Tanaman Bunga Matahari, Banyak Manfaat Terdapat Pada Biji dan Bunganya

Sponsored Links
Manfaat Tanaman Bunga Matahari
Bunga Matahari. Tanaman bunga matahari memang salah satu jenis tanaman yang antara nama dengan penampilan fisiknya demikian sesuai. Jika anda bisa membayangkan matahari tentu tidak akan sulit membayangkan bentuk bunga matahari. Bagian tanaman yang sering digunakan untuk pengobatan adalah akar, daun, bunga dan biji. Akar bunga matahari berkhasiat untuk mengobati infeksi saluran kencing, radang saluran nafas (bronchitis), batuk rejan (pertussis), keputihan (leucorrhoe). Bagian bunganya sendiri bermanfaat untuk pengobatan tekanan darah tinggi, mengurangi rasa nyeri pada sakit kepala, pusing, sakit gigi, nyeri menstruasi (dysmenorrhoe), nyeri lambung (gastric pain), radang payudara (mastitis), rheumatik (arthritis), sulit melahirkan. Bijinya bisa digunakan untuk menambah nafsu makan, lesu, disenteri berdarah, campak, dan sakit kepala. Sementara daunnya dipakai untuk mengobati penyakit malaria.

Tanaman bunga matahari tumbuh subur di daerah pegunungan karena memiliki kelembaban cukup dan banyak mendapatkan sinar matahari langsung. Pohonnya tumbuh di dataran rendah sampai ketinggian 1.500 m diatas permukaan laut.

Kandungan kimia yang terdapat pada bunganya antara lain: Quercimeritrin, helianthoside (A,B,C), oleanolic acid, echinocystic acid. Sedangkan dalam bijinya terkandung Beta-sitosterol, prostaglandin E, chlorogenic acid, quinic acid, phytin, 3,4-benzopyrene. Biji bunga matahari juga merupakan sumber asam lemak omega-6 yang sangat baik. Omega-6 berperan penting untuk mengatur kerja kardiovaskuler, seperti tekanan darah, kadar kolesterol, fungsi hormonal, kekebalan tubuh, serta pembentuk membran sel dan sel-sel syaraf. Oleh karena itu, biji bunga matahari sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita hipertensi.

Nama latin bunga matahari adalah Helianthus annuus Linn. dan masuk dalam famili Compositae. Beberapa penyakit yang bisa diobati dengan bunga matahari antara lain Hipertensi, Sakit kepala, Sakit gigi, nyeri menstruasi, reumatik, Nyeri lambung, radang payudara, Sulit melahirkan, Disentri, Campak, Infeksi saluran kencing, Bronkhitis, Batuk, Keputihan dan Malaria.

Kandungan Nutrisi Biji Bunga Matahari per 100 gr.
  • Vitamin E 50,2 mg
  • Vitamin B1 (Thiamin) 2,27 mg
  • Mangan 2,02 mg
  • Magnesium 354 mg
  • Tembaga 1,75 mg
  • Triptofan 0,27 mg
  • Selenium 59,49 mcg
  • Fosfor 705 mg
  • Vitamin B5 6,74 mg
  • Asam Folat 227,3 ?g
Biji Bunga Matahari Cegah Penuaan Dini

Biji bunga matahari merupakan sumber vitamin E yang sangat baik. Konsumsi 100 gram biji bunga matahari dapat memenuhi 250,9% kebutuhan tubuh akan vitamin E dalam sehari.

Vitamin E merupakan salah satu vitamin antioksidan yang berfungsi untuk melindungi kerusakan sel-sel tubuh akibat serangan radikal bebas. Berkat anti oksidan inilah, tubuh dapat dipertahankan untuk selalu tampak bugar dan awet muda.

Vitamin E juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Vitamin E dapat melindung sel-sel kulit akibat radikal bebas, melindungi kerusakan DNA sel-sel kulit sehingga dapat mencegah kerusakan serabut kalogen dan elastin yang memicu terjadinya kulit keriput dan kendur. Vitamin E juga dapat untuk mengatasi jerawat, peradangan dan pembentukan jaringan parut, serta dapat mempercepat proses penyembuhan luka.

Vitamin E juga mempunyai fungsi mengurangi risiko terjadinya pembekuan darah, mencairkan bekuan darah, mencegah penyumbatan pembuluh darah, menguatkan dinding pembuluh darah kapiler, meningkatkan pembentukan sel-sel darah merah, mengurangi kadar gula darah, memperbaiki kerja insulin, serta meningkatkan kekuatan otot dan stamina. Selain itu, vitamin E juga dapat mencegah degenerasi saraf penglihatan, mencegah kerusakan sel-sel saraf, meningkatkan gairah seksual, serta mempertahankan kekebalan tubuh dan menguatkan sel-sel darah putih. Vitamin E juga dikenal sebagai “vitamin kesuburan” karena terbukti memegang peranan penting bagi kesuburan manusia.

Manfaat Bunga Matahari Sebagai Obat Alami
Berfungsi Sebagai Diuretik Alami
Untuk mengatasi kesulitan saat buang air besar ataupun susah buang air kecil, rebuslah 15-30 gram akar bunga matahari segar, kemudian minum airnya.

Sebagai antiradang untuk obat alami Infeksi saluran kencing
Rebus 30 gram akar bunga matahari segar. Sewaktu akan mendidih, segera diangkat dan minum selagi masih hangat.

Obat Alami untuk Sakit Kepala
Ambil 30 gram bunga matahari, kemudian direbus dengan satu butir telur ayam (jangan dipecahkan). Rebus dalam 3 gelas air hingga tersisa 1/2 gelas. Kemudian air rebusan tersebut diminum sesudah makan sebanyak dua kali sehari.

Obat Alami Penyakit Rematik
Untuk mengobati rematik, rebuslah 1 tangkai kepala bunga matahari sampai menjadi kanji. Kemudian tempelkan kanji tersebut ke bagian yang sakit seperti menggunakan salep.

Obat Alami untuk Penyakit Disentri
Seduh 30 gram biji bunga matahari, kemudian ditim selama kurang lebih 1 jam. Setelah dingin, tambahkan gula batu secukupnya, kemudian diminum.

Biji Bunga Matahari Sumber Asam Folat Yang Baik Bagi Ibu Hamil

Biji bunga matahari kaya akan tiamin (vitamin B1). Tiamin sangat penting untuk mengatasi penyakit beri-beri. Biji bunga matahari juga merupakan sumber asam folat yang baik. Asam folat merupakan zat gizi esensial dan merupakan bagian dari vitamin B kompleks. Asam folat sangat penting bagi wanita hamil. Folat bermanfaat untuk mencegah terjadinya neural tube defect (NTD), yaitu cacat bawaan pada bayi yang terjadi karena kekurangan asam folat ketika janin dalam kandungan ibu.

Penelitian Czeizel tahun 1993 di Hongaria, memperlihatkan bahwa konsumsi asam folat sebanyak 0,4 mg per hari sebelum hamil dapat menurunkan risiko NTD sebesar 50%. Sementara itu, penelitian Berry dan rekannya di Cina tahun 1999 menemukan bahwa resiko NTD bisa diturunkan sebanyak 85% dengan cara mengkonsumsi asam folat sebesar 0,4 miligram sebelum dan di awal kehamilan.
Sponsored Links
loading...
Loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive