4 Cara Mudah Menanam Ubi Kayu / Singkong Berbuah Banyak dan Besar

Sponsored Links
CARA MENANAM UBI KAYU YANG BENAR

Masyarakat Indonesia memang sudah sangat akrab dengan makanan yang satu ini, singkong. Singkong atau yang sering disebut dengan ubi kayu sering diklaim sebagai makanan kedua setelah nasi sebagai makanan yang kaya akan kandungan karbohidrat. 

Cara menanam singkong memanglah tidak terlalu sulit, asalkan ada lahan disitu singkong bisa tumbuh. Saking mudahnya hidup, kayu singkong kita letakkan ditanah saja bisa tumbuh tunas-tunas baru. Memang asal tancap kayu singkong saja memang sangat bisa tumbuh tanaman singkong tersebut. Namun tetap saja pertumbuhan singkong tersebut kurang maksimal, cara menanam singkong yang benar akan membuat pertumbuhan singkong tersebut lebih optimal. Nah bagaimana cara menanam singkong dengan baik? 

Cara menanam singkong dengan baik akan kita ulas dibawah ini. Cara Menanam Singkong Dengan Benar Inilah beberapa langkah cara menanam singkong dengan benar : 
  • 1. Persiapan Bibit Bibit singkong adalah dengan batangnya, batang yang baik untuk bibit adalah batang yang berdiameter sekitar 2-3 cm. Potonglah batang yang akan dijadikan bibit dengan panjang berkisar antara 15 – 22 cm dengan menggunakan sabit steril, jangan memotong menggunakan gergaji, 
  • 2. Persiapan Lahan dan Penanaman Gemburkan lahan yang akan ditanami terlebih dahulu dengan cara mencangkulnya dan biarkan tanahnya tetap disana (dibuat gudukan). Campurkan tanah humus/pupuk kandang secukupnya. Boleh dicampur sedikit sampah organik seperti dedaunan agar nantinya dapat menjadi kompos. Setelah tanah digemburkan, tancapkan batang/bibit tersebut ke tanah yang telah digemburkan, siram air bila perlu. Ingat, penanamannya tidak boleh terbalik mata tunasnya, mata tunasnya harus menghadap keatas. Tanam dengan jarak 100 cm x 100 cm. Ini adalah cara menanam singkong yang baik. 
  • 3. Perawatan Perawatan tanaman singkong memang cukup mudah, cukup bersihkan tanaman hama yang tumbuh dan mengganggu disekelilingnya. Lakukan penyiraman dengan teratur dan berikan pupuk yang cukup. Pemupukan bisa dilakukan 2 kali yaitu pada umur empat hari dengan pupuk NPK sebanyak 200 kg/ha, pemupukan yang kedua adalah setelah berumur 3 bulan dengan NPK dengan jumlag 300 kg/ha. 
  • 4. Pemanenan Singkong berada pada akarnya. Pemanenan dilakukan setelah sekitar pohon singkong berumur 8 – 10 bulan. Untuk konsumsi sanda bisa memanennya sekitar 8 – 9 bulan tetapi untuk industri diambil tepungnya sebaiknya pemanenen sekitar umur 10 bulan. Cara memanennya adalah dengan memangkas batangnya terlebih dahulu dengan menyisakan 15 cm untuk pegangan mencabutnya. 
Anda dapat menggali dengan linggis dan tangan, hindari mengguanakan cangkul karena dapat melukai kulit singkong. Cara menanam singkong memanglah sederhana, setiap batang yang ditancapkan ke tanah biasanya langsung akan tumbuh setelah beberapa hari. Akan tetapi cara menanam singkong yang benar akan membuahkan hasil yang optimal. 
sumber artikel ini disarikan dari http://klikpintar.com/
Sponsored Links
loading...
Loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive