Teknik Panduan Budidaya Mangga Apel Agar Cepat Berbuah Lebat dan Sukses

Sponsored Links
Dasar Pertanian - Budidaya buah mangga memang sangat menyenangkan dan menguntungkan bagi kita. Kita ketahui bahwa mangga merupakan salah satu tanaman buah yang sangat banyak dibudidayakan oleh masyarakat. Menanam buah mangga sangat mudah dan sederhana, namun yang sulit adalah bagaimana caranya agar pohon mangga dapat berbuah lebat. Untuk itu diperlukan tips dan kiat agar pohon mangga yang sudah kita tanam bisa menghasilkan buah yang berkualitas.
Image result for mangga apel
Kalau kita berbicara masalah buah mangga, apakah anda tahu ada berapa banyak jenis buah mangga yang ada disekitar kita? Jenis dan varietas buah mangga sebenarnya cukup banyak, salah satunya dalah mangga apel. Kenapa dikatakan mangga apel? Saya sendiri juga tidak begitu tahu sejarahnya kenapa bisa disebut mangga apel, yang jelas mungkin karena bentuknya yang mirip dengan buah apel, makanya dikatakan sebagai mangga apel. Tidak penting dari mana asalnya dikatakan sebagai mangga apel, yang jelas pada kesempatan kali ini kan membagikan sedikit informasi dasar tentang bagaimana cara menanam buah mangga apel. Atau bisa dikatakan juga sebagai panduan dasar budidaya buah mangga apel agar sukses. Jadi disini admin akan berikan gambaran umum tentang bagaiaman cara melakukan budidaya buah mangga, mulai dari pemilihan bibit, penyiapan media tanam, sampai penanaman dan perawatannya.

Bagi anda yang ingin mencoba menanam buah mangga apel ini, bisa anda ikuti instruksi berikut ini. mudah-mudahan informasi ini nanti dapat memberikan ilmu dan wawasan kepada anda tentang bagaimana cara menanam buah mangga apel yang baik dan benar. 


Panduan Budidaya Mangga Apel Agar Cepat Sukses


1. Penyiapan bibit buah mangga apel

Seperti biasanya sebelum kita melakukan budidaya tanaman, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menyiapkan benih atau bibit tanaman tersebut. Karena kita akan menanam buah mangga apel ya tentu kita harus menyiapkan bibit buah mangga apel. Untuk bibit buah mangga apel ini bisa kita dapatkan dari hasil cangkok atau stek sendiri atau kita beli pada orang yang menjual bibit mangga apel. Jika ingin membeli bibit cangkok atau stek, maka pilihlah bibit yang benar-benar sehat dan segar, jangan anda beli bibit yang layu dan berpenyakit.

2. Penyiapan media tanam

Langkah selanjutnya adalah menentukan media tanam yang akan kita gunakan untuk menanam bibit mangga apel. Apakah anda ingin menanam mangga dalam pot, yang biasanya dikenal dengan istilah tabulampot ( tanam buah dalam pot ), atau ingin menanamnya langsung pada area pekarangan atau kebun. Jika anda menggunakan media pot, maka pilihlah pot dengan ukuran yang cukup besar agar memiliki banyak ruang, atau bisa anda gunakan drum bekas, ember besar, dan sebagainya. Silahkan anda isi dengan tanah bercampur pupuk dan sekam padi. Jika anda ingin menanam bibit mangga pada tanah langsung atau dikebun dan pekarangan rumah, maka silahkan anda buat lubang tanam sesuai dengan besarnya bibit buah mangga apel yang akan ditanam. Sebelum menanam berikan pupuk dasar terlebih dahulu, kalau saya biasanya menggunakan kotoran sapi. Kotoran sapi merupakan salah satu pupuk organik yang alami dan berkualitas.

3. Proses penanaman buah mangga apel

Cara menanam buah mangga apel ini tidak ada bedanya dengan menanam tanaman buah lainnya. Jadi hal ini tidak perlu admin jabarkan karena saya rasa anda semua sudah paham dan tahu bagaiamana cara menanam tanaman yang benar.

4. Proses perawatan

Cara budidaya buah mangga apel tidak akan jauh dari perawatan, sama halnya dengan tanaman jenis apapun yang pada umumnya membutuhkan perawatan agar dapat tumbuh maksimal. Cara agar buah mangga apel dapat berbuah lebat adalah dengan melakukan perawatan intensif, mulai dari penyiraman bibit yang baru ditanam sampai dengan pemupukan dan penanggulangan serangan hama dan penyakit pada tanaman buah mangga apel tersebut. Jadi peraatan ini sangat menentukan keberhasilan anda dalam budidaya buah mangga apel.
Jadi itulah kunci keberhasilan dalam budidaya buah mangga apel, mudah-mudahan sedikit informasi ini dapat bermanfaat dan menambah ilmu dan wawasan anda semua tentang bagaimana Panduan Budidaya Mangga Apel Agar Cepat Sukses.
Sponsored Links
loading...
Loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive