Mengenal Penyakit Kolesterol Dan Pengobatannya Dalam Kehidupan Sehari-Hari

.
.
Penyakit kolesterol dan pengobatannya – Tanpa Anda sadari sebenarnya ada banyak jenis penyakit yang bisa menghampiri tubuh Anda dan siap untuk masuk jika Anda lengah sedikitpun. Salah satunya adalah kolesterol yang bisa dengan mudah naik karena makanan yang Anda konsumsi. Penyakit kolesterol selalu diidentikan dengan penyakit orang tua, padahal kolesterol tinggi bisa terjadi pada siapa saja terutama karena faktor gaya hidup yang tidak menjaga pola makan dan jarang berolahraga.

Lalu jika sudah tinggi kolesterolnya bagaiman cara mengobatinya? 

Tips Kesehatan, Apa yang dimaksud kolesterol, macam-macam kolesterol, Kadar kolesterol yang normal, cara menurunkan kadar kolesterol,
Mengobati kolesterol, lebih tepatnya adalah menurunkan kadar kolesterol dalam darah bisa dilakukan dengan cara yang mudah mulai dari mengkonsumsi makanan yang sehat sampai obat dari dokter. Agar Anda lebih waspada terhadap kolesterol sendiri, berikut adalah informasi mengenai penyakit kolesterol dan pengobatannya.


Kolesterol Dalam Kadar Yang Normal Justru Berguna Bagi Tubuh

Kolesterol sebenarnya adalah zat lemak yang disebut dengan lipid dan bisa diproduksi secara alami oleh tubuh yaitu di hati. Kolesterol yang diproduksi oleh hati nantinya akan disalurkan ke sel-sel tubuh yang membutuhkannya sebagai makanan. Selain berasal dari hati sendiri, lipid juga bisa didapatkan dari makanan yang Anda makan.

Inilah yang sering menyebabkan kelebihan kadar kolesterol di dalam darah dan disebut dengan hiperlipidemia. Sebagian orang mengeluhkan tubuh yang terasa tidak enak dan lemas serta pusing ketika kadar kolesterolnya tinggi. Tapi secara umum tidak ada gejala yang timbul dari kolesterol tinggi namun secara diam-diam ia bisa meningkatkan resiko terkena penyakit jantung.

Kolesterol Baik dan Kolesterol Jahat

Memahami penyakit kolesterol dan pengobatannya Anda harus tahu bahwa ada dua jenis kolesterol di dalam darah yaitu yang baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Apa yang dimaksud dengan kolesterol baik dan jahat? Kolesterol umumnya terdapat pada protein yang kemudian ditransportasikan oleh darah melalui pembuluh darah dan biasa disebut dengan lipoprotein. Lipoprotein baik atau HDL adalah lipoprotein dengan kepadatan yang tinggi. Ia akan dibawa darah untuk membawa kolesterol dari sel-sel di dalam tubuh kemudian kembali ke hati. Lalu hati akan menghancurkan kolesterol tersebut dan membuangnya bersama dengan kotoran.
Sedangkan untuk Lipoprotein jahat atau LDL adalah lipoprotein dengan kepadatan yang rendah. Karena kepadatan yang rendah, sisa kolesterol yang ada akan mengendap pada dinding-dinding arteri atau pembuluh darah dan bukannya masuk kembali ke hati untuk dihancurkan. Adanya endapan pada dinding arteri bisa menyebabkan berbagai penyakit karena aliran darah yang tidak lancar. Antara lain adalah penyakit jantung, stroke, dan penyakit lainnya karena sel-sel di dalam tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang baik akibat dari saluran transportasi yang macet.

Tips Menurunkan Kadar Kolesterol Darah

Penyakit kolesterol dan pengobatannya bisa Anda atasi dengan cara yang sederhana. Dengan kadar kolesterol yang turun maka resiko terkena penyakit bahaya lain tentu juga akan turun. Berikut adalah tipsnya:

  • Makan dengan porsi lauk masing-masing sebesar genggaman tangan sendiri. Lauk yang dimakan tentu harus memenuhi keseimbangan gizi, agar porsinya tidak berlebihan Anda bisa menggunakan tangan Anda sendiri untuk mengukurnya.
  • Lebih banyak mengisi piring dengan sayur dan buah daripada makanan berlemak seperti daging, makanan bersantan, dan makanan manis. 
  • Makan ikan laut dua sampai 3 kali seminggu karena ikan laut seperti salmon, tuna, trout, dan sarden kaya akan asam lemak omega-3 yang bisa menurunkan kadar kolesterol.
Demikian adalah sekilas mengenai penyakit kolesterol dan pengobatannya. Tentunya selain cara pencegahan kolesterol di atas, masih ada pengobatan kolesterol secara alami dengan cara mengkonsumsi buah-buahan.

Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Blog Archive