4 Cara Unik Mencegah Bunga Rontok Pada Tanaman Mangga

Sponsored Links
Cara Mengatasi Rontok Bunga Pada Tanaman Mangga sebenarnya cukup mudah, hal ini tentunya jika anda mengetahui tipsnya. Rontoknya bunga mangga memang sebenarnya adalah hal yang wajar karena rontok bunga mangga tersebut merupakan proses alami yang sering berhubungan dengan masalah keseimbangan internal pada tanaman. Namun apabila tidak dilakukan penanganan, maka bisa jadi anda tidak akan pernah panen buah mangga. Adapun penyebab dari rontoknya bunga mangga ini dapat disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor dari dalam ( internal) tanaman dan faktor dari luar ( eksternal ) tanaman. Faktor internal, yang merupakan pengaruh dari dalam tanaman ini jelas berhubungan dengan bagaimana kemampuan tanaman itu dalam memasuki masa generatif. Apakah tanaman tersebut mampu berkembang dengan baik atau tidak. Sedangkan faktor eksternal atau dari luar tanaman, ini berhubungan dengan apa saja yang mempengaruhi tanaman dari luar, seperti iklim, hama dan penyakit, dan lain-lain.

Adapun untuk lebih jelasnya apa sebenarnya faktor internal dan eksternal yang membuat bunga pada tanaman mangga ini sering rontok dan bagaimana pula cara mengatasi dan mencegahnya agar bunga tanaman mangga tidak rontok. Berikut penjelasannya.
Image result for pohon mangga


Cara Ampuh Mengatasi Rontok Bunga Pada Tanaman Mangga


Penyebab Rontoknya Bunga Mangga

  • Karena kurangnya unsur hara pada tanaman.
  • Kurangnya hormon pembentuk buah pada tanaman.
  • Karena kondisi tanah kering, biasanya musim kemarau, jadi menyebabkan persediaan air berkurang.
  • Kondisi iklim dan cuaca yang tidak menentu, kadang panas, kadang turun hujan, begitu seterusnya.
  • Karena tidak adanya penyerbukan atau gagal penyerbukan.
  • Karena diserang hama penyakit.



Cara Mengatasi Kerontokan Bunga Pada Tanaman Mangga

1. Memenuhi Kebutuhan Hara Pada Panaman

Unsur hara pada tanaman mangga sangat dibutuhkan untuk kesuburan tanaman, apalagi jika tanaman mangga sedang memasuki masa berbunga. Untuk itu diperlukan pemberian pupuk yang dapat menambah unsur hara pada tanah dan tanaman. Hal ini anda bisa berikan pupuk NPK ketika pohon mangga sedang berbunga.

2. Rajin Menyiram Tanaman Mangga

Ketika tanaman sedang berbunga, maka kebutuhan air sangat banyak, jadi wajar apabila dalam masa berbunga sering terjadi rontok karena kondisi tanak kering dan penyerapan air tanah sudah tidak ada. Untuk mengatasi bunga mangga sering rontok, rajinlah menyiram dipagi dan sore hari.

3. Menanam Mangga Tidak Hanya Satu Pokok Saja

Apa hubungannya anatara menanam mangga tidak boleh hanya satu pokok saja dengan kerontokan bunga mangga? Perlu anda ketahui bahwa buah mangga ini termasuk salah satu tanaman yang mengalami penyerbukan silang, jadi apabila dalam masa berbunga tidak ada pohon mangga lainnya, maka penyerbukan hanya dapat dilakukan sendiri namun hanya 20 % saja. Karena selebihnya adalah penyerbukan silang antara pohon yang satu dengan yang lainnya.

4. Memberikan Suplemen Organik Pada Tanaman

Untuk suplemen ini bertujuan agar meminimalisir rontoknya bungan mangga pada saat berbunga. Anda bisa gunakan berbagai merk yang dijual ditoko pertanian. Kalau kami biasanya menggunakan suplemen SOT (Supelemen Organik Tanaman), yang merupakan suplemen unggulan dari PT HCS. Jadi kinerja dari SOT ini mampu meningkatkan produksi panen lebih maksimal dari masa sebelumnya. Hal ini dikarenakan SOT akan memperkuat jaringan pada akar serta batang tanaman, selain itu SOT ini juga bisa mencegah dan mengurangi tingkat gugur bunga maupun buah pada tanaman.

Itulah beberapa Cara Mengatasi Rontok Bunga Pada Tanaman Mangga. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan anda dan memberikan pengetahuan anda tentang cara mengatasi kerontokan bunga pada tanaman mangga. Semoga bermanfaat.
Sponsored Links
Loading...
loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Loading...

Blog Archive