karena tanaman ini hanya membutuhkan perawatan yang sederhana dan tidak rutin. Dikatakan sulit jika anda kurang memahami sifat dan karakteristik kaktus dengan baik, sehingga melakukan kekeliruan dalam merawatnya.
tips-merawat-kaktus.jpg
Kaktus
Di bawah ini adalah tips-tips merawat tanaman kaktus dari kami, selengkapnya :
1. Gunakan Media Tanam Agak Berpasir
Seperti kita ketahui, kaktus merupakan tumbuhan gurun. Agar pemeliharaan kaktus berhasil, anda perlu menyesuaikan media tanam yang dipakai seperti di habitat aslinya. Tambahkan pasir ke dalam komposisi media tanam sebanyak 1/3 bagian. Sebelum bibit ditanamkan, pastikan tekstur media tanam tersebut terasa remah, tidak padat, dan tidak basah.
2. Lakukan Penyiraman Seperlunya Saja
Tanaman kaktus menyukai kondisi tanah yang cenderung kering dan tidak terlalu lembab. Tanaman ini sudah dibekali kemampuan untuk menyimpan cadangan air di tubuhnya. Untuk itu, penyiraman cukup dilakukan sesekali saja ketika media tanam hampir benar-benar kering. Prosedur penyiraman yang benar adalah menyemprotkan air menggunakan botol spray secukupnya ke batang kaktus dan media tanam di sekitarnya. Penyiraman yang terlalu sering justru akan mengakibatkan tanaman membusuk dan akhirnya mati.
3. Letakkan di Tempat yang Terkena Sinar Matahari
Sinar matahari sangat bagus untuk mendukung pertumbuhan kaktus. Sinar matahari membantu tanaman ini dalam mengolah nutrisi yang diserapnya menjadi makanan. Pun sinar ini juga memungkinkan tingkat kelembaban udara dan media tanam di sekitar kaktus bisa terus dipertahankan. Boleh-boleh saja memasukkan pot kaktus ke dalam rumah, namun jangan lupa untuk mengeluarkannya setiap pagi dan sore hari.
4. Berikan Pupuk Secara Berkala
Pupuk adalah sumber nutrisi bagi kaktus untuk bisa terus bertahan hidup secara normal. Selain pupuk kompos dan pupuk kandang, disarankan untuk menggunakan pupuk NPK. Pupuk ini dapat merangsang tingkat pertumbuhan kaktus sehingga bertambah besar dalam tempo yang lebih cepat. Berikan pupuk NPK ini sesuai dengan saran yang tertera di kemasan produk. Pemberian pupuk yang terlalu banyak justru akan mengubah sifat pupuk ini menjadi racun.
5. Ganti Pot Saat Diperlukan
Kaktus akan bertambah tinggi dan besar seiring dengan berjalannya waktu. Jadi apabila anda menanam kaktus di pot, anda perlu mengganti pot tersebut secara berkala. Tujuannya supaya media tanam yang tertampung di dalam pot mencukupi kebutuhan kaktus. Memaksakan diri dengan tetap menaruh kaktus berukuran besar di pot yang kecil justru akan membuat tanaman tersebut mati karena kekurangan nutrisi. Penggantian pot idealnya dilakukan saat sore hari dan berhati-hatilah jangan sampai akar kaktus mengalami kerusakan yang fatal.
Sponsored Links
Loading...
loading...
Flag Counter