4 Manfaat Jerami Dalam Dunia Pertanian Yang Masih Banyak Orang Belum tau

.
Tahukah anda apa itu Jerami? Jika selama ini sering kita mendengar kata jerami, biasanya hal itu berhubungan dengan tanaman padi. Ya..memang jerami ini merupakan salah satu limbah dari hasil pertanian seperti padi ini. Adapun pengertian dari jerami ini sebagaimana dikutip dari wikipedia, Jerami adalah hasil samping usaha pertanian yang berupa tangkai dan batang tanaman jenis serealia yang telah kering, setelah biji-bijiannya dipisahkan. Jadi maksudnya adalah bahwa jerami ini sama dengan limbah pertanian tanaman serealia, salah satunya adalah tanaman padi.

Biasanya pasca panen padi, para petani padi akan memanfaatkan jerami padi ini untuk beberapa keperluan, seperti pakan ternak, membuat pupuk kompos, dan lain-lain. Tapi ada juga sebagian petani yang kurang pemahaman tentang manfaat jerami padi ini, sehingga mereka banyak yang membuang atau bahkan membakarnya, padahal jika diteliti manfaat membakar jerami padi itu tidak ada, bahkan akan memperburuk keadaan tanah atau lahan sawah. Membakar jerami padi akan mengurangi kandungan unsur hara pada tanah, bahkan jika terlalu sering membakarnya langsung dilahan sawah, akan mengakibatkan tanah menjadi keras dan tandus.

Apakah ada manfaat jerami padi ini? Kalau kita berbicara masalah manfaat atau kegunaan jerami padi tentu saja banyak sekali. Maka dari itu disini dasar-pertanian akan membagikan informasi dan pengetahuan kepada anda semua apa saja manfaat jerami padi.

Mari sama-sama kita simak penjelasan tentang manfaat atau kegunaan dari jerami padi, mudah-mudahan nanti dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan kita semua betapa pentingnya ilmu pengetahuan ini.

Manfaat Jerami Padi

Beberapa Manfaat Jerami Padi


1. Jerami padi bermanfaat untuk pakan ternak

Mungkin hal ini sudah sering kita dengar dan ketahui bahwa manfaat jerami padi ini bisa untuk pakan ternak, seperti sapi. Jika musim panen padi sedang berlangsung, maka para peternak seperti ternak sapi, maka ini merupakan hal yang sangat menggembirakan bagi mereka karena akan lebih mudah mencari pakan ternak. Seperti kebiasaan masyarakat daerah kami, mereka akan beramai-ramai mengumpulkan jerami padi untuk pakan ternak mereka, biasanya mereka akan langsung memberikan pada ternak, atau mereka keringkan terlebih dahulu untuk kemudian diberikan pada hewan ternak. Manfaat jerami padi untuk pakan ternak ini juga sangat baik karena beberapa kandungan nutrisi dan gizi pada jerami padi sangat baik untuk ternak.

2. Manfaat jerami padi untuk pupuk

Pernahkah anda mendengar kalau jerami padi bisa dibuat pupuk kompos? Perlu anda ketahui bahwa limbah dari padi ini sebenarnya bisa dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuatan pupuk kompos. Salah satunya manfaat jerami padi ini adalah bisa dibuat pupuk Bokashi. 

3. Manfaat jerami padi untuk atap gubuk

Tidak hanya bermanfaat untuk pakan ternak dan pupuk saja, ternyata manfaat jerami padi ini juga bisa digunakan untuk membuat atap gubuk. Biasanya para petani akan memanfaatkan jerami padi untuk membuat atap atau menutupi gubuk mereka diladang. Dengan demikian akan membuat gubuk mereka menjadi lebih sejuk dan nyaman.

4. Manfaat jerami padi untuk pengganti plastik mulsa

Plastik mulsa merupakan salah satu alat untuk membantu meningkatkan hasil pertanian yang fungsinya menutupi lahan pertanian, terutama pada bedengan tanaman agar kondisi tanah tetap terjadi kesuburannya. Tidak hanya itu, manfaat penggunaan plastik mulsa untuk tanaman ini juga bertujuan supaya tanaman terhindar dari gulma atau rumput liar, sehingga pemupukan atau pemberian nutrisi pada tanaman tepat sasaran. Namun jika anda tidak memiliki cukup biaya untuk membeli plastik mulsa ini, ada juga bisa memanfaatkan jerami padi untuk pengganti mulsa. Bahkan manfaat jerami padi ini jika digunakan sebagai mulsa, akan menyuburkan tanah dan membuat hasil pertanian anda semakin baik, ramah lingkungan, dan tidak membutuhkan banyak biaya.

Itulah Beberapa Manfaat Jerami Padi Yang Perlu Anda Ketahui, mudah-mudahan informasi ini bermanfaat dan dapat menambah ilmu dan wawasan anda semua.
Sponsored Links
loading...
Loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive