Cara Mudah Menanam Sirih Merah Dengan Mudah Melalui Stek

Sponsored Links
Sirih merah adalah tanaman obat keluarga yang masih sejennis dengan tanaman sirih. Tanaman obat ini memiliki banyak khasiat dan manfaat, antara lain pengobatan penyakit dalam dan penyakit yang berkaitan dengan organ tubuh. Kandungan Sirih merah yang kaya akan antioksidan dan senyawa tannin memiliki manfaat dalam sterilisasi atau membunuh bakteri dan kuman.

sirih merah

Banyak cara menanam sirih merah, budidaya melalui stek dan runduk adalah yang paling populer untuk perbanyakan tanaman obat ini. Bagi Anda yang mungkin ingin mencoba menanam dan budidaya sirih merah, cobalah dengan teknik stek. Cara ini adalah cara yang paling mudah untuk pemula.

Berikut adalah cara menanam sirih merah dengan stek. Pertama, sediakan media tanam untuk stek berupa campuran tanah dan pasir beserta kompos. Perbandingan dari tanah, kompos dan pasir adalah 3:1:3. Setelah semua dicampur dengan rata, masukkan media yang sudah dicampur tadi ke dalam polybag yang berdiameter 10 cm yang pada bagian bawahnya sudah diberi lubang drainase, atau dapat juga menggunakan bekas botol atau gelas minuman air mineral.

Pilihlah batang sirih yang dewasa dan tua. Lalu potong batang sirih kira – kira seukuran dua ruas. Harap jangan asal potong. Sebaiknya batang yang dijadikan bibit dan sudah diplih telah memiliki 2 -3 lembar daun. Rendam potongan batang yang tadi ke dalam wadah air biasa, kira-kira selama 15 menit lalu angkat dan tiriskan. Selanjutnya masukkan benih stek ke dalam media tanam tadi yang sudah disediakan. Letakkan benih stek yang sudah ditanam di tempat yang teduh. Dengan intensitas sinar matahari kira - kira 60 persen saja.

Untuk budidaya cara runduk agak susah, yaitu pilih batang sirih yang sekiranya sudah panjang, kemudian cukup diletakan di tanah atau pada media yang sudah kita siapkan. Setelah lewat beberapa minggu, akar nantinya akan tumbuh, dan batang pun sirih siap di potong.

Stek air adalah cara yang paling mudah. Cukup dengan memotong batang sirih, kemudian batangnya anda rendam di air biasa sampai akarnya tumbuh. Tapi cukup dengan batangnya saja yang di rendam, dan jangan dengan daun sirihnya karena nantinya akan terjadi pembusukan. Setelah siap, bibit stek air bisa kita masukan pada botol bekas air mineral.
Sponsored Links
Loading...
loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Loading...

Blog Archive