Tips Cara Menanam Daun Salam Serta Manfaatnya Sebagai Obat Alami Diabetes, Hipertensi dan Asam Urat

.
.
Manfaat Daun Salam dan Cara Menggunakan Resep Daun Salam untuk Mengobati Berbagai Penyakit Secara Alami
Daun Salam. Tanaman pohon Salam, terutama daunnya adalah termasuk bumbu penyedap yang sangat diperlukan dalam berbagai aneka masakan untuk meningkatkan citarasa masakan juga untuk mengurangi bau amis pada masakan yang berbahan ikan. Untuk masakan yang berkuah, daun salam memberikan tambahan aroma harum pada masakan sehingga bisa membangkitkan selera.
Tips Cara Menanam Pohon Salam
Menanam pohon salam sebenarnya bukan hal yang sulit. Pohon salam bisa ditanam atau diperbanyak dengan biji, dengan stek pucuk dan tentu saja dengan cangkok. Cara menanam dengan biji dan cangkok tentu sudah banyak yang tahu caranya seperti tanaman/pohon lainnya.
Ada sedikit tips cara menanam pohon salam dengan stek pucuk dari ranting atau cabang pohon salam.
Pertama pilihlah ranting pohon salam yang baik dan terlihat sehat.
Siapkan media tanamnya yang bisa berupa kompos dan tanah tempatkan pada polybag.
Selanjutnya potong ranting pohon  salam yang sudah kita pilih tadi, kurangi daunnya dengan menyisakan 2 - 3 lembar daun saja.
Tancapkan ranting pada media tanam dan letakkan pada tempat yang teduh dan jika perlu bisa ditutup plastik. Pertahankan media tanam tetap lembab jangan sampai kekeringan.
Tips mempercepat perakaran, sebelum ditancapkan olesi terlebih dahulu pangkal ranting dengan air bawang merah atau bisa dengan obat perangsang akar yang bisa dibeli di toko pertanian.
Demikian tips mudah menanam pohon salam dengan stek ranting salam.
Sedangkan untuk menanam dari biji anda tinggal ambil buah salam yang benar-benar tua atau masak di pohon, keluarkan bijinya, jemur sebentar dibawah sinar matahari dan setelah kering bisa langsung anda semai di media tanam kompos plus tanah.
Beberapa Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan
Meningkatkan dan menjaga kekebalan tubuh
Manfaat pertama dari  daun salam adalah dapat berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit yang menyerang sistem imun.
Daun salam memiliki kandungan linalool, yang merupakan senyawa yang banyak ditemukan dalam minyak aromaterapi.
Daun Salam Sumber asam folat.
Seperti diketahui bahwa  asam folat adalah nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk membantu tumbuh kembang janin dalam kandungan terutama tumbuh kembang otak dan syaraf. Asam folat juga berfungsi mencegah keguguran dan kelahiran prematur. Dan ternyata dalam 100 gram daun salam mengandung sekitar 180 mg atau 45 % dari kebutuhan asam folat harian anda (dari yang direkomendasikan). Folat sangat diperlukan terutama pada masa kehamilan untuk mencegah cacat tabung saraf pada bayi.
Daun salam sebagai Anti inflamasi.
Pada daun salam terkandung semacam minyak yang bisa berfungsi sebagai anti inflamasi. Minyak dari daun salam dapat dijadikan sebagai obat pijit yang bermanfaat untuk membantu mengurangi nyeri sendi dan otot, termasuk rasa sakit radang sendi.
Bagus untuk penderita diabetes.
Sifat antioksidan daun salam dapat membantu mengobati penyakit diabetes, dengan cara membantu tubuh untuk memproses insulin secara efisien.
Minyak daun salam bermanfaat sebagai Antiseptik.
Minyak dari daun salam memiliki manfaat untuk mencegah infeksi yang diakibatkan oleh luka sehingga mencegahya dari titanus terutama luka yang disebabkan oleh benda seperti besi, sifat antiseptik yang dimiliki daun salam juga dapat melindungi luka terhadap infeksi tersebut dan menghambat pertumbuhan bakteri. Sehingga daun salam juga merupakan antibiotik alami.
Daun salam mampu memperbaiki kondisi pencernaan yang terganggu
Daun salam juga dapat digunakan sebagai obat kembung, perut bergas dan masalah lainnya terkait dengan pencernaan.
Daun salam sebagai Analgesik alami.
Minyak daun salam dapat mengurangi rasa sakit, dan sangat efektif dalam membantu mnegobati nyeri akibat batuk dan pilek, infeksi virus, dan keseleo. Daun salam merupakan analgesik alami yang tidak memiliki efek samping yang berbahaya bagi kesehatan, tidak seperti pil analgesik yang tersedia di pasar, yang menyebabkan kerusakan pada jantung, sistem pencernaan, dan sistem saraf.
Daun Salam Sumber Nutrisi
Kandungan nutrisi pada daun salam diantaranya adalah vitamin A, vitamin C, zat besi, mangan, kalsium, kalium dan magnesium. Semua nutrisi tersebut memiliki peran yang sangat penting di dalam tubuh kita sehingga mengkonsumsi daun salam atau menggunakan minyak daun salam memberikan manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan.
Daun Salam Membantu Menyehatkan Jantung
Senyawa seperti asam caffeic, salisilat dapat bekerja dalam mencegah pembentukan plak di arteri dan menurunkan risiko aterosklerosis, stroke dan serangan jantung. Daun salam juga dapat melancarkan sirkulasi darah yang tepat ke jantung dan bagian lain dari tubuh.
Daun Salam Untuk Obat Kutu Rambut Alami
Cara pemakaian daun salam untuk obat kutu rambut adalah rebus sekitar 50 gram daun salam yang sudah dihancurkan dalam 400 ml, tunggu hingga air tersebut tersisa kira-kira ¼ dari jumlah tadi. Gunakan ramuan dari daun salam tersebut untuk membasuh rambut kepala anda sampai dengan ke akarnya. Tunggu selama 3 sampai 4 jam kemudian bersihkan dengan air. Cara tersebut memiiki manfaat untuk mengusir kutu dari kepala anda sekaligus membuat rambut anda terlihat lebih hitam. Ini juga membantu mengusir ketombe pada rambut anda.
Daun Salam Cegah Penuaan Dini
Daun salam dapat mengatasi stres pada kulit sehingga dapat mencegah terjadinya keriput dan membuat kulit anda tampak sehat.  Caranya adalah siapkan kira-kira 6 lembar daun salam yang sudah dikeringkan kemudian rebus dengan 2 gelas air selama kurang lebih 2 menit, setelah itu angkat dan tunggu kira-kira 2 menit kemudian anda dapat menghirup uap dari air rebusan daun salam tersebut untuk mencegah penuaan pada kulit anda.
Daun Salam untuk Terapi Mempercepat Kehamilan
Cara penggunaannya adalah siapkan daun salam di campur dengan tanaman adas manis kemudian dimasukkan ke dalam organ kewanitaan dapat berguna untuk menginduksi kehamilan.
Daun Salam sebagai Pelancar Haid
Untuk mengatasi gangguan pada saat menstruasi tidak ada salahnya menggunakan daun salam, ramuan daun memiliki sifat merangsang menstruasi yang teratur dan normal.
Minyak Daun Salam untuk Melancarkan Peredaran Darah
Oleskan secara merata Minyak dari ekstrak daun salam ke seluruh tubuh anda diketahui memiliki manfaat untuk mlancarkan peredaran darah dalam tubuh anda.
Membantu mempercepat penyembuhan luka.
Daun salam memiliki sifat penyembuhan yang sangat baik. Maka tidak heran jika daun salam sering digunakan untuk mengobati sengatan serangga dan membantu menyembuhkan luka dan memar. Minyak daun salam ini memiliki sifat antijamur dan antibakteri yang dapat menyembuhkan infeksi pada kulit. Karena kemampuannya ini daun salam juga bermanfaat untuk mengatasi mimisan.
Daun Salam untuk obat alami hipertensi karena dapat menurunkan tekanan darah
Cara Meramu Daun Salam untuk obat alami Hipertensi dan Diabetes melitus.
Siapkan 10 — 15 lembar daun salam segar, cuci bersih
Rebus daun salam segar yang telah dicuci bersih dengan dua  gelas  air hingga tersisa menjadi satu gelas.
Dinginkan dan saring.
Minum ramuan dua kali sehari sebelum makan. Masing-masing sebanyak satu gelas.
Flavonoid dalam daun salam berfungsi sebagai antioksidan yang mampu mencegah terjadinya oksidasi sel tubuh. Semakin tinggi oksidasi sel dalam tubuh, maka semakin tinggi kemungkinan seseorang untuk menderita penyakit degeneratif. Kandungan flavonoid pada daun salam dapat digunakan untuk mencegah terjadinya hipertensi, menurunkan kadar kolesterol tubuh, menurunkan kadar gula darah, dan menurunkan kadar asam urat. 
Cara Membuat Ramuan Daun Salam untuk Obat Asam Urat
Siapkan 7 lembar daun salam (segar atau kering), cuci bersih
Rebus daun salam dalam 2 gelas  air hingga tersisa menjadi satu gelas.
Dinginkan dan saring.
Minum ramuan dua kali sehari (pagi dan sore hari). Masing-masing sebanyak 100 ml.
Studi preklinis yang dilakukan oleh Sriningsih dari BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) menemukan bahwa daun salam mampu menurunkan kadar asam urat seperti pada obat alopurinol.
Sementara itu, studi yang dilakukan oleh Dwieka Agustin dari Departemen Kimia, Fakultas MIPA, IPB tahun 2008 menguji penghambatan ekstrak daun salam terhadap aktivitas xantin oksidase — penyebab meningkatnya asam urat. Hasil studi tersebut menunjukkan ekstrak air daun salam dapat menghambat aktivitas xantin oksidase. Dengan kata lain, ekstrak daun salam berpotensi sebagai obat penurun asam urat. 
Cara Membuat Ramuan Daun Salam untuk Obat Diare
Siapkan 15 lembar daun salam segar, cuci bersih
Rebus daun salam dan air hingga mendidih (selama 15 menit).
Tambahkan sedikit garam.
Dinginkan dan saring.
Minum ramuan sebanyak 400 ml, sedikit demi sedikit untuk seharian hingga kondisi membaik.
Atau dengan cara:
Siapkan 6 lembar daun salam
Rebus semua bahan hingga tersari menjadi tiga gelas air.
Minum ramuan tiga kali sehari, masing-masing sebanyak 200 ml atau setara dengan satu gelas. Sebaiknya minum satu jam sebelum atau dua jam setelah makan.
Silakan sebarkan dan bagikan info ini jika bermanfaat. Terima kasih.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.