Loading...

Wow Dibalik khasiat jus, ternyata ada aturan yang harus diikuti saat meminumnya

Sponsored Links
.
Loading...
Dibalik khasiat jus, ternyata ada aturan yang harus diikuti saat kita meminumnya -  Buah merupakan salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan juga mineral kita yang bermanfaat untuk  meningkatkan kekebalan tubuh kita dari berbagai penyakit. Tetapi, jangan salah ya agar tubuh tetap mendapatkan manfaat yang maksimal, ternyata, minum jus ada aaturannya loh agar jus yang kita minum bernilai maksimal bagi kesehatan tubuh kita.

Copyright by happydietitian.wordpress.com


Dengan Minum jus dapat membantu kita untuk memperoleh manfaat dari buah dengan cara yang praktis. Kita dapat memperoleh khasiat dari berbagai buah tanpa harus memakannya satu per satu. Dengan buah dibuat jus jugaTubuh jadi lebih mudah untuk menyerap nutrisi yang ada pada jus. Sehingga, jus ini menjadi minuman yang sehat dan sangat praktis.

Aturan Penting saat Minum Jus
Pengolahan jus yang kurang benar, waktu minum jus yang tidak tepat atau cara pandang yang salah terhadap jus maka akan membuat manfaat jus ini jadi berkurang. Agar minuman segar ini tidak menjadi sia-sia, maka ada beberapa aturan dalam minum jus yang harus kita perhatikan antara lain:

1. Jus asam bukan untuk pagi hari
Senang membuka hari Anda dengan minum jus segar di pagi hari? Hemmmm paati enakkkk tuh !! Memang, pagi hari adalah waktu yang paling tepat dan pas untuk minum jus, karena jus buah ini mengandung banyak air dan serat yang dapat berguna untuk membantu melancarkan pencernaan. Agar anda tidak sakit perut, maka hindarilah buah-buahan asam untuk jus di pagi hari. Jadi pilihlah buah seperti Pisang, pepaya, apel atau wortel untuk jus anda di pagi hari.

2. Jus bukan pengganti makanan
Saat kita sedang diet atau untuk menjaga kesehatan, maka kita boleh saja mengganti makan malam Anda dengan segelas jus. Tetapi, bukan berarti juga kali sarapan dan makan siang nanti juga bisa hanya dengan minum jus dengan maksud menurunkan berat badan. Karena sesungguhnya Kebutuhan nutrisi tetaplah harus dipenuhi dari makanan lain. Buah-buahan tidaklah akan dapat memenuhi kebutuhan 1.800 kkal, ini merupakan jumlah minimum kalori yang harus dipenuhi dalam sehari. Akibatnya, jika kita memaksakan untuk tidak makan yang lain maka kekebalan tubuh kita akan melemah.

Walau hasilnya nanti  berat badan mungkin dapat turun dengan drastis tetapi nantinya akan cepat naik juga saat makan dengan pola yang sama seperti  semula. Karena minum jus ini tidaklah mengurangi lemak, ini hanya mengurangi air dalam tubuh saja.

3. Jus bukanlah pengganti buah
Dengan kita Terus-menerus mengkonsumsi jus, tanpa mengkonsumsi buah secara langsung itu tidak baik. Mengapa ?? Karena Ini justru dapat meningkatkan berat badan anda. Perlunya tetap mengkonsumsi buah segar ini bermanfaat bagi lambung, karena pada saat proses mengunyah, lambung akan bekerja dan membakar kira-kira 20 kkal. Jadi, tetaplah konsumsi buah segar, karena tidak seluruhnya dapat diganti dengan jus.

4. Jus diminum beserta ampasnya
Jika Anda membuat jus dengan menggunakan juicer, maka ampasnya nantinya akan tterpisah dengan airnya . Tapi anpas ini juga ada manfaatnya loh ternyata, Walau mungkin terasa tidak enak, tapi jangan buang ampas buah yang telah terpisah ya. Jika menggunakan blender, maka jangan saring untuk mendapatkan airnya saja, biarkan ampas tetap tercampur dan diminum. Karena Pada ampas buah ini juga masih terdapat serat dan vitamin dan hal ini sangat bermanfaat bagi tubuh

5. Jus jangan disimpan dalam waktu lama
Jus yang telah kita dibuat sebaiknya segera diminum. Membuat jus yang baru kemudian diminum pada siang atau sore hari maka akan menurunkan manfaat dari jus itu sendiri. Vitamin yang ada pada jus dapat dirusak oleh oksigen dan sinar ultraviolet yang ada di sekitar kita. Jika tidak bisa mengkonsumsi jus secara langsung, maka anda  dapat menyiasatinya dengan cara membuat jus sedingin mungkin, kemudian disimpan dalam termos alumunium yang tertutup rapat. Kondisi dingin dan perlindungan dari cahaya maka akan membantu mempertahankan vitamin yang ada pada jus setidaknya selama 4 jam.

6. Jus tidak selalu rendah kalori
Tidak berarti semua jus buah itu  rendah kalori dan akan membantu diet Anda. Buah seperti alpukat, nangka dan durian adalah buah-buahan dengan kalori cukuo tinggi, yaitu sekitar 200 kkal. Jika kita menginginkan jus dengan jumlah kalori rendah, maka anda dapat memilih buah jeruk, apel, melon, semangka atau pir yang kandungan kalorinya hanya sekitar 80 kkal. Jika anda memiliki berat badan yang berlebih, maka sebaiknya pilih jus buah dengan kadar  kalori rendah.

7. Jus tidak selalu harus buah

Selain buah-buahan, Sayur-sayuran juga dapat dibuat menjadi jus. Rasa pahit pada sayuran ini dapat diatasi dengan mengkombinasikan sayuran dengan buah, sehingga rasanya bisa jauh lebih segar.

Tidak hanya sayur, jus juga dapat merupakan kombinasi dari buah dan juga rempah-rempah. Misalnya saja dengan menambahkan jahe yang dapat berfungsi menghangatkan tubuh juga menambah daya tahan tubuh. Dapat juga tambahkan sedikit kayu manis pada jus Anda.

8. Jus menggunakan buah-buahan segar
Agar mendapatkan khasiat yang maksimal dari jus maka gunakanlah buah atau sayuran yang masih dalam kondisi segar. Jangan karena melihat buah atau sayur mulai layu, lalu karena sayang akhirnya dibuat jus. Karena Ini akan membuat kualitas jus tersebut malah berkurang.

9. Jus dengan berbagai variasi

Jangan hanya kita membuat jus dari buah yang itu-itu saja. Misalnya, karena menyukai buah jeruk, maka setiap hari jus yang diminum hanyalah jus jeruk saja. Maka Gantilah dengan buah lain yang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang berbeda agar tubuh memperoleh manfaat yang kompleks. Mengkombinasikan berbagai macam buah dalam satu gelas jus itu merupakan cara paling praktis agar tubuh kita memperoleh beberapa manfaat hanya dalam satu kali teguk. Campuran jeruk dan apel, pisang dan apel, wortel dan tomat atau apel dan anggur merupakan kombinasi yang dapat dicoba karena memberi beberapa manfaat sekaligus.

10. Jus dengan tambahan gula, madu atau susu

Untuk menambah kenikmatan jus, maka biasanya kita akan menambahkan gula, madu atau susu. Ada beberapa aturan Jika ingin menambahkan jus tersebut dengan gula, maka sekarang cobalah ingat-ingat dulu sebentar, sudah berapa banyak kah gula yang Anda konsumsi dalam hari ini. Jadi ada baiknya kita gunakan saja susu low fat jika ingin menjaga berat badan dan agar lemak tidak berlebih.

11. Pilih Jus yang Tepat

Mengkonsumsi segelas jus dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi masalah kesehatan yang Anda hadapi. Maka Pilihlah buah sesuai kebutuhan tubuh atau untuk membantu mengurangi masalah kesehatan Anda. Misalnya, untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau mengencerkan dahak maka anda dapat membuat jus belimbing. Jus tomat untuk membantu mengontrol gula dalam tubuh. Sedangkan campuran mentimun dan wortel untuk mengatasi keluhan rematik.

Dengan mengikuti aturan yang benar saat kita minum jus, maka minuman sehat ini akan semakin terasa manfaatnya bagi tubuh kita.
Semoga bermanfaat...

Sponsored Links
Loading...
loading...
Flag Counter