Panduan Cara Membuat Tanaman Berbuah Di Luar Musim

Sponsored Links
 Teknologi off-season pada buah-buahan kini semakin berkembang. Hal ini tentu disebabkan oleh beberapa sebab antara lain harga komoditas buah-buahan yang lebih mahal pada saat tidak musimnya. Selain itu kebutuhan akan buah-buahan itu terus diperlukan sepanjang tahun dan tidak mengenal musim. Beberapa jenis buah-buahan musiman antara lain mangga, jeruk , kelengkeng,durian dan lain-lain. Harga buah-buahan tersebut pada saat musim sangat jatuh bahkan tidak ada harganya sehingga membuatnya berbuah sepanjang tahun adalah pilihan yang masuk akal.


Teknik  Konvensional Tanaman Berbuah Sepanjang Musim

Untuk membuat tanaman buah bisa berbuah sepanjang tahun, ada beberapa metode tradisional yang sudah dilakukan semenjak jaman dahulu, antara lain:
1. Teknik  Kerat
Ini dilakukan dengan mengerat pembuluh floem (kulit pohon) melingkar sepanjang ling­karan pohon sampai kelihatan pembuluh xylem (kayu pohon).
  2. Teknik  Pruning
Cara Pruning dilakukan dengan memangkas daun, cabang dan ranting, hingga pohon gundul atau tersisa sedikit daun.
  3. Membuat  Pelukaan :
Teknik Pelukaan dilakukan  dengan melukai pembuluh floem dengan benda tajam. Bentuknya bisa dengan mengerok, mencacah, mema­ku atau mengiris kulit kayu.
   4. Pengikatan
Mengikat erat pohon de­ngan kawat hingga transpor hasil foto­­sintesa pembuluh floem terhambat.
   5. Stressing air
Cara ini dilakukan dengan tidak menyiram ta­naman hingga mencapai titik layu permanen, kemudian dengan tiba-tiba melakukan penggenangan per­akaran dan pangkal batang hingga jenuh air dalam waktu tertentu.

Cara Modern Tanaman Berbuah Sepanjang Musim

Cara-cara pembuahan tanaman tidak pada musimnya tersebut pada dasarnya adalah meru­bah perbandingan unsur carbon (C) dan nitrogen (N) -C/N ratio )dalam tubuh tanaman.  Namun cara tradisional ini mem­punyai kelemahan yaitu tidak  terukur.

Apabila  aplikasinya kebetulan pas, akan  berhasil tapi kalau tidak pas maka akan  ga­gal. Dalam budidaya tanaman buah secara konvensional ter­sebut sebenarnya  tidak dire­komen­­­dasikan, karena selain tidak bisa mem­berikan kepastian, juga dapat meng­akibatkan kerusakan pohon se­ca­ra fisik dan fisiologis.

Cara lebih modern membuat tanaman berbuah sepanjang tahun atau tidak pada musimnya adalah memberikan zat pengatur tumbuh (ZPT) atau Agro-chemical yang mengubah perbandingan kandungan C dan N seperti di atas.

Teknik agro-chemical ini akan merubah fisiologis tanaman dengan cara meng­hambat fase pertum­buhan vegetatif de­ngan peran hormon atau senyawa kimia tertentu, agar muncul fase generatif -bunga dan buah.

Syarat Agar Tanaman bisa dibuahkan di luar musim :

-   Tanaman sehat, dengan ditandai percabangan merata, daun berwarna hijau tua mengkilat dan tidak sedang terserang hama atau penyakit.
  -  Tanaman sudah cukup umur atau sudah pernah berbunga. Pem­bu­ngaan di bawah umur dapat meng­akibatkan terganggunya pertum­buhan vegetatif tanaman yang meng­akibatkan postur tanaman menjadi kerdil dan tidak sehat.
  -  Lebih utama tanaman tidak dalam fase akselerasi pertumbuhan vege­tatif yang ditandai dengan tidak adanya: pertumbuhan tunas tanaman dan daun baru (pupus).

Bagaimana Aplikasi ZPT Agar Tanaman Berbuah Sepanjang Musim


Di pasaran ada berbagai jenis zat pengatur tumbuh antara lain : NAA (Naphthyl Acetic Acid/Asam Naftali Asetat), Auxin, Gibberelin, Pak­lo­butrazol dan Po­tasium Klorat (KClO3). Zat pengatur tumbuh tersebut memiliki fungsi untuk men­dorong pembungaan serem­pak pada tanaman.
Aplikasi dari zat pengatur tumbuh tersebut pada tanaman buah adalah dengan menyemprotkannya pada seluruh bagian tanaman, terutama  pada stomata daun. Konsentrasi penyemprotan zat pengatur tumbuh adalah 5-10 ppm.

Perawatan Tanaman Buah Setelah Aplikasi Pengatur Tumbuh

Untuk hasil maksimal dan menghindari kerusakan tanaman buah pasca aplikasi pengatur tumbuh, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu:
- Tanaman harus tercukupi air
Air diperlukan untuk tranpor nutrisi (hara) dari akar hingga proses fotosistesis yang berlangsung lebih cepat dengan kuantitas lebih banyak dari biasanya, mengingat hasil fotosintesis berupa pati dan fruktosa diproduksi dalam jumlah besar untuk pengisian buah.

- Pemupukan bunga-buah yang tepat (waktu, komposisi & dosis)
Pupuk kompos dan pupuk anorganik dengan komposisi Nitrogen rendah dan Fosfor-Kalium tinggi (misal NPK 10-30-30) diper­lukan untuk mendukung pem­ben­tukan bunga-buah.

- Sanitasi lingkungan dan Pengendalian hama  penyakit yang baik
Sanitasi dilakukan de­ngan cara membersihkan gulma total yang berada di bawah tajuk tanaman, sedang gulma/rumput di luar tajuk cukup dibabat 2-3 cm agar tidak menjadi sarang hama dan penyakit. Hama yang dapat menggagalkan pembentukan bunga-buah adalah kutu putih yang hidup sebagai parasit pada pupus dan daun muda, ulat hijau kecil penggerek pupus dan lalat buah yang bertelur pada bakal buah.

Itulah beberapa langkah agar tanaman buah bisa berbuah di luar musim. Namun yang terpenting adalah bagaimana menjaga tanaman tetap sehat dan prima dengan memenuhi prasyarat-prasyarat tersebut. Karena pada saat tanaman berbuah di luar musim metabolisme dalam tubuh tanaman akan berubah dengan cepat dari vegetatif ke generatif.


Sponsored Links
Loading...
loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive