Cara Ampuh dan Ajaib Mengusir Lalat dan Nyamuk Dari Kandang Ternak dan Rumah

.
.
Musim Penghujan, Saatnya Nyamuk dan Lalat Masuk Rumah dan Kandang Ternak, Ini Tips Cara Mengusirnya!

Sebelum membahas bagaimana cara mengusir lalat dikandang sapi, ada beberapa cara alami untuk mengusir lalat yang bisa digunakan di rumah atau tempat tinggal kita yaitu:



Cara pertama adalah dengan menggunakan Daun Pandan, karena daun pandan ini selain untuk pengharum makanan, wangi daun pandan ternyata juga bisa dicoba untuk mengusir lalat. Caranya cukup mudah. Cukup siapkan beberapa helai daun pandan, kemudian iris halus. Letakkan irisan daun pandan tadi pada sebuah mangkuk atau piring. Terakhir, tempatkan piring atau mangkuk tadi di tempat yang banyak dihinggapi lalat. 

Cara kedua adalah dengan memanfaatkan aroma dari bunga Lavender. Awalnya bunga lavender lebih dikenal sebagai tanaman yang dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk, tetapi ternyata selain dapat digunakan untuk mengusir nyamuk, bunga Lavender ternyata juga bisa digunakan untuk mengusir lalat. Kita bisa menempatkan beberapa tangkai bunga lavender di dalam rumah, untuk mengusir lalat. Selain mengusir lalat, bunga-bunga lavender ini juga mempercantik tampilan ruangan. Dengan adanya bunga lavender maka situasi ruangan juga menjadi lebih segar.

Cara ketiga yang juga efektif adalah dengan menggunakan cengkeh. Aroma dari wangi cengkeh ternyata cukup efektif mengusir lalat. Ada dua cara memanfaatkan wewangian rempah yang satu ini. Pertama, cara yang paling sederhana. Rendam cengkeh secukupnya, pada semangkuk air. Kemudian letakkan rendaman cengkeh tadi pada tempat yang banyak dihinggapi lalat. Selain daun pandan dan lavender, aroma cengkeh terbukti ampuh mengusir lalat di sekelilingnya. 

Untuk mendapatkan wangi yang lebih tajam, padukan wangi cengkeh dengan apel. Caranya, siapkan satu buah apel yang sudah matang. Penuhi seluruh permukaan apel dengan cengkeh, dengan cara menusukkan bunga-bunga cengkeh ke permukaan kulit apel. Letakkan apel yang sudah terutup cengkeh ini di atas meja. Lalat pun enggan mendekat. 

Cara berikutnya untuk mengusir lalat adalah dengan menggunakan Jeruk Lemon. Caranya siapkan beberapa buah jeruk lemon, bagi masing – masing menjadi empat potong memanjang. Tancapkan 12 cengkih kering pada setiap potongan. Tata irisan perpaduan lemon dan cengkih di piring dan letakkan pada kedua ujung meja. Lalat bisa mendeteksi aroma buah jeruk lemon dan aroma rempah cengkih. Perpaduan aroma yang tajam ini berperan sebagai pengusir serangga yang baik. 

Demikian sekilas cara mengusir lalat secara alami di perumahan, lalu bagaimana dengan cara mengusir lalat dikandang atau disekitar area kandang?

Beberapa Tips Cara Mengusir Lalat di Kandang Ternak

Menggunakan Desinfektan
Memanfaatkan desinfektan adalah metode yang efektif untuk membunuh lalat namun kurang ramah terhadap linkungan karena kandungan bahan kimia bahkan bisa berakibat terhadap manusia. 

Menggunakan lem lalat
Kuncinya adalah menjebak lalat dengan aroma lem khusus sehingga lalat yang hinggap akan menempel pada lem sehingga tidak bisa terbang dan mati. Cara ini lebih ramah lingkungan dibanding metode di atas, karena hanya menggunakan lembaran kertas yang sudah diberi lem khusus dan aroma untuk memancing lalat mendekat.

Menanam Tanaman Pandan Di Sekitar Kandang
Manfaatkan tanah kosong disekitar kandang dengan menanam tanaman pandan, Karena tanaman pandan tidak disukai lalat maka lingkungan sekitar kandang yang ditanami dengan pandan akan dijauhi lalat.

Tanam tanaman bunga Lavender di Sekitar kandang
Selain menanam pandan juga tanam bunga lavender disekitar kandang, disamping lalat pergi maka nyamuk juga tidak akan mendekat.

Memasang Perangkap Elektrik Untuk Menangkap Lalat
Untuk cara yang lebih mahal anda dapat memasang perangkap elektrik lalat dikandang hanya saja yang perlu diperhatikan penempatan alat harus aman dari kotoran dan basah agar tidak cepat rusak.

Menggunakan Obat-obatan Pembunuh Lalat
Untuk lebih efektif dalam mengusir dan membunuh lalat dikandang maka anda dapat menggunakan obat-obat khusus pembunuh lalat dan disebarkan pada sekitar kandang. Penggunaan insektisida juga merupakan cara digunakan untuk membunuh lalat dengan cara menyemprot kandang dengan Lindane 0,03-0,05 %, Toxaphene 0,5%, Metoxychlor 0,05 %, Coumaphos 0,125 %, Dioxanthion 0,15 %, Malation 0,5 %, atau Ronnel 0,75 %. Pemberian dichlorvos dalam minyak mineral diberikan setiap hari juga mampu mengusir lalat untuk hinggap dipermukaan tubuh hewan. Selain dichlorvos bisa juga digunakan coumophos, malathion atau tetrachlorvinphos yang diberikan 2 sampai3 kali seminggu dalam sediaan tabur. Aplikasi insektisida dapat dilakukan dengan cara Dipping (populasi ternak banyak), spraying, Back Rubber, Dust bag, Pour on, lewat makanan dan menggunakan keping resin (seperti kalung).

Rajin Membersihkan Kotoran di Kandang
Agar lalat malas mengganggu kandang anda maka caranya adalah anda harus rajin membersihkan kotoran ternak di kandang dan dibuang pada tempat penampungan khusus dan jangan dibiarkan menumpuk pada sekitar kandang. Kotoran adalah media yang paling disukai lalat untuk berkembang biak.

Sekilas Tentang Lalat. Serangga yang satu ini memang sudah terlanjur dicap sebagai serangga pembawa bakteri alias penyakit, walau perannya sebagai dekomposer/pengurai sampah /kotoran tertutupi dengan perannya sebagai “musuh” bagi manusia. Jika kita merespon secara logika pun bila ada lalat berarti  ada belatung, bila ada belatung pasti ada bangkai atau sampah basah yang menjadi sumber kehidupannya, dst. cmiiw. Seperti juga pada nyamuk, yang perlu kita lakukan adalah memutus siklus kehidupan lalat itu sendiri. Jadi coba dicari sumber datangnya lalat, apakah ada tumpukan sampah kotor, atau bangkai yang tidak ketahuan. Bila ada, segera lakukan pembersihan total, dan mulai manajemen sampah dan kebersihan lain. Sebagai tambahan informasi, Lalat pada dasarnya aktif disaat matahari terang, dan tidur saat matahari tenggelam. Jadi gampangnya, lalat akan aktif bekerja saat terang sinar.

Bahaya dan Efek Negatif Lalat Pada Ternak
Pada hewan ternak seperti sapi, ternyata lalat juga membri dampak yang serius . Jika ada sapi yang terluka, lalat akan segera hinggap dan menginfestasi larva kedalam luka tersebut. Akibatnya, sapi akan terserang penyakit Myasis. Selama periode tertentu,larva yang telah diinfestasi oleh lalat tersebut akan memakan jaringan hidup atau mati dari daging, bahan-bahan cairan tubuh atau makanan yang ditelan. Akibatnya, sapi akan menampakkan gejala-gejala seperti Lesu, Nafsu makan kurang, Bobot badan menurun cepat, Selalu gelisah.

Jika tidak segera ditangani, maka peternak sapi akan mengalami kerugian sebagai akibat myasis ini yaitu :
  • Terjadi malnutrisi.
  • Produksi susu dan daging turun.
  • Kematian.
Contoh Beberapa Merk dan Jenis Obat-Obatan Pengendali Lalat

TOXILAT merupakan pembasmi lalat sekaligus sebagai pengendali lalat terbaru berbentuk serbuk butiran beraroma milk cream dengan teknologi dari Amerika Serikat dan Jerman paling mutakhir. Secepat kilat membasmi dan melumpuhkan lalat dalam 30 detik. TOXILAT sebagai pembasmi lalat dibuat oleh tenaga ahli yang sangat berpengalaman sehingga lahirlah produk yang sangat efektif, hemat dan dijamin paling murah di kelasnya. Cocok untuk pemakaian di dalam dan di luar ruangan (peternakan, rumah pemotongan hewan/RPH, rumah pemotongan ayam/RPA, dapur, ruang makan, rumah makan, hotel, rumah sakit, dsb) karena metode aplikasinya 3 in 1 yang pertama di Indonesia. 

Cara Pemakaian TOXILAT:

Tabur. Taburkan TOXILAT secukupnya di atas wadah plastik. Taruh di tempat lalat berkerumun.
Oles. Campur TOXILAT dengan air secukupnya, aduk sampai berbentuk pasta kental. Oleskan/kuaskan ke tempat lalat biasa hinggap. (Aplikasi untuk Depot / Restoran / Warung / Rumah)
Sebarkan TOXILAT cukup 1 sendok makan pada beberapa media/wadah, tempatkan secara menyebar dan merata bila kondisi serangan lalat sangat luar biasa. 

Komposisi TOXILAT:

Imidacloprid 10 WP
Rafinated sugar
Milk cream Powder
TOXILAT bekerja secara kontak langsung dengan melumpuhkan dan mematikan pada sistem syaraf lalat, namun tetap aman bagi manusia, ternak dan lingkungan karena formula organik yang ada didalam granule toxilat diracik dan diolah dengan tehnologi tinggi namun tetap ramah lingkungan. Cocok untuk membasmi dan mengendalikan populasi lalat pada areal dimana lalat biasa berkerumun.

Icon 25 EC adalah obat pembasmi lalat, kecoak dan nyamuk insektisida golongan sintetik piretroid terbaru yang mengandung bahan aktif 25g/l lamda sihalotrin. Icon 25 EC sangat aktif bahkan pada dosis aplikasi yang sangat rendah terhadap berbagai macam serangga pengganggu kesehatan seperti nyamuk, lalat dan kecoak.

Setelah ditemukan dan dikembangkan di Laboratorium Syngenta (nomor kode PP 321), Icon 25 EC telah berhasil dievaluasi oleh World Health Organisation’s Pesticide Evaluation Scheme (WHOPES) dengan nomor kode OMS 3021 dan akhirnya dikeluarkan spesifikasinya dengan nomor kode WHO/IS/3.3021-1. Di Indonesia, Icon 25 EC telah terdaftar pada komisi Pestisida dengan nomor pendaftaran : RI.381/4-2003/T

Icon 25 EC telah teruji, terdaftar dan digunakan diberbagai negara. Icon 25 EC juga telah mendapat persetujuan dari Ministry of Agriculture Fisheries and Food (MAFF) Inggris dan Environmental Protection Agency (EPA) Amerika Serikat untuk mengendalikan berbagai serangga pengganggu kesehatan, bahkan pada tempat-tempat pengelolaan makanan.

Manfaat Icon 25 EC
Mematikan pada dosis rendah terhadap berbagai serangga pengganggu kesehatan masyarakat
Memiliki daya pengendalian yang lama
Menghemat biaya pengendalian
Mempunyai persistensi yang bagus pada berbagai macam permukaan
Tidak berbau
Tidak meninggalkan bekas pada permukaan yang disemprot
Mudah menggunakannya
Sangat cocok untuk mengatasi gangguan kecoak, nyamuk dan lalat di rumah dan lingkungan tempat tinggal

Racun Lalat (Ralat) mampu membunuh semua jenis lalat , baik lalat rumah (Musca domestica ) yang sangat umum dijumpai disekitar kita, lalat hijau (Green bottle fly atau greenbottle fly atau yang termasuk dalam genuscalliphoridae) yang amat mengganggu dan menjijikkan.
Obat lalat kandang : Ralat akan sangat cocok karena mampu membunuh semua lalat yang ada di kandang, sehingga gangguan lalat baik pada ternak maupun pekerja makin dapat teratasi.
Racun lalat (Ralat) mampu mengusir lalat yang mengerumuni luka pada sapi, cara peenggunaannya oleskan dengan kapas atau kai bersih pada sekitar luka / koreng sapi. 

Obat anti lalat : Ralat mempunyai aroma dan warna yang ada pada Ralat diformulasikan disukai oleh lalat hingga bila lalat hinggap pada percikan lalat pasti akan memakannya dan dalam hitungan menit bahkan detik akan memberikan efek pada lalat dengan gejala sayap mulai bergetar tidak normal, terbang melingkar-lingkar dan kemudian mati. Cara kerjanya, setelah lalat menghisap cairan atau hingap pada butiran obat anti lalat ini, beberapa detik kemudian si lalat akan mulai menggosok-gosokkan kedua kaki belakangnya. Sayapnya tergetar. Kaki belakang terangkat. Ia mulai kehilangan orientasi arah. Saat itulah racun saraf bekerja. Beberapa detik kemudian, perut lalat mulai membengkak karena racun lambung mulai menyerang abdomennya.

Muscasid 10%

Komposisi
Tiap 1 kg mengandung
Cyromazine ..............................................................  10%
Excipient ...................................................................  90 %

Deskripsi
MUSCASID 10% mengandung Cyromazine, merupakan insektisida derivat triazine yang bekerja dengan cara mengganggu proses metamorfosis lalat pada stadium larva serta merusak sistem saraf pusat, sistem saraf otonom, sistem kardiovaskular dan saluran gastrointestinal. Larva dan pupa akan mengalami transformasi morfologis sebelum kemudian mengalami kematian. Penghambatan pertumbuhan lalat pada siklus hidupnya dapat mengendalikan populasi lalat secara signifikan

Indikasi
Mengendalikan populasi lalat di dalam kandang dan lingkungan peternakan.

Dosis dan Cara Pemberian
50 gram/ton pakan selama 4 – 6 minggu atau hingga populasi lalat sudah ditekan.

Waktu henti obat
Hewan ternak dapat dipotong setelah > 3 hari (72 jam) pemberian terakhir Cyromazine pada pakan
Kemasan
Box 12.5 kg @ 50 sachet alu-foil 250 gr.
Produsen
PT. Kalbe Farma Tbk.

Demikian beberapa cara mengusir dan membunuh lalat baik diperumahan maupun di kandang ternak dengan cara alami dan dengan memanfaatkan produk obat-obatan pembunuh lalat buatan pabrik. Semoga bermanfaat.

Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive