Faktor- Faktor Yang Perlu Diperhatikan Dalam Menanam Tanaman Hias Indoor

.
.
BAGAIMANA MENANAM TANAMAN HIAS INDOOR -- Budidaya tanaman hias pada ruangan indoor biasanya dilakuka  sebagai penghias ruangan. Selain sebagai penghias ruangan tanaman hias indoor juga sering dipakai untuk mengurangi polusi udara dan menambah kesegaran ruangan. Karena ada beberapa jenis tanaman hias yang bisa digunakan untuk menyerap polutan dan membersihkan udara. Pada dasarnya tanaman-tanaman hias tersebut tumbuh bukan pada indoor atau ruangan, sehingga pada budidaya tanaman hias indoor atau menanam jenis  tanaman hias indoor perlu perlakuan-perlakuan tertentu.


Di alam terbuka, keberadaan tanaman hias sangat bervariasi dan tergantung pada jenis tanamannya , Ada tanaman hias yang suka sinar matahari penuh ada yg suka naungan dan lain sebagainya. Demikian pula, respon tanaman hias yang  tadinya tumbuh dan berkembang di alamterbuka, akan berbeda jika ditempatkan di dalam ruangan untuk tujuan keindahan maupun kenyamanan ruangan.

Pada saat tanaman hias ditanam pada indoor memerlukan proses penyesuain, sehingga diperlukan persiapan agar  faktor tumbuh yang  ada di alam nantinya tersedia saat tanaman ada di dalam ruangan. Faktor tumbuh tanaman hias indoor terseput meliputi : media tumbuh, air, nutrisi, cahaya, suhu, dan kelembaban udara. Beberapa jenis tanaman hias dan bunga dapat ditanam di dalam ruangan, asalkan seluruh kebutuhan pertumbuhannya terpenuhi.

Faktor- Faktor Yang Perlu Diperhatikan Dalam Menanam Tanaman Hias Indoor

Dalam menanam tanaman hias indoor ada beberapa faktor yang penting untuk diperhatikan.  Karena tanaman hias indoor selain sebagai hiasan, faktor pertumbuhan juga penting untuk diperhatikan. Karena setiap jenis tanaman hias indoor memiliki kemampuan untuk  hidup dlm ruangan tertutup sangat bervariasi tergantung pada jenisnya.

Karena itu dalam meanam tanaman hias indoor perlu diperhatikan beberapa faktor berikut ini :
1. Selera Penghuni Terhadap Tanaman Hias Jenis Apa
Ada beberapa orang lebih tertarik pada kaktus dibandingkan dengan mawar. Oleh karena itu penanaman dalam ruangan sangat tergantung pada siapa penghuni atau siapa yg  menikmati/menggunakan ruangan tersebut.

2. Kondisi Tempat Tumbuh Tanaman Hias Indoor
Walaupun ruangan dpt juga digunakan untuk menanam tanaman hias. Akan tetapi keberhasilan pertanaman di dalam ruangan tergantung pada kondisi ruangan dan jenis tanaman hias
Ruangan yg tidak cukup cahaya mataharin tidak mencukupi syarat utk tempat penanaman tanaman, kecuali diberi cahaya lampu selama 24 jam. Akan tetapi ada beberapa jenis tanaman yg adaptif di dalam ruangan yg terbatas sinar mataharinya misalnya:lidah mertua (Sansevieria trifascita), rambung merah (Ficus elastica), dan lain sebagainya.

3. Aspek Dekorasi
Tanaman juga dapat digunakan utk menghiasvruangan, yg pemilihan tanamannya tergantung pd besar kecil ruangan, warna, dan teksturabunga. Tentunya saat memilih tanaman hias indoor ini karena berfungsi sebagai dekorasi perlu diperhatikan aspek estetikanya.

Itulah Cara menentukan tanaman hias indoor yang akan kita tanamn dalam ruangan . Selain aspek pertumbuhan yang patut diperhatikan, tentu faktor keindahan dan estetika juga perlu diperhatikan. Ini akan berpengaruh pula pada cara merawat tanaman hias indoor kelak.
Sponsored Links
loading...
Loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive