Panduan Cara Membuat Tanaman Bunga Melati Rajin Berbunga

.
.
Bagaimana kiat-kiat supaya bunga melati rajin berbunga? Pesona bunga melati sebagai tanaman hias berbunga indah memang tak pernah surut. Aroma semerbak wangi khas melati bisa dengan mudah tercium karena banyak sekali penghobi tanaman yang mengidolakan tumbuhan bernama latin jasminus ini.
Melati
Walaupun menanam dan merawat melati relatif gampang, namun untuk mendorong tanaman supaya rajin berbunga membutuhkan trik tersendiri. Apabila kurang tepat saat memeliharanya, tanaman pun akan jarang sekali berbunga sehingga tampak batang dan daunnya yang kurang menarik. Nah, berikut ini adalah kiat-kiat yang bisa anda praktikkan :
Cahaya Matahari
Usahakan penanaman bunga melati dilakukan di halaman yang bisa mendapatkan cahaya matahari penuh. Pun saat anda memeliharanya di pot, sering-seringlah mengeluarkan pot saat pagi hari. Sebagaimana bunga mawar, melati adalah tanaman yang sangat menyukai sinar matahari. Cahaya alami ini memungkinkan bunga melati dapat tumbuh normal dan berfotosintesis dengan baik.
Media Tanam
Media tanam yang cocok untuk melati adalah tanah berhumus yang gembur dan berdrainase bagus. Pastikan tingkat keasaman media tanam tersebut berkisar antara 6-7. Anda bisa menggunakan campuran tanah, pupuk kandang, dan sekam dengan perbandingan 1:2:3 sebagai media tanam. Usahakan tingkat kelembaban media tanam yang dipakai normal dan tidak tergenangi air.
Pupuk
Pupuk yang dapat digunakan untuk merangsang melati rajin berbunga adalah pupuk NPK. Berikan pupuk ini dengan dosis 5 gram/tanaman setiap sebulan sekali. Anda boleh memberikan pupuk ini dimulai ketika tanaman berusia 2 minggu. Jangan lupa cabut gulma yang tumbuh di sekitar tanaman hias agar tidak merebut nutrisi dari pupuk.
Pemangkasan
Pemangkasan tanaman ditujukan untuk mengganti cabang melati yang sudah tua dengan cabang produktif. Dengan kata lain, pemangkasan bisa merangsang peningkatan tumbuhnya bunga dengan frekuensi yang lebih sering. Lakukan pemangkasan pada cabang-cabang yang menua, layu, dan berpenyakit. Untuk menghasilkan kuntum bunga melati yang berukuran besar, potonglah semua kuncup bunga dan sisakan satu kuntum melati sebagai bunga utama.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive