Cara Mudah Pemupukan Padi Sawah Yang Tepat dan Benar

Sponsored Links
Budidaya padi sawah menjadi kegiatan rutin masyarakat yang tinggal didaerah pedesaan khususnya mereka yang tinggal didataran rendah. Seperti halnya masyarakat daerah kami tinggal yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani padi. Bagi para petani padi, khususnya petani padi sawah tentu sudah tidak asing lagi dengan proses pemupukan padi. Rata-rata mereka sudah paham bagaimana cara memupuk tanaman padi yang benar, berapa dosis pemupukan tanaman padi yang tepat, dan kapan jadwal pemupukan padi sawah yang tepat untuk dilakukan. Meskipun demikian banyak juga para petani padi yang belum begitu paham mengenai jadwal pemupukan tanaman padi sawah ini. Karena jika pemupukan tidak sesuai dengan aturan yang benar, maka tentu saja hal itu kurang baik untuk pertumbuhan padi.
Image result for cara pemupukan padi sawah

Jadwal pemupukan padi sawah ini memang harus diperhatikan oleh para petani padi agar nantinya pertumbuhan padi dapat berjalan dengan normal dan sesuai dengan apa yang diharapkan. Pemupukan padi ini biasanya dilakukan beberapa tahap, dari mulai padi berumur 1 minggu sampai dengan padi siap untuk panen. Lalu bagaimana jadwal pemupukan padi yang baik dan benar? Berikut ini  akan berbagi informasi tentang Jadwal Pemupukan Padi Sawah Yang Tepat dan Benar. Yang mana jadwal pemupukan ini juga disesuaikan dengan jenis pupuk yang digunakan.


Jadwal Pemupukan Padi Sawah Yang Tepat dan Benar


Adapun dosis pemupukan untuk seluruh tanaman padi sawah untuk satu hektar yaitu, 500 kg petroganik, 270 kg Phonska, serta 180 kg pupuk UREA. Atau bisa juga pupuk UREA dikurangi menjadi 135 kg dan ditambah pupuk ZA sebanyak 90 kg. Jadwal pemupukannya yaitu ketika tanaman padi sudah berumur 1-2 minggu, biasanya setelah tanaman padi mulai menghijau. Kalau tidak ada pupuk jenis tersebut, anda bisa menggunakan UREA saja dulu, kemudian bisa ditambah untuk pupuk susulan.

Untuk pupuk susulan dapat diberikan setelah tanaman padi berumur sekitar 1 bulan dengan pupuk PHONSKA dosis 150 kg dan 50 kg pupuk UREA per hektar. Waktu pemupukan tanaman padi ini sebaiknya jangan terlalu pagi, kira-kira jam 8-10 pagi ketika embun sudah menghilang. Kalau tidak pagi bisa juga sore sekitar jam 5. Selain itu juga harus diperhatikan kondisi cuaca, misalnya musim hujan tiba, maka jika musim hujan pemupukan ditahan dulu agar pupuk yang kita tebarkan tidak sia-sia. Tunggu sampai kondisi cuaca stabil dan kering.  Jika ada aliran air irigasi yang masih hidup agar ditutup dulu ketika hendak memberikan pupuk pada tanaman padi sawah ini. Jadi pada intinya pemupukan padi ini kondisi sawah harus kering untuk sementara waktu.

Mudah-mudahan informasi singkat tentang Jadwal Pemupukan Padi Sawah Yang Tepat dan Benar ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.
Sponsored Links
Loading...
loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Loading...

Blog Archive