5 Tips Menanam Bunga Azalea agar Tumbuh Subur

.
.
tips-menanam-azalea.jpg
Bagaimana tips menanam bunga azalea agar tumbuh subur? Tumbuhan azalea dikenal juga dengan nama bunga saliyah. Sekilas tumbuhan ini terlihat mirip sekali dengan bougenville. Bedanya azalea dapat menyerap polusi udara sehingga ideal sekali ditanam di pekarangan rumah.
Azalea adalah tanaman berbunga yang berasal dari keluarga Ericaceae atau pinang-pinangan. Berbeda dengan kaktus, tanaman ini bisa tumbuh dengan baik di daerah yang beriklim sub-tropis seperti Asia Timur dan Amerika Utara. Bunga azalea mekar di bulan Juni dengan warna merah, putih, pink, ungu, dan kuning.
Cermati trik-trik menanam tumbuhan azalea ala Pakar Budidaya berikut ini :
1. Gunakan Media Tanam yang Bersifat Asam
Pada dasarnya, tumbuhan azalea bisa hidup sempurna di media tanam yang bersifat asam dengan pH berkisar antara 4,5 sampai 5,5. Usahakan media tanam yang digunakan bersifat porous agar tingkat kelembabannya tetap terjaga. Komposisi media tanam yang paling baik berupa campuran pasir halus, humus, dan mos dengan perbandingan 1:1:1.
2. Tanam di Tempat Beraliran Udara Sejuk
Karena di habitat aslinya tanaman ini hidup di daerah sub-tropis, tidak heran azalea kurang menyukai terpaan sinar matahari langsung. Terik matahari akan membuat tumbuhan ini mengalami kekeringan sehingga menggugurkan daunnya untuk mengurangi tingkat penguapan. Di sisi lain, azalea justru bisa tumbuh secara normal apabila ditanam di tempat yang beraliran udara sejuk.
3. Siram Tanaman Setiap Pagi
Untuk mempertahankan tingkat kelembaban media tanam, disarankan melakukan penyiraman tumbuhan setiap hari. Waktu yang paling tepat untuk menyiram azalea adalah saat pagi hari, antara pukul 6 hingga 9 pagi. Proses penyiraman tanaman dilakukan secukupnya, tanpa membuat media tanam tergenangi air dan terlalu lembab.
4. Agar Tumbuhan Berbunga
Untuk merangsang tumbuhan azalea menghasilkan bunga, anda bisa memindahkan tanaman ini ke pot berukuran kecil. Selain itu, bisa juga dengan memberikan pupuk yang memiliki kandungan fosfor tinggi. Direkomendasikan untuk memupuk tanaman setiap dua minggu sekali memakai pupuk full bloom berkonsentrasi 2-4 liter.
5. Pemberantasan Hama dan Penyakit
Pemberantasan hama dan penyakit wajib dilakukan secara berkala supaya tanaman azalea tumbuh secara sehat. Anda bisa menanggulangi gangguan-gangguan ini dengan memanfaatkan insektisida atau fungsida sesuai gejala yang muncul. Bagian-bagian tanaman azalea yang berpenyakit juga sebaiknya dipangkas agar tidak menyebar luas.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive