Dari Kebun Untuk Kesehatan | Batang Pohon Pisang Ternyata Bisa Jadi Alternatif Obat Antiseptik

.
.
Info Kesehatan - Setiap orang pasti pernah mengalami luka akibat tergores benda tajam. Khususnya ibu rumah tangga, teriris pisau saat memasak mungkin sudah menjadi hal yang biasa. suatu hari anda atau di antara keluarga anda, misal anak-anak andapun mungkin pernah mengalami terjatuh dari sepeda atau terjatuh dari tempat yang tinggi ketika bermain. Biasanya kita langsung mencari obat antiseptic untuk mengobati luka dan menghentikan pendarahan. 

Pohon Pisang Ternyata Bisa Jadi Alternatif Obat Antiseptik
Pohon Pisang Ternyata Bisa Jadi Alternatif Obat Antiseptik

Karena pada saat kita terluka, pada luka tersebut akan terjadi ebberapa kerusakan, diantaranya kerusakan kulit, jaringan otot, bahkan apabila tidak mendapat penanganan yang tepat, luka bisa juga menyebabkan kerusakan sampai tulang, dan hal itu sudah menjadi masalah kesehatan yang serius. Bahkan bisa lebih serius lagi apabila tidak segera diobati, luka tersebut akan menjadi bernanah (lesi). Hal ini disebabkan adanya bakteri yang menginfeksi pada luka tersebut. Bakteri yang sering menginfeksi luka diantaranya adalah Staphylococcus aureus.

Saat ini Banyak orang yang mencari obat herbal untuk pengobatan dan untuk menjaga kesehatan sebagai alternatif lain yang lebih murah dan memiliki efek samping yang relatif lebih sedikit. obat dari alam yang dipercaya berkhasiat untuk mengobati luka salah satunya adalah getah batang pohon pisang obat alternatif antiseptic. Zat kimia yang terkandung dalam getah batang pohon pisang (Musa paradisiaca L) diantaranya adalah zat tanin. Zat tanin ini bersifat antiseptik.

Batang pohon pisang diketahui memiliki bahan aktif di antaranya saponin, antrakuinon, kuinon yang dapat menghilangkan rasa sakit, merangsang pembentukan selsel baru pada kulit. Kandungan lignin pada batang pisang membantu peresapan senyawa pada kulit sehingga dapat digunakan untuk mengobati luka memar, luka bakar dan sebagai zat anti peradangan.

Jika keluarga anda mengalami luka dikulit dan di rumah anda tidak ada betadine / obat antiseptic, anda bisa menggunakan getah batang pisang  sebagai obat alternatif. Caranya seperti di bawah ini :

  1. Ambil batang daun pisang
  2. Potong daun tersebut secara melintang
  3. Oleskan getah yang keluar dari batang tersebut ke bagian tubuh anda yang terluka
  4. Diamkan beberapa menit maka anda akan lihat luka akan menjadi kering dan pendarahan akibat luka akan terhenti.


Informasi ini mungkin bermanfaat bagi anda dan keluarga. Cara ini juga bisa dilakukan bagi anda yang senang berpetualang, atau anda yang memiliki kegiatan dan hobby di bidang pencinta alam. Getah batang pohon pisang bisa di jadikan sebagai pengganti obat antiseptic yang alami dan bermanfaat. Luka yang di obati dengan getah pohon pisang ini tidak meninggalkan bekas.

Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive