Fakta Tentang Petai, Makanan "Bau" Dengan Berjuta Manfaat Tersembunyi

.
.
PETAI atau pete faktanya adalah makanan yang berbau dan menyebabkan bau yang tidak enak saat petai sudah diproses dalam tubuh dan keluar bersama urin maupun feses (BAB).
Faktanya, pete banyak yang menyukainya meskipun tidak sedikit yang membencinya karena terganggu dengan baunya. Faktanya lagi masih banyak orang yang belum mengetahui jika pete (petai) memiliki banyak sekali manfaat tersembunyi bagi kesehatan yang sangat banyak dan diluar dugaan, mau tahu?

Inilah beberapa FAKTA manfaat petai bagi kesehatan

Mencegah Hipertensi dan Menurunkan Resiko Terkena Stroke
Pete bisa mencegah hipertensi? Benarkah? ternyata kenyataan yang sering berkembang dimasyarakat adalah mereka yang memiliki hipertensi bahkan menjauhi pete karena "kata orang-orang" pete tidak baik buat penderita tekanan darah tinggi.

Faktanya adalah petai adalah salah satu makanan yang kandungan kaliumnya tinggi dan kandungan garamnya rendah. Kombinasi ini bahkan sangat bagus bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Bahkan karena tingginya kandungan kalium ini, FDA Amerika memberikan izin kepada perkebunan petai untuk melakukan klaim akan kemampuan pete dalam menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah terjadinya stroke.

Meningkatkan Kemampuan Otak
Riset membuktikan bahwa kandungan kalium yang sangat tinggi membantu meningkatkan kinerja otak siswa/pelajar. Penelitian dilakukan pada 200 siswa Twickenham yang dengan mudah menghadapi soal ujian setelah diterapi dengan makan petai saat sarapan, saat jam istirahat dan saat jam makan siang.

Mengatasi Premenstrual Syndrome (PMS) saat Menstruasi
Biasanya seorang wanita yang sedang datang bulan atau menstruasi memiliki mood yang kurang bagus (bad mood). PMS ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi pete karena pete mengandung vitamin B6 yang memiliki manfaat untuk mengatur kadar gula darah dan memperbaiki mood.

Mencegah dan Mengobati Anemia
Fakta berikutnya yang tidak kalah penting adalah pete bisa untuk mencegah dan mengatasi anemia karena kandungan zat besi yang terdapat pada pete dalam jumlah yang tinggi mampu menstimulasi pembentukan sel darah merah sehingga mampu mengobati anemia.

Memperbaiki Pencernaan dan Mencegah Sembelit
Faktanya adalah pete mempunyai kandungan serat yang tinggi yang sangat bagus untuk membantu proses pencernaan dan mencegah sembelit. Kandungan serat yang tinggi ini juga bisa membantu untuk menurunkan berat badan karena bisa memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

Mengatasi Mabuk dan Mual di Pagi Hari
Faktanya adalah pete mampu meringankan orang yang "mabuk" caranya coba anda buat ramuan dari pete, susu dan madu kemudian dikocok jadikan semacam "milkshake" dan minumkan maka gejala mabuk akan cepat teratasi. Jika anda merasa mual saat pagi hari, sarapan dengan lauk pete adalah solusinya.

Mencegah Obesitas
Faktanya adalah sebuah penelitian yang dilakukan di Institute of Psychology Austria menemukan bahwa tekanan pada saat kerja menyebabkan orang sering meraih makanan yang menenangkan seperti coklat dan keripik. Dengan melihat kepada 5.000 pasien di rumah sakit , peneliti menemukan bahwa kebanyakan orang mejadi gemuk karena tekanan kerja yang tinggi. Laporan menyimpulkan bahwa , untuk menghindari nafsu memakan makanan karena panik , kita butuh mengendalikan kadar gula dalam darah dengan ngemil makanan tinggi karbohidrat setiap dua jam untuk mempertahankan kadarnya tetap. Dengan kandungan vitamin B6 nya, pete mampu mengatur kadar gula dalam darah dan bisa menghindarkan seseorang dari nafsu makan yang tinggi akibat ketidakstabilan kadar gula darah.

Menetralkan Asam Lambung dan Terapi untuk Luka Lambung
Faktanya, pete memiliki tekstur yang halus dan lembut sehingga sangat bagus untuk "merawat" pencernaan. Buah pete ini jika dimakan dalam keadaan mentah dapat menekan stress sehingga sangat baik untuk menjaga kestabilan asam lambung dan bisa mencegah iritasi pada lambung (luka lambung)

Pete Adalah Sumber Tenaga Extra
Buah yang bernama pete/petai ini faktanya mengandung 3 macam gula alami yaitu sukrosa , fruktosa dan glukosa yang dikombinasikan dengan serat. Kombinasi tiga macam zat dalam pete ini menjadikan petai sebagai sumber tenaga extra.
Riset membuktikan dengan mengkonsumsi dua porsi petai, seorang pekerja mampu memiliki tenaga extra yang cukup untuk melakukan aktivitas berat selama 90 menit.
Mendinginkan dan Mengatur Suhu Tubuh
Petai dikenal juga sebagai buah "dingin" yang mampu menurunkan suhu tubuh dan emosi ibu yang menanti kelahiran anaknya. Faktanya? Contohnya saja di negara Belanda, seorang ibu hamil akan makan pete untuk meyakinkan agar si bayi lahir dengan suhu tidak tinggi.

Tryptophan Pada Petai Cegah Depresi
Faktanya adalah menurut survei yang dilakukan oleh MIND diantara pasien penderita depresi , banyak orang merasa lebih baik setelah makan pete. Hal ini terjadi karena pete mengandung tryptophan , sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin. Inilah yang akan membuat relax , memperbaiki mood dan secara umum membuat seseorang lebih bahagia. Hal ini juga berhubungan dengan kemampuan petai untuk mengurangi stress yang menyebabkan asam lambung naik. Stress dan depresi adalah saudara kembar.

Mengurangi Efek Kekenyangan
Kadang karena terlalu bernafsu saat makan, terlalu banyak makanan yang masuk kedalam lambung kita sehingga terjadilah apa yang dinamakan "kekenyangan" suatu kondisi yang sangat tidak nyaman setelah makan terlalu banyak. Akibat kekenyangan, dada akan terasa panas dan sesak, solusinya? Coba anda konsumsi petai karena faktanya petai memiliki efek antasid pada tubuh sehingga dengan mengonsumsi petai anda depat mengurangi rasa panas pada dada akibat kekenyangan.

Kulit Petai untuk Atasi Gigitan Nyamuk
Gunakan kulit petai untuk mengobati gigitan nyamuk caranya adalah saat anda digigit nyamuk gosokkan saja kulit petai bagian dalam pada tubuh yang digigit nyamuk. Dengan cara ini maka bengkak dan gatal akibat gigitan nyamuk akan hilang.

Menenangkan Sistem Syaraf
Faktanya adalah ternyata petai mampu menenangkan sistem saraf karena kandungan vitamin B nya yang tinggi.

Membantu Mereka Yang Berniat Berhenti Merokok
Buah "bau" yang bernama petai ini faktanya dapat membantu orang yang ingin berhenti merokok. Fakta bahwa petai memiliki kandungan Vitamin B6 dan B12 serta kalium dan magnesium , membantu tubuh cepat sembuh dari efek penghentian nikotin dari mereka yang serius ingin berhenti merokok.
Faktanya Ekstrak biji mengandung senyawa golongan polifenol, fitosterol dan flavonoid. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas antioksidan biji yang yang baik. Khasiat Penurunan gula darah ditimbulkan melalui kerja senyawa betasitosterol, stigmasterol dan stigmast-4-en-3-one. Senyawa polisulfida mempunyai aktivitas antibakteri, sementara senyawa tiazolidine ditengararai mempunyai khasiat anti kanker.
Apakah anda terkejut dengan Fakta-fakta tentang petai ini? Terus terang saja penulis juga sangat terkejut dan tidak menyangka setelah menggali dari berbagai sumber ternyata demikian banyak manfaat petai yang kadang-kadang penulis juga menghindari untuk memakannya.

Catatan Pojok: Jangan berlebihan mengkonsumsi petai karena petai juga memiliki purin yang tinggi sehingga kurang baik bagi penderita asam urat dan rematik, untuk penderita sakit ginjal juga sebaiknya berhati-hati dengan petai ini. Setelah anda mengonsumsi petai biasakan untuk BAB maupun kencing ditempat umum untuk disiram sampai bersih, jangan tinggalkan jejak dengan baunya yang menyengat...he..he.

Silakan bagikan dan sebarkan artikel ini jika bermanfaat, terima kasih.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive