Quinoa Si Kecil yang Memiliki Banyak Kandungan Vitamin dan Manfaat Luar Biasa untuk Kesehatan

.
.
Quinoa tengah dicari-cari oleh kaum perkotaan saat ini. Quinoa bahkan bisa ditemukan di berbagai supermarket atau dijual dalam berbagai masakan di banyak restoran. Yuk, cari tahu apa saja manfaat biji-bijian ini.

Quinoa adalah spesies tanaman dari genus goosefoot (Chenopodium quinoa), yaitu tanaman biji-bijian yang bijinya dapat dimakan. Quinoa berasal dari wilayah Andean (pegunungan Andes) di Peru, Bolivia, Ekuador, dan Kolombia. Biji-bijian ini sudah dikonsumsi sejak ribuan tahun yang lalu.

Quinoa Si Kecil yang Memiliki Banyak Kandungan Vitamin
Quinoa Si Kecil yang Memiliki Banyak Kandungan Vitamin
Quinoa mentah kaya akan protein dengan asam amino esensial, serat makanan, vitamin B9 (folat), B6, B2, B1, B3, E, kolin, mangan, fosfor, magnesium, zat besi, zinc, natrium, kalium, dan kalsium. Selain itu, quinoa juga mudah dicerna dan termasuk makanan bebas gluten.

Manfaat quinoa

Sebagai salah satu makanan nabati yang dianggap mengandung protein lengkap dan terdiri dari semua asam amino esensial, quinoa memiliki jumlah protein dua kali lebih banyak dari oat. Protein diperlukan tubuh untuk pertumbuhan dan perkembangan masa kanak-kanak, remaja, dan pada masa kehamilan; pembentukan tulang dan tulang rawan, otot, kulit, dan darah; membangun, memperkuat, memperbaiki, dan mengganti sel-sel tubuh; serta membuat antibodi untuk sistem kekebalan tubuh.

Quinoa juga mengandung beberapa antioksidan yang berfungsi mencegah kerusakan sel, penyakit, dan penuaan, serta penting untuk masa penyembuhan. Bagi Anda yang suka berolahraga, jangan lupa konsumsi quinoa. Biji-bijian berwarna hitam, merah, dan putih ini kaya akan lisin, yaitu asam amino utama yang berguna menyembuhkan sakit otot setelah melakukan olahraga intens.

Jika Anda menderita penyakit Celiac (gangguan autoimun berupa gangguan pencernaan di mana terjadi kerusakan pada lapisan usus kecil ketika mengonsumsi makanan bergluten), mengikuti pola makan bebas gluten, atau alergi terhadap gluten, quinoa adalah pilihan yang tepat. Mengapa? Karena quinoa tidak mengandung gluten.

Seperti yang disebutkan di atas, quinoa mengandung serat yang tentunya membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan, membuat Anda kenyang lebih lama, dan menurunkan kadar gula dalam darah. Jangan lupa, quinoa pun mengandung lemak sehat (lemak tak jenuh rantai tunggal dan ganda, serta asam lemak omega 3) yang dapat membantu meningkatkan kolesterol baik HDL.

Vitamin B yang ada dalam quinoa juga banyak. Vitamin B ini, salah satu fungsinya adalah memproduksi sel darah merah sehat. Sedangkan mineral, seperti mangan, mampu membantu tubuh melawan radikal bebas dan menjaga tulang kuat. Tak lupa besi dan fosfor yang penting untuk produksi energi dan pencegahan kanker.

Quinoa bisa dimasak untuk makanan sarapan, makan siang, atau makan malam. Biji bulat kecil ini cepat matang ketika dimasak dan bisa berfungsi menjadi pengganti nasi. Namun, ada tips yang harus diperhatikan ketika ingin memasak quinoa, yaitu cuci biji-bijian ini terlebih dahulu agar lapisan pahitnya hilang.

Dengan mengetahui banyaknya manfaat yang bisa Anda petik dengan mengonsumsi quinoa, sok atuh jangan ragu menelan si kecil ini. Bagi yang memiliki alergi terhadap bahan tertentu atau mengalami gangguan pencernaan, konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi quinoa.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive