Cara Apakah Aman Menyemprot Gulma Menggunakan Pestisida ?

Sponsored Links
Menanggulangi gulma atau rumput liar yang tumbuh disekitar tanaman adalah hal yang harus kita lakukan jika ingin tanaman budidaya dapat tumbuh dengan maksimal. Karena apabila tanaman yang kita budidayakan ditumbuhi gulma atau rumput liar ini, jelas akan mengganggu pertumbuhan tanaman tersebut. Makanya diperlukan pencegahan dan penanggulangan gulma pada tanaman sedini mungkin. Gulma ini sendiri adalah sejenis tanaman liar yang tumbuh disekitar lahan ataupun disekitar tanaman yang dibudidayakan. Pada umumnya, gulma ini selalu tumbuh apabila kita menanam tanaman. Jadi apapun tanaman yang kita budidayakan pasti akan ada gulma yang tumbuh disekitar tanaman.

Menyemprot Gulma Menggunakan Pestisida
Untuk jenis dan klasifikasi gulma ini juga sangat banyak, pada postingan sebelumnya admin juga sudah menjelaskan tentang jenis-jenis gulma atau klasifikasi gulma yang sering mengganggu tanaman budidaya. Untuk mengingatkan anda kembali apa saja jenis-jenis gulma ini bisa anda baca pada postingan dibawah ini.

Menanggulangi gulma pada tanaman ini dapat dilakukan dengan beberapa cara, dan cara tersebut tergantung dari gulma itu sendiri. Karena masing-masing gulma memiliki karakter yang berbeda-beda, jadi ada gulma yang mudah dibasmi, dan ada juga gulma yang sulit untuk dibasmi. Pada umumnya para petani akan menggunakan racun rumput atau herbisida untuk membasmi gulma ini. Meskipun ada juga yang membasmi gulma dengan cara menebas, mencabut, dan cara sederhana lainnya. Lalu apakah aman membasmi gulma dengan menggunakan pestisida ? Apa saja dampak penggunaan pestisida rumput bagi tanaman ? 



Menyemprot Gulma Menggunakan Pestisida Apakah Aman Bagi Tamanan ?


Perlu diketahui bahwa pestisida merupakan bahan kimia yang digunakan untuk mengendalikan, atau membasmi organisme pengganggu seperti hama serangga, tikus, gulma ( rumput liar ), dan lain sebagainya. Selain itu pestisida ini juga memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda pada setiap jenis pestisida. Jenis-jenis pestisida ini sangat banyak, nah kalau untuk membasmi gulma atau rumput liar bernama herbisida. Jadi aman atau tidaknya menyemprot gulma dengan herbisida initergantung dari jenis herbisida yang kita gunakan. Selain itu tergantung bagaimana cara kita menggunakan herbisida tersebut untuk menyemprot gulma. Jadi cara menyemprot gulma dengan herbisida harus sesuai dengan anjuran.

Tetapi sebaik-baiknya membasmi gulma atau rumput liar menggunakan pestisida, akan lebih aman lagi jika kita membasmi dengan cara alami. Bisa dengan cara manual yaitu membersihkan gulma menggunakan alat pertanian seperti sabit, cangkul, tajak, dan lain sebagainya. Tapi itu semua tergantung pada anda sendiri apakah ingin cara alami atau tidak.

Mudah-mudahan informasi tentang Menyemprot Gulma Menggunakan Pestisida Apakah Aman Bagi Tamanan ini dapat memberikan manfaat dan wawasan bagi anda semua. Jika ada salah dalam penulisan ini mohon anda berikan masukan dan berkomentar dengan cara yang bijak. Semoga bermanfaat.
Sponsored Links
Loading...
loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Loading...

Blog Archive