Berbagai Macam Jenis Gulma Berdaun Lebar Beserta Photonya

Sponsored Links
Gulma merupakan tanaman liar yang umumnya selalu mengganggu tanaman yang kita budidayakan. Jika pertumbuhan gulma ini tidak dicegah dan ditangani maka akibatnya tanaman budidaya akan mengalami masalah, seperti kurang sehat, tidak dapat tumbuh maksimal, dan lain sebagainya. Jenis-jenis gulma yang sering tumbuh disekitar tanaman ini sangatlah banyak dan bervariasi. Ada gulma yang memiliki daun lebar, ada juga gulma yang memiliki batang berduri, dan lain sebagainya. Gulma berdaun lebar ini (Broadleaf Weeds) bisa tumbuh pada lahan yang terbuka maupun sempit. Apapun jenis gulma itu sama saja mengganggu tanaman dan harus dibersihkan dan ditanggulangi.


Pada artikel tersebut admin sudah membahas klasifikasi dan jenis-jenis gulma, nah salah satu jenis gulma tersebut ada yang memiliki daun lebar. Gulma berdaun lebar ini sangat banyak contohnya. Karena saya dulu sering mencari rumput untuk memberi makan ternak, maka saya tahu banyak tentang gulma ini, ya meskipun tidak tahu nama latinnya apa. Tapi sekarang sudah tahu dong nama-nama latin dari gulma berdaun lebar tersebut. Contoh gulma berdaun lebar yang sering saya jumpai antara lain Mikania micrantha (rambatan), Borreria (kentangan), Melastoma, Ageratum conyzoides, Mucuna. Berikut akan admin bagikan beberapa contoh gulma berdaun lebar. 

Gulma Berdaun Lebar ( Broad leaf Weeds )


1. Mikania micrantha ( rambatan )

Gulma Berdaun Lebar

Tahukah anda dengan jenis gulma yang satu ini? Namanya adalah Mikania micrantha, atau kalau kami menyebutnya adalah daun rambatan. Biasanya gulma ini sering kami ambil untuk pakan kambing. Gulma jenis rambatan ini juga suka mengganggu tanaman, gulma ini akan melilit pada tanaman sampai menutupi seluruh tanaman, sehingga apabila tidak segera dibersihkan akan mengganggu pertumbuhan tanaman.

2. Borreria (kentang-kentangan)

Gulma Berdaun Lebar

Jenis gulma berdaun lebar selanjutnya adalah bernama Borreria atau biasanya kami menyebut kentang-kentangan dan juga sering digunakan untuk pakan ternak. Gulma berdaun lebar yang satu ini juga dapat merambat namun tidak seperti mikania micrantha, paling hanya 50 sm meter saja panjangnya.

3. Melastoma ( senggani )

Gulma Berdaun Lebar

Jenis gulma berdaun lebar yang ketiga adalah Melastoma , atau biasanya kami menyebutnya senggani, sengganen atau garudu. Gulma jenis yang satu ini memiliki batang yang keras dan kokoh, berdaun lebar dan memiliki bunga yang cantik berwarna ungu. Sebelum berbunga ada buah yang berbentuk seperti mahkota dan obor yang sangat disukai burung. Gulma ini akan mudah tumbuh apabila lahan jarang disentuh atau dibersihkan. Cara membersihkan gulma yang satu ini harus menggunakan cangkul atau alat lainnya dan dibuang sampai akarnya, jika hanya ditebas maka akan tumbuh lagi.

4. Ageratum conyzoides

Gulma Berdaun Lebar

Jenis gulma berdaun lebar yang selanjutnya adalah Ageratum conyzoides. Tanaman liar ini memiliki bentuk yang pendek, paling tinggi sekitar 30 cm dan mudah untuk dibersihkan. Tapi pertumbuhan gulma jenis ini sangat cepat sekali. Umumnya gulma jenis yang ini akan tumbuh pada tanaman yang memiliki tekstur tanah gembur dan subur. Ciri-cirinya antara lain ia memiliki bunga berwarna putih.

5. Mucuna

Gulma Berdaun Lebar

Jenis gulma berdaun lebar yang terakhir adalah bernama Mucuna atau biasanya kami menyebut kacang-kacangan yang biasanya tumbuh disekitar tanaman sawit. Berjenis tumbuhan merambat dan dapat menutupi seluruh bagian tanaman.

Itulah beberapa Contoh Gulma Berdaun Lebar Beserta Gambarnya yang bisa admin bagikan, mudah-mudahan dapat memberikan wawasan bagi anda semua, jika ada kesalahan dalam penyajian artikel ini mohon koreksinya ya sobat. Semoga bermanfaat.
Sponsored Links
Loading...
loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Loading...

Blog Archive