Mesin Pengering Hybrid Biji-Bijian

.
.

 Mesin Pengering Hybrid Biji-Bijian

)



Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan) merancang mesin pengering benih hybrid kapasitas lima ton yang menggunakan energi matahari dan bahan bakar biomass untuk mengeringkan.
Mesin ini memiliki keunggulan antara lain menghemat bahan bakar minyak  sampai dengan 50 % dan menurunkan biaya operasional pengeringan.
Pengujian dilakukan terhadap prototipe mesin ini dengan mengeringkan empat ton gabah dari kadar air awal 25,7% menjadi 11,6%, lama pengeringan 17 jam dengan laju pengeringan 0,95%. Mesin pengering hybrid ini telah diaplikasikan di Penangkar Benih Sri Mulyo Kabupaten Jombang Provinsi Jawa Timur.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa mesin ini mampu mengeringkan gabah benih dengan rata-rata suhu bahan 33 hingga 35 oC, suhu pada plenum 38 sampai dengan 43 oC dengan laju penurunan kadar air 0,9%/jam, dengan efisiensi panas pengeringan 30%.  
Hasil uji terhadap daya tumbuh menunjukkan tidak terjadi penurunan daya tumbuh yang berarti, yaitu hanya berkisar tiga hingga lima persen dibandingkan dengan kontrol. Biaya operasional mesin adalah Rp 118/kg.
Sumber : Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian

Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive