Manfaat Wheatgrass Bagi Kesehatan Tubuh

.
.
Wheatgrass, manfaat dan efeksampingnya. Apa itu wheatgrass? Apa saja manfaatnya bagi tubuh kita? Apakah ada efeksamping yang ditimbulkan ketika mengkonsumsinya? Berikut ulasan lengkap mengenai Wheatgrass, manfaat dan efeksampingnya.

 Wheatgrass
Wheatgrass
Apa Itu Wheatgrass?
Grass dalam bahasa Indonesia adalah rumput. Dari namanya sudah mudah sekali dimengerti kalau tumbuhan satu ini adalah rumput. Secara umum rumput adalah tumbuhan liar yang kadang kali tidak memiliki guna bahkan menjadi gulma. Namun berbeda dengan Wheatgrass ini. Ternyata tanaman ini dapat dikonsumsi dan menyehatkan. 

Ternyata Wheatgrass (Triticum aestivum) ini sebenarnya adalah tanaman gandum muda yang masih menjadi rumput. Tanaman ini tumbuh dengan baik secara outdoor ataupun indoor. Tentusaja dengan perawatan yang baik juga.

Manfaat Wheatgrass Bagi Kesehatan Tubuh
Wheatgrass ini memiliki kandungan sebagai berikut:
- vitamin A,E dan B-12
- kalsium
- selenium
- magnesium
- zat besi



Dalam satu ons wheatgrass yang sudah diolah menjadi jus, kandungannya vitamin dan mineralnya setara dengan satu ons sayuran segar.

Wheatgrass biasa diolah menjadi jus dan dapat juga dengan cara dikeringkan dan dibuat menjadi bubuk halus dan dimasukkan ke dalam kapsul. Beberapa orang mengkonsumsi secara langsung dan percaya bahwa kandungannya dapat memperlancar sistem pencernaan.

Dengan mengkonsumsi Wheatgrass yang masih segar, konsumen mendapatkan sumber klorofil terbaik yang tersedia saat ini (70% Wheatgrass adalah klorofil). Banyak sekali manfaat dari klorofil ini. Klorofil dari wheatgrass mengandung magnesium, zat besi, enzim, anti bakteri dan lain lain.

Selain klorofil, Wheatgrass merupakan salah satu tumbuhan sumber kalium, fosfor dan kalsium yang baik untuk tulang. Serat yang terkandung di dalamnya juga bermanfaat pada proses pencernaan.

Dalam segi pengobatan, Wheatgrass dapat membantu proses penyembuhan penyakit flu, bronkitis, demam, anemia, infeksi mulut dan radang tenggorokan.

Efeksamping Mengkonsumsi Wheatgrass
Bagi setiap orang dengan kondisi tertentu (alergi), Wheatgrass ini memiliki efeksamping seperti sakit pada kepala, pusing, gatal, pembengkakan kerongkongan dan gejala alergi yang lain. 

 Wheatgrass
Wheatgrass

Selain itu Wheatgrass yang ditanam pada lahan berair yang terkontaminasi oleh jamur dan bahan berbahaya yang mengandung bakteri dapat mempengaruhi manfaatnya dan dapat menimbulkan efek yang tidak baik. Maka dari itu sebelum mengkonsumsi Wheatgrass sebaiknya dicuci dahulu sampai bersih.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Blog Archive