Panduan Cara Mudah Penyiraman Tanaman Cabe Agar Berbuah Lebat dan Banyak

.
Cara menyiram tanaman cabe yang baik dan benar sesuai dengan prosedur yang telah dianjurkan memang banyak diacuhkan oleh para petani. Pasalnya menyiram tanaman cabe ini dianggap mudah oleh semua orang, bahkan anak-anak juga bisa menyiramnya. Memang untuk hal yang dianggap sepele ini, yaitu menyiram tanaman cabe semua orang pasti dapat melakukannya. Namun apakah cara menyiram cabe yang benar sudah dilakukan? Inilah yang akan dibahas pada postingan kali ini yaitu bagaimana prosedur penyiraman tanaman cabe yang baik dan benar. Sehingga pada saat melakukan penyiraman tanaman cabe, yang kita dapatkan sesuai dengan apa yang diharapkan. Jangan pula nanti sudah capek kita menyiram tanaman cabe, namun karena prosedur yang dilakukan dalam meyiram tanaman cabe salah, kita akan mendapat kerugian karena tanaman cabe justru tidak produktif.

Prosedur dan cara penyiraman tanaman cabe ini tidak bisa dianggap sepele, jika anda tidak mau tanaman cabe yang sudah anda budidayakan mati. Makanya disini dasar-pertanian akan berbagi informasi yang menurut saya ini sangat penting walaupun kelihatan sepele yaitu tata cara penyiraman tanaman cabe. Jadi apabila prosedur dan cara menyiram tanaman cabe sudah anda lakukan dengan benar, niscaya nanti akan bermanfaat bagi anda sendiri.
Dibawah ini merupakan beberapa proses dan langkah-langkah dalam melakukan Penyiram Tanaman Cabe Yang Baik dan Benar.

Prosedur Penyiraman Tanaman Cabe Yang Baik dan Benar

Prosedur Penyiram Tanaman Cabe Yang Baik dan Benar


1. Penentuan jenis air yang akan digunakan untuk penyiraman

Sebelum kita melakukan penyiraman tanaman cabe, sebaiknya hal yang perlu dilakukan adalah menentukan jenis air yang akan digunakan untuk menyiram tanaman cabe. Nah dalam penentuan jenis air yang baik untuk menyiram tanaman cabe ini harus benar-benar dilakukan dengan tepat. Jangan sampai anda salah pilih air, karena tidak semua jenis air baik digunakan untuk menyiram tanaman. Berikut ini cara memilih jenis air yang baik dan bisa digunakan untuk menyiram tanaman cabe :
  • Gunakan air yang benar-benar bersih dan terhindar dari pencemaran atau limbah.
  • Gunakan air sumur kalau bisa, karena air sumur yang kita gali sendiri biasanya tidak mudah tercemar.
  • Jika menggunanakan air sungai, sebaiknya gunakanair sungai yang terhindar dari polusi dan zat beracun.

2. Tata cara penyiraman tanaman cabe

Ketika anda sudah mendapatkan air yang baik dan bersih, maka untuk menyiram tanaman cabe ini harus sesuai dengan anjuran yang benar. Baik itu dari usia tanaman sampai volume air yang diperlukan pada saat penyiraman cabe. Berikut ini merupakan tata cara penyiraman tanaman cabe yang benar.
  • Siram tanaman 2 kali sehari ketika musim kemarau, dan dilakukan pada pagi dan sore hari.
  • Siramlah tanaman cabe dengan benar, yaitu yang disiram pada bagian batang tanaman cabe, terutama jika usia tanaman cabe masih muda. Jika anda langsung mengguyurkan air dari atas tanaman, maka bisa saja merusak tanaman cabe.
  • Sebaiknya gunakan alat penyiram khusus yang dapat memanacarkan air, hal ini bisa anda beli pada toko pertanian.
  • Jangan menyiram tanaman cabe menggunakan tangki semprot yang habis digunakan untuk menyemprot hama, karena dikhawatirkan masih ada sisa pestisida, sehingga bukannya tanaman cabe subur, malah justru mati dan layu.
  • Siramlah tanaman cabe sesuai dosis yang diperlukan, yaitu jika usia tanaman masih muda, maka jangan terlalu banyak volume air yang digunakan, begitu pula sebaliknya.
Jadi apabila tata cara peyiraman tanaman cabe ini dilakukan dengan benar, maka dapat saya pastikan tanaman cabe anda akan subur. tapi jika prosedur penyiraman tanaman cabe ini tidak dilakukan dengan benar, maka dapat saya pastikan juga bahwa tanaman cabe yang anda budidayakan tidak dapat berkembang dengan baik. Yang paling penting untuk anda cermati adalah pada bagian pemilihan jenis air yang digunakan untuk menyiram tanaman cabe. Sebaiknya air yang anda gunakan adalah air yang benar-benar sesuai dengan petunjuk diatas.

Demikianlah sedikit informasi tentang bagaimana Prosedur Penyiram Tanaman Cabe Yang Baik dan Benar. Mudah-mudahan informasi singkat ini dapat memberikan manfaat dan ilmu kepada anda semua.
Sponsored Links
loading...
Loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive