Jangan Pernah Remehkan Tempe dan Tahu, Banyak Manfaat Tersembunyi di Dalamnya

.
.
Bismillah...


Makanan Rakyat Yang Naik Kelas, Tempe dan Tahu.

Manfaat Tempe dan Tahu. Tahu dan tempe adalah produk makanan yang diolah dengan bahan dasar kacang kedelai. Tahu diolah sedemikian rupa dengan cara menggiling kedelai dengan alat gilingan tahu dan kemudian menyaring sarinya dengan saringan tahu sedangkan tempe diolah dengan memberikan jamur tempe pada kacang kedelai.

Tahu dan Tempe

Jika pada kacang kedelai sudah lama diketahui manfaatnya, lantas bagaimana dengan produk olahannya adakah manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita?

Dulu, mereka yang sering mengonsumsi tahu dan tempe sering diolok-olok sebagai "wong ndeso" bahkan ada yang lebih menyakitkan lagi ada yang tega mengumpat dengan kata-kata yang sangat merendahkan seperti "dasar generasi tempe" dan lain-lain. Tetapi biarlah, itu adalah masa lalu karena sekarang, tempe bukanlah makanan kelas bawah lagi. Seiring berkembangnya pengetahuan dan banyaknya penelitian terhadap tahu dan tempe maka semakin terkuak banyaknya manfaat kesehatan yang tersembunyi pada tahu dan tempe ini.

Berikut secara singkat manfaat kesehatan yang terdapat pada tahu dan tempe:

Tahu dan Tempe menurunkan resiko serangan Jantung
Ternyata manfaat dari kacang kedelai yang memiliki lemak tak jenuh masih terdapat juga pada tahu. Seperti diketahui lemah tak jenuh sangat baik bagi kesehatan termasuk kesehatan jantung. Kedelai juga mempunyai peran sebagai sumber antioksidan yang ternyata juga masih terdapat pada produk tahu dan tempe sehingga sangat bermanfaat untuk menurunkan resiko serangan jantung.

Konsumsi Tempe dan Tahu Mencegah Serangan Osteoporosis
Kandungan fosfor dan kalium pada tempe dan tahu mencegah timbulnya penyakit osteoporosis ayau pengeroposan tulang yang umumnya menyerang pada manula yang berusia diatas 60 tahun. Konsumsi tahu dan tempe membantu menurunkan resiko terserang osteoporosis pada para manula.

Ingin Diet?, Manfaatkan Tahu dan Tempe!
Tahu dan tempe terbukti sangat bagus untuk membantu menurunkan berat badan pada program diet anda. Kandungan serat pada tempe dan tahu membantu melancarkan proses pencernaan anda, mengurangi sembelit dan tentunya hal ini akan sangat bermanfaat bagi program diet anda.

Tahu makanan non kolesterol jika diolah secara tepat
Cara terbaik mengkonsumsi tahu adalah dengan mengukus atau merebusnya. Sedangkan dengan digoreng kurang dianjurkan karena penyerapan minyak goreng pada tahu menjadikan lemak pada tahu akan meningkat tajam dan tentunya mengkonsumsi gorengan terlalu banyak juga kurang baik bagi kesehatan anda.

Tempe Bagus Untuk Anemia
Kandungan mineral dan zat besi pada tempe mampu membantu mencegah anemia.

Tempe Bisa Menekan Kolesterol Jahat
Mengkonsumsi tempe secara rutin ternyata mampu menekan kolesterol jahat dalam darah.

Tempe untuk meningkatkan daya tahan tubuh
Kandungan antioksidan dan vitamin B dalam tempe bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun dan daya tehan tubuh terhadap serangan penyakit.

Tempe dan Tahu Mencegah Timbulnya Kanker
Kandungan serat yang tinggi pada tempe dan tahu serta kandungan antioksidannya mampu melawan radikal bebas penyebab tumbuhnya sel-sel kanker.

Demikian beberapa manfaat penting pada tahu dan tempe yang selayaknya tidak anda abaikan.

Silahkan sebarkan dan bagikan artikel ini jika bermanfaat. Terima kasih.

Alhamdulillah
Sponsored Links
loading...
Loading...
.