Cara Unik Budi Daya Sirsak Agar Berbuah Lebat dan Tahan Busuk

Sponsored Links
Sirsak adalah buah dengan banyak manfaat. Selain daun yang dapat digunakan sebagai obat segala macam penyakit termasuk kanker, buahnya pun mengandung mineral dan nutrisi yang baik bagi tubuh. Penanaman bibit sirsak sebaiknya kita lakukan pada saat awal musim hujan, atau musim hujan sudah benar-benar sudah tiba, hal ini bertujuan untuk mencegah tanaman dari kekurangan air dan tentunya berakibat kematian pada tanaman.

sirsak
Pemilihan Bibit sirsak unggul sangat menentukan pada faktor produksi dari buah sirsak, baik dari segi Kualitas ataupun segi Kuantitas. Selain itu bibit sirsak yang unggul juga memiliki faktor dan tingkat pertumbuhan lebih cepat dan lebih kuat atau tahan terhadap serangan hama penyakit dibandingkan dengan bibit sirsak yang berkualitas rendah atau buruk. Bibit yang baik bisa berasal dari penyemaian biji sirsak atau pencangkokan dari induk pohon dengan kualitas unggul. Untuk bibit yang berasal dari biji harus dilakukan penyemaian secara tepat terlebih dahulu sampai bibit tumbuh dan siap untuk ditanam.

Persiapan lahan dapat dilakukan yaitu dengan cara membuat lubang tanam pada tanah dengan ukuran 50 x 50 cm dengan kedalaman sekitar 40 cm, jarak antara lubang tanam adalah 3 x 4 meter. Berikan campuran pupuk kandang dan kompos  setebal 10 cm pada dasar lubang tanam sebagai pupuk dasar. Biarkan lubang tersebut selama 1 - 2 minggu untuk menghilangkan suhu dan sifat panas dari pupuk kandang.

Penanaman dapat dilakukan pada saat bibit sirsak sudah berumur 5 - 6 bulan dan tidak dalam masa bertunas muda agar tunas tidak rontok dan kering karena stres. Buka keranjang tanah tanaman, hati-hati jangan sampai tanah pada tanaman tersebut pecah. Tanamlah bibit secara tegak lurus dan timbun dengan tanah sisa galian lubang. Pada saat melakukan penimbunan, alangkah baiknya kita lakukan dengan cara menimbun dengan tanah galian di atas terlebih dahulu dan baru tanah galian bagian bawah. Setelah bibit tertimbun, maka padatkan tanah di sekitar bibit supaya pada saat penanaman tidak terjadi penguapan.

Pemupukan dapat diberikan dengan dosis sebanyak 400 g / batang atau pohon, pada saat tanaman berumur sekitar 2 bulan. Pemberian pupuk kandang juga dilakukan pada saat tanaman sudah berumur 6 bulan dan dilakukan secara rutin setiap 6 bulan sekai.

Panen bisa dilakukan saat tanaman sudah berumur 3 tahun, hal ini dengan catatan tanaman memiliki tingkat pertumbuhan yang normal dengan kandungan mineral pada tanah yang mencukupi.

Demikian informasi mengenai cara menanam sirsak dan cara budi daya tanaman bermanfaat ini, semoga informasi yang kami berikan ini dapat bermanfaat bagi anda, selamat bercocok tanam dan selamat mencoba.
Sponsored Links
Loading...
loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Loading...

Blog Archive