Beginilah Dosis dan Komposisi Pupuk Cabe Terbaik Dari Mulai Tanam Hingga Panen

Sponsored Links
Budidaya cabe merah keriting akan berhasil bila didukung dengan pengetahuan tentang komposisi pupuk. Sejak persiapan lahan (awal tanam), lahan cabe telah diberi pupuk dasar. Biasanya pupuk dasar yang digunakan adalah kompos/ kandang (pupuk organik) ditambah tepung dolomit. Adapun jumlah kompos digunakan sebanyak 15 ton, tepung dolomit tergantung pada keasaman tanah. Berikut ini kompisisi pemberian pupuk pada tanaman cabe dari awal tanam hingga panen.
Related image


Dosis dan Komposisi Pupuk Cabe Yang baik

HariJenis pupukdosis/ Ha
1kompos fermentasi15 ton
14Za400 Kg
TSP200 Kg
KCL50 Kg
30KCL400 Kg
Za50 Kg
60KCL400 Kg
Za50 Kg
80KCL400 Kg
Za50 Kg
100KCL400 Kg
Za50 Kg

Seterusnya 20 hari sekali dengan komposisi sama seperti di atas hingga 4 kali panen.

Pada hari pertama atau pemupukan dasar diberikan saat pengolahan tanah, bisa dibaca di cara menanam cabe. Kompos fermentasi maksudnya adalah pupuk kompos yang diperam minimal 14 hari dengan ditambahkan TSP dan Urea. Komposisi fermentasi; 50 Kg kadnang + 1 Kg TSP + 1/4 Kg Urea. Teknik fermentasi kompos ini akan menghasilkan pupuk dasar yang cocok uuntuk tumbuh bibit cabe setelah disalin dari persemaian.

Pada hari ke 14 diberikan Za + TSP + KCL sebanyak 10 - 15 gram/ pohon. Pada teknik mulsa sebaiknya pupuk diberikan dalam keadaan cairan (dilarutkan), cara pemberian pupuk seperti ini sering disebut dengan istilah cor.

Setelah cabe berumur 30 - 35 hari dilakukan lagi pemupukan kedua, adapun pupuk yang diberikan adalah KCL dan Za saja. Dosis perbatang sebanyak 20 gram. Pada pemupukan kedua diselingi dengan pemberian ZPT atau zat pengatur tumbuh secara semprot, beberapa merek ZPT cocok untuk cabe merah keriting adalah Dekamon, Sitosim, Atonik Dll. Pemberian ZPT dilkukan setiap 3 minggu sekali.

Pemupukan ketiga dilakukan pada hari ke 60 masa tanam. Jenis pupuk yang diberikan KCL dan Za dengan dosis 20gr/ pohon. Selanjutnya pemupukan dilakukan setiap 20 hari sekali dengan dosis dan jenis pupuk yang sama Za + KCl 20 gr/ pohon. Pemupukan cabe merah keriting dilakukan hingga 5 kali panen, setelah itu tidak lagi dilakukan pemupukan karena sudah tidak produktif lagi.
Sponsored Links
loading...
Loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive