Manfaat Terong Sebagai Makanan Otak dan Penurun Tekanan Darah

.
.
Buah Terong. Terong lebih dikenal sebagai bahan masakan daripada sebagai salah satu dari bermacam tanaman yang memiliki manfaat untuk kesehatan sebagai bahan obat alami.
Terong selain fungsinya sebagai salah satu sayuran yang sangat digemari ternyata juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaat terong bagi kesehatan? Berikut ini beberapa khasiat dan manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi terong.

Terong mempunyai kandungan nutrisi yang disebut phyto yang sangat bermanfaat sebagai nutrisi otak, sehingga tidaklah berlebihan jika terong bisa disebut juga sebagai salah satu bahan makanan bagi otak.

Terong memiliki kandungan serat yang tinggi serta mempunyai kandungan karbohidrat larut yang rendah sehingga bagus dikonsumsi oleh penderita diabetes. Dan bermanfaat menurunkan resiko serangan penyakit diabetes.

Kandungan serat yang tinggi dalam terong juga dapat membantu menyehatkan saluran pencernaan serta menghindarkan kanker yang bisa menyerang usus besar anda. Serat yang tinggi pada terong akan membersihkan usus dari berbagai kotoran dan radikal bebas sisa proses pencernaan.

Terong memiliki manfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang beresiko membahayakan organ jantung. Kandungan serat tinggi mampu membuat terong menjadi makanan yang menyehatkan jantung karena terong membantu menormaljan tekanan darah sehingga membuat kerja jantung menjadi ringan. Kemampuan terong ini karena adanya kandungan bioflavonoid yang bermanfaat menurunkan tekanan darah.

Kalsium dalam terong bermanfaat menguatkan tulang dan gigi. Bermanfaat mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Terong sangat baik sebagai makanan pencegah anemia karena kandungan zat gizinya yang berupa zat besi.

Terong memiliki jumlah vitamin C yang baik menjadikan terong sebagai sumber anti virus dan anti bakteri yang efektif. Hal ini terkait dengan kandungan dari 82 gram terong terdiri dari 4,5% folat 11 serat%, 5,4%, 63,5% vitamin B molibdenum, 10% mangan, 3,5% tembaga, 5,3% kalium, 3,5% vitamin K, 3,1% triptofan, vitamin 3% C dan 2,8% magnesium.

Tips Cara Mengonsumsi Terong Yang Baik

Cara terbaik mengonsumsi terong adalah dengan mengukusnya karena nutrisinya akan tetap terjaga, hindari menggoreng terong. Tetapi jika anda gemar dengan terong goreng, berikut tips agar terong yang digoreng tidak terlalu banyak menyerap minyak sehingga akan lebih sehat dikonsumsi:
  • Langkah pertama adalah siapkan terong yang masih segar, cara menentukan terong masih segar dan bagus adalah dengan menekan permukaannya dengan jari. Jika masih keras, maka terong tersebut segar.
  • Kemudian siapkan pisau dan terong dipotong-potong sesuai selera, lumuri potongan terong dengan sedikit air dengan garam yang banyak. Biarkan sebentar hingga getah pahitnya keluar, lalu bilas dengan air mengalir dan tiriskan hingga kering.
  • Untuk mempercepat tirisnya terong bisa digunakan tisu makan untuk menyerap air atau dengan serbet / lap bersih untuk benar-benar membuat terong kering.
  • Dalam menggunakan minyak untuk  menggoreng, pakailah minyak dalam jumlah sedikit saja (seperti menumis). Pastikan minyaknya harus benar-benar panas (namun tidak sampai berasap).
  • Sangat dianjurkan selalu menggunakan wajan datar anti lengket agar tidak perlu menggunakan minyak dalam jumlah banyak. Goreng potongan-potongan terong sambil sesekali diaduk hingga terong berwarna coklat keemasan.
  • Serap kelebihan minyak dengan kertas minyak atau kertas roti untuk hasil yang lebih bebas minyak.
  • Anda juga bisa melapisi terong dengan tepung panir atau tepung pelapis lainnya juga bisa mencegah terong menyerap banyak minyak.
  • Dengan langkah-langkah tersebut diharapkan anda tetap akan mendapatkan manfaat kesehatan dari mengonsumsi terong dengan benar.
Silakan sebarkan dan bagikan artikel ini jika bermanfaat. Terima kasih.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive