Gulma Lahan Kering dan Lahan Basah Beserta Jenisnya

.
.
 Gulma adalah tumbuhan yang berjenis rumput yang tumbuh secara liar disekitar tanaman. Dalam budidaya tanaman, salah satu masalah yang sering mengganggu adalah tumbuhnya gulma atau rumput liar ini disekitar tanaman tersebut. Jika gulma tidak segera ditanggulangi akan mengakibatkan tanaman yang kita tanam tidak dapat tumbuh maksimal. Bagaimana bisa tumbuh maksimal jika disekeliling tanaman tumbuh gulma yang cukup banyak, bahkan jika kita memupuk tanaman malah gulma tersebut yang akan menjadi subur. Ada banyak jenis-jenis gulma dalam pertanian maupun perkebunan. Mungkin anda juga sudah tahu bentuk-bentuk gulma dan segala jenisnya, tapi tidak tahu apa nama dari gulma tersebut. Untuk menambah wawasan anda semua tentang klasifikasi gulma, maka dasar-pertanian akan membagikan informasi terkait jenis-jenis gulma dan klasifikasinya.
Image result for gulma
Namun sebelum kita masuk pada intin artikel ini, apakah anda semua sudah tahu apa pengertian dari gulma ini? Gulma yang selama ini kita sebut rumput liar juga memiliki defenisi dan pengertian. Pada postingan sebelumnya admin sudah menjelaskan tentang pengertian dari gulma tersebut. Jika anda belum mengetahuinya bisa anda baca pada link dibawah ini.

Adapun klasifikasi dan jenis-jenis gulma ini dibuat untuk mempelajari apa saja ciri-ciri gulma yang selalu mengganggu tanaman budidaya, bagaiamana pula karakteristik dari gulma ini, serta pembagian gulma berdasarkan morfologinya, sehingga dengan kita tahu jenis dan karakteristik gulma tersebut kita dapat mudah untuk menganggulanginya. Baiklah berikut ini merupakan Klasifikasi dan Jenis-Jenis Gulma yang perlu kita ketahui.


Klasifikasi dan Jenis-Jenis Gulma


Pada kesempatan kali ini yang akan kita bahas adalah Klasifikasi dan Jenis gulma berdasarkan Morfologi serta Biotani. Jenis gulma tersebut antara lain gulma dari golongan rumput ( grasses ) yang masih satu famili dengan poaceae, gulma dari golongan teki ( sedges ) termasuk famili cyperaceae, dan gulma golongan daun lebar ( broadleaves/herbaceous ).

1. Jenis gulma golongan rumput ( grasses )

Gulma jenis rerumputan ini yang sering kita temui pada tanaman semusim seperti cabe, jagung, kedelai, dan lain-lain. Karena jenis gulma ini sangat mudah sekali tumbuh pada area atau lahan yang digarap dan tanah yang subur dan gembur. Adapun contoh gulma dari golongan rumput ini antara lain :
  • Rumput alang-alang ( Imperata cylindrica )
  • Rumput japang ( Paspalum conjugatum bergm)
  • Cynodon dactylon
  • dan masih banyak lainnya.

2. Jenis gulma gologan teki ( sedges )

Gulma jenis teki ini masih satu keluarga dengan Cyperaceae, yang bentuk batangnya berbentuk segitiga, atau kadang-kadang bulat serta tidak memiliki rongga.

3. Jenis gulma gologan daun lebar ( Broadleaves )

Untuk jenis gulma dari golongan daun lebar ini juga banyak dan beragam, dan sering juga kita jumpi pada tanaman budidaya. Yang jelas daun dari gulma ini lebar-lebar dan umumnya merambat. Namun ada juga yang tidak merambat pada tanaman.

Itulah sedikit penggolongan tentang Klasifikasi dan Jenis-Jenis Gulma, mudah-mudahan artikel singkat ini bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.
Sponsored Links
loading...
Loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive