Mau Cempedak Manis dan Lebat, Ini Cara Menanamnya

.
.
Cara Menanam Pohon Buah Cempedak Yang Benar - Buah cempedak merupakan buah yang memiliki bentuk dan aroma yang mirip dengan nangka, namun kedua jenis buah ini sebeenarnya berbeda. Perbedaan Buah Cempedak dengan Buah nangka adalah buah cempedak relatif lebih kecil dibanding buah nangka, dan daging buah cempedak juga lebih kecil dan berbentuk relatif bulat, aroma buah cempedak lebih tajam dibanding buah nangka. Budidaya pohon buah cempedak agar cepat berbuah dan menghasilkan buah yang lebat dapat dilakukan dengan cara yang sama dengan cara menanam pohon buah nangka. Saat ini banyak juga yang mengkawinkan campedak dan nangka yang disebut dengan nangkadak, buah nangka dengan rasa cempedak.

Budidaya pohon cempedak agar cepat berbuah dapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut:

Menyiapkan Bibit Cempedak

Pembibitan buah cempedak yang paling sering dilakukan adalah melalui bijinya, yaitu dengan melakukan penyamaian biji campedak dari buah cempedak yang tua dan matang. Sebelum melakukan penyemaian, biji cempedak harus dibersihkan dari dagingnya yang masih tersisa dan juga lendir-lendir yang terkandung dalam kulit bijinya. Pembersihan dapat dilakukan dengan mencuci dan menjemur biji dibawah sinar matahri sekitar 2 jam saja.

Siapkan media semai berupa polybag yang diisi dengan campuran tanah dan pupuk kandang, jumlah polybag disesuaikan dengan jumlah bibit yang akan disemai. Pada saat penyemaian, 1 polybag hanya untuk 1 biji cempedak saja.

Sebelum dilakukan penyemaian, biji cempedak sebaiknya direndam kembali dalam air hangat dan biarkan selama 2 hari di dalam rendaman air. Angkat dan tiriskan biji cempedak tersebut, benamkan biji cempedak ke media semai yang telah disiapkan. Lakukan penyiraman sehari sekali pada sore hari. Biarkan sampai bibit cempedak tumbuh dan mencapai tinggi batang 60cm-70cm atau diameter batang sekitar 1,5cm untuk siap ditanam ke lahan tanam permanen.

Jika anda menginginkan pohon cempedak yang cepat berbuah, maka penyiapan bibit sebaiknya dilakukan dengan okulasi. Namun tingkat keberhasilannya cukup rendah, mengingat kandungan getah pada pohon cempedak cukup banyak. Lakukan okulasi dengan cara yang benar seperti cara menanam pohon srikaya.

Apabila anda tidak ingin repot, beli saja bibit buah cempedak di kios-kios yang menjual bibit tanaman buah dan bibit bunga. Carilah bibit yang dibudidayakan dari hasil okulasi atau sambung pucuk, biasanya ditandai dengan adanya bekas sayatan di kulit pohonnya. Biarkan selama 2 minggu bibit hasil pembelian, agar menyesuaikan dengan lingkungan sekitar.

Menyiapkan Lahan Tanam Buah Cempedak

Pohon cempedak dan pohon nangka adalah pohon yang memerlukan ruang tumbuh, serta bentuk batangnya yang rindang. Sehingga lahan tanam untuk pohon campedak sebaiknya lahan yang relatif luas, dan jauhkan dari bangunan rumah, dikhawatirkan akar pohon cempedak dapat merusak struktur bangunan rumah.

Buatlah lubang tanam dengan ukuran 60cm x 60cm dengan kedalaman sekitar 50cm - 60cm, isi lubang tanam dengan pupuk kandang sampai 1/2 bagian terisi. Biarkan lubang selama 3 minggu sebelum ditanami agar unsur hara dalam pupuk kandang meresap sempurna dalam tanah.

Jika pohon buah cempedah akan dibudidayakan dalam jumlah yang banyak, maka buatlah lubang tanam dengan ukuran yang sama pada jarak sekitar 10-12meter dari lubang yang sebelumnya.

Menanam Bibit Pohon Cempedak

Setelah bibit siap tanam, maka langkah selanjutnya adalah memindahkan bibit pohon cempedak dekat lubang tanam yang telah dibuat. Robek polybag semaian secara perlahan agar tanah semaian tidak hancur, kemudian masukkan pangkal bibit cempedak ke dalam lubang tanam yang telah disediakan. Tutup  lubang dengan tanah sisa galian yang ada di dekat lubang. Padatkan dengan cara menginjak secara perlahan-lahan. Lakukan penyiraman setelah semua bibit nangka selesai ditanam.

Penanaman cempedak sebaiknya dilakukan pada awal musin hujan agar tidak perlu repot melakukan penyiraman.

Merawat Pohon Cempedak 

Perawatan yang dilakukan adalah dengan melakukan penyulaman pada bibit yang mati dan membersihkan rumput atau tanaman perdu yang tumbuh disekitar pohon cempedak, kemudian lakukan pemupukan ulang pada umur tanaman sekitar 6 bulan dengan menggunakan pupuk kandang.

Masa Panen Buah Cempedak

Pohon cempedak yang dibudidayakan dari biji, akan menghasilkan buah pada umur tanaman sekitar 7-10 tahun, namun jika bibit cempedak hasil okulasi akan menghasilkan buah pada umur 5 tahun. Pemanenan dilakukan jika buah sudah masak yang ditandai dengan muncul bau harum dan juga jika dipukul menggunakan telapak tangan akan menghasilkan bunyi yang berbeda dengan saat masih muda..

Itulah beberapa langkah sederhana cara menanam pohon buah cempedak yang benar dari biji dan secara okulasi agar cepat menghasilkan buah. Saat ini sudah banyak dikembangkan bibit pohon nangkadak (nangka dan cempedak) yang dapat ditanam dalam pot sebagai tanaman buah dalam pot (tabulampot) yang  dapat menghasilkan buah dalam usia tanam sekitar 2-3 tahun saja. Tentunya ini menjadi kabar baik bagi para pecinta tanaman, tidak perlu menunggu terlalu lama untuk dapat menikmati pohon cempedak yang cepat berbuah.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive