Apa itu Gulma? Bagaimana Cara Menanggulanginya?

.
.
Apa itu Gulma? Pernahkah anda mendengar istilah gulma dalam dunia pertanian? Ya gulma ini merupakan salah satu masalah dalam bidang pertanian. Gulma adalah rumput liar yang tumbuh disekitar tanaman dan umumnya selalu mengganggu pertumbuhan tanaman yang kita budidayakan. Gulma atau rumput liar ini harus segera ditanggulangi atau dibuang agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman yang sudah kita tanam. Cara menanggulangi gulma ini ada yang mudah, namun ada juga gulma yang sulit untuk di bersihkan. Biasanya para petani akan menggunakan pestisida untuk mematikan gulma ini, yaitu dengan cara menyemprot gulma yang tumbuh disekitar tanaman. Namun apakah menyemprot gulma dengan pestisida merupakan cara terbaik untuk menanggulangi gulma ini? Tidak, karena dengan kita menyemprot gulma dengan pestisida, otomatis tanaman kita juga akan terkena dengan pestisida, akhirnya dapat berdampak buruk bagi kesehatan tanaman.

Pengertian Gulma, Contoh dan Cara Menanggulanginya


Adapun contoh gulma pada tanaman ini sangat banyak, misalnya saja tanaman padi, gulma yang sering mengganggu tanaman padi adalah rumput panjang yang bisanya kami menyebut dengan istilah "jawan" yang dalam bahasa latinnya adalah Echinochloa cruss-galli. Jawan padi ini memang hampir menyerupai tanaman padi, namun kehadirannya sangat mengganggu pertumbuhan padi, dan apabila tidak ditangani maka ketika anda memupuk padi, justru jawan padi ini yang akan makan pupuk tersebut dan tumbuh sumbur. Jadi padi kita justru tidak berkembang dengan baik. Cara menaganinya adalah dengan cara mencabut jawan tersebut dan jangan disemprot dengan pestisida.

Cara menanggulangi gulma pada tanaman ini memang macam-macam dan tergantung pada para petaninya. Namun kalau menurut saran saya, lebih baik jangan menggunakan pestisida supaya kesehatan tanah tetap terjaga dengan baik Lebih baik membersihkan gulma dengan cara mencabut, atau meggunakan sabit, tajak, cangkul, dan alat pertanian lainnya.

Itulah sedikit penjelasan tentang  Pengertian Gulma, Contoh dan Cara Menanggulanginya, mudah-mudahan sedikit artikel ini dapat menambah wawasan anda semua. Semoga bermanfaat.
Sponsored Links
loading...
Loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive